• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kontroversi Memberi Uang Ke Pengemis, Sedekah Atau Mendukung Kemalasan?

venomkatsuAvatar border
TS
venomkatsu
Kontroversi Memberi Uang Ke Pengemis, Sedekah Atau Mendukung Kemalasan?


Hai hai ....
Good morning, semangat pagi!
Balik lagi ane ngetrit, kali ini ane mau bahas tentang pengemis.

GanSist pasti pernah lah ya ketemu pengemis. Sekarang pengemis ga cuma ada di kota-kota besar, bahkan merambah hampir di banyak kota di Indonesia. Ga di Indonesia ajah sih ya, di belahan dunia lain juga ada pengemis. Bahkan ada yang menjadikan Pengemis sebagai sebuah pekerjaan/profesi hingga bisa menghasilkan banyak uang.

Seperti yang akhir tahun lalu sempat menjadi viral di media, ketika seorang kakek yang berusia 65 tahun dan berprofesi sebagai pengemis kedapatan membawa uang senilai 194 juta rupiah ketika tertangkap petugas sedang mengemis. Sang kakek yang diketahui bernama Muklis kemudian dibawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 yang berada di daerah Kedoya, Jakarta Barat.

Rupanya petugas di panti tersebut sudah tak asing lagi saat melihat wajah Kakek Muklis. Ternyata kakek yang berasal dari Sungai Penuh, Jambi tersebut sebelumnya pernah diamankan ke panti itu juga dan sudah sempat di pulangkan ke kampung halamannya di Jambi.

Meski sempat mengelak bahwa pernah di pulangkan, Kakek Muklis tak bisa berkutik saat petugas panti memperlihatkan fotonya yang terpampang di dinding panti bersama keluarga yang menjemputnya.

Namun, Kakek Muklis tak bisa mengelak tatkala wajahnya telah diabadikan di gambar pemberitahuan pelayanan Panti Sosial tersebut yang terpasang di dinding panti.

Quote:


Kakek Muklis biasa mengemis di area sebuah bank di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. TS pikir nih kakek pinter juga ya milih tempat ngemisnya di lingkungan orang tajir, di dekat bank pula.

Alasan si kakek kembali mengemis di Jakarta adalah untuk modal membangun rumah di kampungnya dan juga membeli mobil. Kakek Muklis bahkan memasang target 200 juta untuk hasil mengemisnya.


Gokil ya GanSist!! Ngemis setahun ajah bisa dapet hampir 200 juta itu di luar pengeluaran harian dia loh.

Fenomena memberi uang ke pengemis memang seperti sebuah dilema yang mungkin sulit untuk di sudahi. Di satu sisi kita merasa kasihan dengan kondisi mereka, di sisi lain jika kita tetap memberi berarti secara tidak langsung kita 'menyamankan' mereka dengan profesinya dan mendidik mereka untuk malas. Bisa jadi mereka akan terbuai dengan mimpi punya uang banyak hanya dengan menadahkan tangan. Ironis ga sih?

Di saat yang lain berusaha kerja dengan otak ataupun otot, di luar sana banyak yang siap menerima hasil tetesan keringat kita dengan alasan klasik, hati nurani.

Sekian Thread dari TS.
Selamat berakhir pekan!!


sumber berita
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 35 lainnya memberi reputasi
36
10.5K
220
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.