News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
160
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e61e67a10d295748e6b8950/ratusan-karyawan-aice-di-phk
Jakarta -  Serikat Gerakan Buruh Bumi Indonesia (SGBBI) yang bekerja di PT Alpen Food Industry (AFI) selaku produsen es krim AICE menyampaikan telah terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan buruh di perusahaan tersebut. Ketua SGBBI Indra Permana menjelaskan hingga saat ini sudah ada sekitar 300 buruh yang mendapatkan surat PHK. Surat tersebut dilayangkan kepada karyawan yang mel
Lapor Hansip
06-03-2020 12:58

Ratusan Karyawan AICE di-PHK

Ratusan Karyawan AICE di-PHK

Jakarta - 
Serikat Gerakan Buruh Bumi Indonesia (SGBBI) yang bekerja di PT Alpen Food Industry (AFI) selaku produsen es krim AICE menyampaikan telah terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan buruh di perusahaan tersebut.
Ketua SGBBI Indra Permana menjelaskan hingga saat ini sudah ada sekitar 300 buruh yang mendapatkan surat PHK. Surat tersebut dilayangkan kepada karyawan yang melakukan mogok kerja.

"Kemarin yang terupdate sih, belum terupdate semuanya, baru 300-an. Sebagian yang sudah dapat, sudah dapat panggilan surat PHK, surat pengunduran diri yang mogok. Nah mungkin sebagian banyak yang belum sampai (surat PHK-nya). Tapi sudah dapat surat panggilan pertama dan panggilan kedua," kata dia saat dihubungi detikcom, Jumat (6/3/2020).

Dia menjelaskan saat ini memang baru 300an karyawan yang mendapatkan surat PHK. Tapi jumlah yang dipastikan kena pemutusan hubungan kerja lebih besar dari itu.

"Iya semuanya kan pasti mengarah ke situ semua. Cuma karena (surat PHK) kan dikirim ke kampung halaman rata-rata alamatnya. Jadi ada yang sudah sampai, ada yang masih di jalan kemungkinan," ujarnya.

[table][tr][td]Baca juga: Masih Ada 53 Karyawan Indosat Tolak PHK[/td]
[/tr]
[/table]
Perusahaan, lanjut dia beralasan PHK dilakukan karena para buruh melakukan mogok kerja secara tidak sah. Pihaknya pun keberatan.

"Iya karena mogok kerja tidak sah alasannya. Ya kami keberatan, soalnya kan yang bisa memutuskan sah atau tidak sah kan putusan pengadilan," tambahnya.

Dihubungi terpisah, Legal Corporate Alpen Food Industry Simon Audry Halomoan tak menampik adanya pemutusan hubungan kerja. Namun itu mengikuti pedoman pasal 6 Keputusan Menteri (Kepmen) Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 232 Tahun 2003.

Di ayat 1 pasal 6 dijelaskan, mogok kerja yang dilakukan secara tidak sah dikualifikasikan sebagai mangkir. Ayat 2 menyatakan pemanggilan untuk kembali bekerja bagi pelaku mogok dilakukan oleh pengusaha 2 kali berturut-turut dalam tenggang waktu 7 hari dalam bentuk pemanggilan secara patut dan tertulis.

Pada ayat 3 dijelaskan pekerja/buruh yang tidak memenuhi panggilan maka dianggap mengundurkan diri.

"Undang-undang yang mengatakan seperti itu. Kepmen 232 Tahun 2003," tambahnya.



https://finance.detik.com/berita-eko...n-aice-di-phk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 17 lainnya memberi reputasi
14
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 6
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 14:53
ane demen yg mochi vanilla

kurang paham duduk permasalahnnya, tp kebanyakan buruh di Indonesia ini bawel mmg.
mrk tau nya cuma harga yg di jual brp dan itu hrs hrsnya untung brp...g ikut itung ongkos bpjs, jht, modal bahan baku, gedung, dll
0 0
0
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 14:54
masih beryukur digaji, sekarang gaji ga dapet, nyari kerja susah huft dasar kamu
0 0
0
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 14:55
Karena mogok lalu di PHK yaa emoticon-Malu
tapi es nya murah dan enak kok emoticon-Malu
anak w suka emoticon-Malu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 14:56
mogok kerja berbuah PHK 😅
0 0
0
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 14:59
Quote:Original Posted By escafl0wne
mamposemoticon-Leh Uga
kalo emang ga sanggup, ngomonglah, ijin sakit/hamil apaan kek, ga usah sok2an play victim, ujung2nya ngerembet minta naekin gajiemoticon-Leh Uga
nganggur kan skarang?emoticon-Leh Uga


