Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Chikashi.MasudaAvatar border
TS
Chikashi.Masuda
Ekonomi Indonesia Dihantui Ancaman Pengangguran
https://finance.detik.com/berita-eko...907.1565228692

Senin, 09 Mar 2020 06:31 WIB


Trio Hamdani - detikFinance


Ekonomi Indonesia Dihantui Ancaman Pengangguran

Jakarta -
Ekonom memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini maksimal tumbuh di 4,9%. Dengan berbagai tantangan yang ada, pemerintah dirasa sulit mendorong ekonomi tumbuh di kisaran 5%. Padahal tahun ini targetnya 5,3%.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Mohammad Faisal menjelaskan, tanpa adanya wabah virus corona (Covid-19) saja, kemungkinan besar pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 akan lebih rendah dibandingkan 2019.


Ekonomi Indonesia Dihantui Ancaman Pengangguran

"Sebelum ada Corona kita sudah memprediksikan (pertumbuhan ekonomi) 4,9%. Sebelum Corona di akhir tahun lalu ya 4,9% sampai 5% sih, tapi artinya lebih rendah dibandingkan tahun 2019 lalu kan 5,02%. Sekarang kalau di bawah itu kan berarti lebih rendah, berarti di bawah 5% (yaitu) 4,9%," kata dia saat dihubungi detikcom, Minggu (8/3/2020).

Apalagi setelah munculnya wabah virus Corona hingga ada warga Indonesia yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Itu membuat perekonomian Indonesia semakin tertekan.

"Nah setelah corona (muncul) kemungkinannya (pertumbuhan ekonomi) lebih rendah lagi dari 4,9%. Jadi maksimal 4,9% gitu. Nah seberapa lebih rendahnya dibandingkan 4,9% itu tergantung dari seberapa lama dampak coronanya atau penanggulangan daripada wabah coronanya," jelasnya.

Untuk pengaruh jangka pendek saja, dia memperkirakan efek corona akan membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya di kisaran 4,7% sampai 4,8%. Apalagi jika efeknya berlangsung lama, dampaknya akan lebih signifikan.

"Kalau lebih cepat kemungkinan juga perlambatannya tidak terlalu dalam. Jadi mungkin (ekonomi tumbuh) 4,7-4,8%. Tapi kalau (efek corona) lama ya bisa lebih rendah lagi daripada itu," tambahnya.


Ekonom CORE Mohammad Faisal menjelaskan ada sejumlah dampak negatif jika pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat. Pertama adalah ancaman pengangguran.

"Pertumbuhan penduduk kita kan 1,4% ya, 1,5%. Berarti setiap tahun akan ada tambahan orang yang masuk ke pasar kerja. Kalau pertumbuhan ekonominya tidak cukup tinggi maka ini dikhawatirkan penciptaan lapangan pekerjaan juga tidak cukup banyak," kata dia saat dihubungi detikcom, Minggu (8/3/2020).

Apalagi menurutnya saat ini kecenderungan investasi di Indonesia masuk ke sektor padat modal yang serapan tenaga kerjanya lebih rendah ketimbang sektor padat karya.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi yang melambat akan membuat Indonesia sulit meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dengan menjadi negara berpendapatan tinggi (high income). Saat ini Indonesia baru masuk ke negara dengan pendapatan menengah ke atas (upper-middle income) dari sebelumnya lower-middle income.

[table][tr][td][/td]
[/tr]
[/table]

Dia menjelaskan untuk menjadi negara high income, Indonesia harus memiliki pendapatan per kapita sekitar US$ 12.000. Sementara saat ini posisinya masih di US$ 4.000. Untuk memacu itu perlu pertumbuhan ekonomi yang lebih pesat.

"Jadi artinya kalau (ekonomi) kita hanya tumbuh segini saja, kita butuh berpuluh-puluh tahun, bisa jadi setengah abad lebih untuk mencapai (high income) itu," tambahnya.

Ekonomi Indonesia Dihantui Ancaman Pengangguran




.bindexee.
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
2
2.3K
45
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.