Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
Sampah Bisa Jadi Uang
Sampah di Sekeliling Rumah Bisa jadi Uang

Sampah Bisa Jadi Uang
Dokumen pribadi


Hay Guys, apa kabar semuanya. Semoga baik-baik saja ya. Hari ini saya ingin berbagi cerita apa yang ada di sekitar tempat tinggal saya. Tentang adanya sampah daun cengkeh bisa jadi uang, keren kan.

Rumah saya tepatnya di sebuah desa yang jauh dari keramaian, apalagi polusi. Bernama Kasocikal, Desa Doro Pekalongan, konon katanya Kasocikal berasal dari kata kaso yang artinya tempat istirahat dan cikal yang artinya calon atau tujuh. Arti secara keseluruhan rumah yang berjumlah tujuh. Jangan ditanya lagi suasananya guys, sejuk dan adem, khas pedesaan tentunya.

Dulu, jaman nenek moyang, katanya hanya ada rumah berjumlah tujuh, kalau sekarang hampir dua ratusan lebih. Kalau kata Koes plus, dalam lagunya tongkat dipukul jadi tanaman itu bener guys.Di desa Kasocikal tanahnya memang subur. Berbagai macam tanaman ada di sini, seperti durian, duku, pisang, salak dan sebagainya.

Kembali lagi guys, ke sampah yang bisa jadi uang. Gini ceritanya guys, disekeliling rumah ditanami beberapa pohon cengkeh yang sudah besar-besar, entah nanamnya kapan saya nggak tahu guys. Waktu saya lahir pohon cengkeh itu sudah ada.
.Sampah Bisa Jadi Uang
Dokumen pribadi


Sampah Bisa Jadi Uang
Dokumen pribadi


Ternyata pohon cengkeh itu banyak manfaatnya, cengkehnya bisa untuk bahan utama membuat rokok, minyak gosok, rantingnya bisa untuk kayu bakar dan daunnya bisa untuk minyak cengkeh, yang banyak sekali manfaatnya, seperti untuk mengobati sakit gigi, badan pegal-pegal, juga sebagai obat urut.

Memiliki pohon cengkeh di sekitaran rumah bisa menambah income juga guys, untuk tahunan bisa menjual cengkehnya, harga cengkeh yang mahal bisa laku sampai jutaan lho guys. Pernah juga jual sampai sepuluh juta rupiah. Biasanya dua tahun sekali, karena bila tahun ini hasilnya banyak maka tahun depan sedikit. Begitulah siklusnya.

Untuk sampah daunnya sendiri berkisaran antara seribu lima ratus sampai dua ribu rupiah perkilo. Lumayan kan guys, nyapu bersih- bersih bisa dapat uang. Ada pengepul yang nanti mengambil daun-daun cengkeh itu. Tunggu apalagi gusy, yang pekarangan rumahnya masih kosong, terutama yang berada di desa, segera tanam pohon cengkeh, untuk penghijauan juga. Kurang lebih tiga tahunan biasanya bisa panen lho guys, apa nggak asyik tuh.

Sampah Bisa Jadi Uang

Dokumen pribadi
Diubah oleh trifatoyah 20-04-2019 16:15
anasabila
swiitdebby
4iinch
4iinch dan 33 lainnya memberi reputasi
34
4.7K
195
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.