Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

itupintarAvatar border
TS
itupintar
Mengapa Smartphone Mudah Panas?
Ponsel cerdas atau Smartphone saat ini adalah salah satu kebutuhan yang nyaris "primer" bagi setiap orang, bagaimana tidak hampir semua orang dari berbagai kalangan dan tak terkecuali mempunyai smartphone.
Meski demikian banyak dari mereka yang tidak memahami kondisi smartphone miliknya, berbagai pertanyaan sering terlontar dari sang pemilik smartphone. Salah satu dari beribu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah "mengapa handphone saya cepat panas?". 

Permasalahan ini yang dapat memperpendek usia smartphone kamu, selain membuat kita menjadi tidak nyaman karena tangan merasa panas hal tersebut juga dapat merusak handphone kamu.

Berikut ini Team Itu Pintar! telah merangkum penyebab dan cara mengatasi jika Smartphone kamu mudah panas, yuk simak.

1. Baterai Yang Bermasalah
Penyebab  hp mudah panas bisa kamu ketahui dengan cara memegang bagian hp mana yang terasa panas, jika bagian belakang sudah jelas penyebab utamanya adalah baterai yang rusak dan menurun fungsinya. Jika baterai sudah rusak maka hp akan lebih cepat panas dibanding baterai yang baru. Nahhh solusi yang tepat dan mudah adalah bawa ke tukang servis untuk segera ditangani dan mintalah untuk ganti baterai.
2. Charger Yang Bermasalah
Jika bagian hp yang mudah panas berada dekat port charger, maka penyebab hp mudah panas adalah karena charger yang bermasalah. Charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi hp akan memberi daya bisa lebih tinggi bisa juga lebih rendah dari yang dibutuhkan. Karena arus tegangan yang diterima tidak sesuai  akan menyebabkan hp cepat panas meski baterai sudah terisi penuh. Solusi yang tepat  adalah dengan mengganti cahrger dengan yang original atau memiliki output sesuai dengan yang dibutuhkan.
3. Menggunakan Smartphone Saat di-Charger
Menggunakan hp saat sedang di charger akan menyebabkan kinerja baterai lebih berat dan membuat hp mudah panas. Jika kebiasaan buruk ini terus dilakukan akan menyebabkan baterai lebih cepat menggembung  bahkan bisa meledak. Oleh karena itu kamu bisa menunggu sampai baterai terisi penuh atau bisa mematikan daya hp saat mengecas.
4. Lupa Mematikan Mode "Overclock"
Ada beberapa tipe terbaru atau hp gaming dibekali fungsi overclock yang bertujuan untuk memacu performa processor agar bisa bekerja lebih kencang. Jika mode overclock terus menerus digunakan akan membuat processor mudah panas dan daya baterai terkuras lebih cepat. solusi yang bisa kamu lakukan yaitu jangan sampai lupa mematikan mode overclock jika tidak digunakan.
5. Penggunaan Casing Yang Ketat
Penggunaan casing silicone atau casing yang terlalu ketat juga bisa jadi penyebab hp mudah panas karna dapat menghambat sirkulasi udara. Jika suhu hp meningkat karena terlalu lama digunakan casing akan menghambat panas keluar dari hp. Untuk menghindari hal ini agar tidak terjadi cermatlah memilih casing yang tidak terlalu tebal dan tidak menutup seluruh permukaan hp.

#smartphone #rusak #suhupanas #casing


https://itupintar.blogspot.com/2020/...ah-panas.html

NadarNadz
onik
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.7K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.