Kita ketawaiin aja lah di yg naggung sendiri
profile-picture
escafl0wne memberi reputasi
1 0
1
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 14:59
Cari itu ketua serikatnya...tabokin...ampe dpt kerja lagi...mayan ada 300an loker baru...kata pencari kerja...
0 0
0
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 15:01
mogok kerja bisa kena phk tanpa pesangon loh emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 15:08
Buset dah itu gaji udh gede nuntut jg nambah lagi....
0 0
0
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 15:09
gaji bisa tembus 5 juta masih minta naik emoticon-Hammer2
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 15:13
Udah pernah mediasi. Sampe 6x. Difasilitasi dinas tenaga kerja dan administrasi

emoticon-Angkat Beer

Hasilnya ya "tidak ada kesepakatan"

emoticon-Angkat Beer

Ini udah dari 2017 masalah di aice.

Sampe skrng ga kelar kelar

Wajar sih menurut gw

emoticon-Angkat Beer

Makanya, cita cita jangan jadi buruh, kerja beberapa tahun kumpulin modal, baru usaha sendiri jadi bos.

emoticon-Angkat Beer

Quote:
Sarinah menjelaskan pihak buruh dan manajemen AICE telah mengadakan perundingan enam kali, salah satunya difasilitasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Lima perundingan tersebut tidak pernah menemui kesepakatan, tetapi berhasil menghasilkan lima risalah perundingan.

Sayangnya, tak ada satu risalah pun yang berisikan frasa 'mengalami jalan buntu' sebagaimana disyaratkan dalam aturan. Ia bilang yang tercantum hanyalah pernyataan 'tidak ada kesepakatan'.

Lihat juga: Serikat Buruh Minta Kemenaker Audit Produsen Es Krim Aice
Fakta tidak tertulis frasa 'mengalami jalan buntu' disebut Sarinah sebagai alasan perusahaan yang berbasis di Singapura itu mengklaim mogok buruh tidak sah. Namun, Sarinah mengatakan justru perusahaan sendiri yang bersikeras tidak mau menulis frasa 'mengalami jalan buntu'.

"Itu sudah biasa, pengusaha pada umumnya tidak mau menulis buntu. Mereka selalu bersedia berunding, bahkan bisa sampai puluhan kali tapi tidak mau bikin risalah ada kata 'buntu' atau 'deadlock'," jelasnya.

Menurutnya, tafsir 'mengalami jalan buntu' dalam aturan tersebut tak mengartikan wajib tertera tulisan 'mengalami jalan buntu' dalam risalah perundingan. Namun, lebih kepada kondisi tak terjadi kesepakatan antara pekerja dan perusahaan.

"Menurut kami tafsiran 'mengalami jalan buntu' ini bukan tafsiran harus ditulis mengalami jalan buntu, tetapi kondisinya," katanya.




Ia menyatakan serikat pekerja akan menempuh upaya non litigasi (di luar pengadilan) guna menuntut hak mereka. Bersama buruh lainnya, ia mengaku akan terus menyerukan kampanye boikot AICE. Mereka juga telah meminta bantuan dari serikat buruh dari negara tetangga, Filipina.

"Kami tidak mau pesangon, kami maunya bekerja kembali dengan kondisi kerja yang sesuai dengan undang -undang," imbuh dia.

Untuk diketahui, selisih hubungan industrial antara perusahaan dan buruh sudah berlangsung sejak 2017. Perselisihan keduanya bahkan sempat menjadi buah bibir di media sosial.

