kelayan00Avatar border
TS
kelayan00
Harga Masker Melonjak Tajam, Haruskah Mencari Kambing Hitam?

Kekhawatiran akan terjangkitnya virus corona membuat masyarakat berbondong-bondong menyerbu masker. Al hasil, apotek dan toko yang biasa menjual masker pun kehabisan stock. Kalaupun ada harganya bisa mencapai sembilan kali lipat dari harga normal.

Memang agak mengherankan, tidak lebih dari satu bulan sejak tersebarnya wabah corona dan cara mengantisipasinya diantaranya dengan menggunakan masker, masker pun seolah menghilang dari pasaran, dan ini merata di seluruh wilayah Indonesia.

Sebuah pertanyaan, kenapa kelangkaan ini bisa terjadi?

Sudah menjadi hukum ekonomi, barang langka, harga pasti melonjak. Semakin diperlukan meskipun harganya tinggi pasti akan tetap dibeli. Itulah hukum ekonomi. Para pelaku ekonomi paham benar akan hal itu. Kelangkaan masker dipasaran tentu tidak lepas dari pengusaha masker, termasuk distributor, toko dan apotek yang biasa menjual masker, yang memanfaatkan keadaan untuk mengambil keuntungan.

Perbuatan mereka memang tidak bisa dibenarkan. Terlebih pengusaha masker dadakan yang memborong masker yang ada di beberapa toko kemudian kembali menjualnya dengan harga tinggi. Sangat pantas kalau mereka diburu dan dikenai sanksi.

Orang-orang semacam ini memang selalu ada. Sekarang masker, lain waktu mungkin sembako, lain waktu lagi mungkin bbm, dan seterusnya.

Pemerintah seharusnya menyadari akan hal ini. Pemerintah seharusnya bisa mengantisipasi sebelum hal ini terjadi. Jangan malah mencari kambing hitam ketika kelangkaan terjadi. Menjamin kebutuhan rakyat adalah juga menjadi tanggung jawab pemerintah, termasuk menyediakan masker yang saat ini sangat dibutuhkan. Akan memalukan jika pemerintah yang punya segalanya kalah dengan spekulan kelas teri.


Spoiler for Masker sebanyak 7,2 juta pcs akan didatangkan:


Pemerintah isinya orang-orang pintar. Kita sebagai rakyat tentu sangat berharap mereka yang ada di pemerintahan bisa mengatasi segala persoalan yang tengah di hadapi rakyat, diantaranya yang hangat saat ini, virus corona yang menjadi kekhawatiran, harga masker yang melonjak, dan juga sebagian harga sembako yang kini juga mulai merangkak naik.

Semoga itu semua bisa diatasi.
sumber
Diubah oleh kelayan00 05-03-2020 23:58
sebelahblog
4iinch
nona212
nona212 dan 18 lainnya memberi reputasi
15
5.1K
163
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.