Buruh mempersoalkan berbagai kondisi kerja yang dirasa tak ideal dengan ketentuan undang-undang yang berlaku. Mulai dari penurunan upah, pekerja kesulitan mengambil cuti, perempuan hamil bekerja hingga malam hari, bonus dibayarkan dengan cek kosong, pelanggaran hak buruh kontrak, dan lainnya.

Lihat juga: Puluhan Pengusaha Vila di Bali PHK Karyawan
Menanggapi keluhan tersebut, Legal Corporate Alpen Food Industry Simon Audry Halomoan mengklaim pihaknya telah melakukan PHK sesuai dengan prosedur yang berlaku. Ia mengacu pada pasal 6 Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 232 Tahun 2003.

Pada pasal 6 ayat 1 menyebut mogok kerja yang dilakukan secara tidak sah dikualifikasikan sebagai mangkir. Ini berbanding terbalik dengan klaim buruh yang menyatakan mogok mereka dilakukan secara sah.

Lebih lanjut, pasal 6 ayat 2 menyebutkan pemanggilan untuk kembali bekerja bagi pelaku mogok secara tidak sah dilakukan oleh pengusaha 2 kali berturut-turut dalam tenggang waktu 7 hari dalam bentuk pemanggilan secara patut dan tertulis.

Lalu, pasal 6 ayat 3 mengatakan pekerja yang tidak memenuhi panggilan tersebut, maka dianggap mengundurkan diri. "Kami dalam hal PHK selalu mengikuti prosedur yang berlaku," katanya..

Lihat juga: KSPI Bakal Adukan PHK Indosat ke Organisasi Buruh Dunia
Berdasarkan surat PHK karyawan yang diterima CNNIndonesia.com, tertulis jika perusahaan telah berupaya memanggil buruh untuk kembali melalui surat tertulis pada 21 dan 25 Februari 2020. Namun, Sarinah mengklaim belum semua buruh korban PHK mendapat suratnya.

Dalam surat PHK tersebut juga diberitahukan bahwa tindakan buruh dikualifikasikan sebagai mangkir karena tetap menjalankan aksi mogok pada tanggal pemanggilan kerja. Karenanya, buruh dianggap mengundurkan diri dari perusahaan. Alpen Food Industry menyatakan hubungan kerja dengan buruh berakhir sejak 29 Februari 2020.

"Bagi kami, mogok kerja yang dilakukan SGBBI (Serikat Gerakan Buruh Bumi Indonesia Alpen Food Industry) dikualifikasikan sebagai mogok kerja tidak sah," tandas Simon. (ulf/bir)
Bagikan :
phk aice outsourcing phk massal



Diubah oleh 4nt1.sup3r
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 15:17
Tutup aja ni pabrik. Eksploitasi karyawannya gila gilaan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 15:18
akhirnya aice buka lowongan lagi setelah dinanti nanti emoticon-Big Kiss
0 0
0
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 15:20
mogok itu plihan trkhir, klo msih bisa berunding ya brunding dlu, tuker guling dlu, msih buntu cba pihak ke 3 ajak bwat nengahin mcem disnaker, msih mentok jg ya PHI, jgn maen mogok aj slama msih ad perundingan yg di jadwalin, klo d anggep mangkir ya ga slah jga.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 15:27
Kasian yg cuma ikut ikutan karena dipaksa teman.
0 0
0
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 15:30
Pengangguran-minta kerja-dapet kerja-kerja males malesan-minta naik gaji-mogok kerja-phk-salahin perusahaan-pengangguran
Jadi intinya mereka g bersyukur,udh enak malah dibikin susah
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 15:30
Nah kalo udah di PHK, kemarin yg ngompor2in kira2 bakal nolongin kaga?
0 0
0
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 15:37
ga sadar cari kerja susah sih
0 0
0
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 15:38
dah mulai songong
0 0
0
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 15:38
Quote:Original Posted By 4nt1.sup3r
Waktu des 2017 udah sampe tahap PHI.

https://www.aice.co.id/news/39/sgbbi...anjian-bersama

Hasilnya ada perjanjian bersama.

Sekarang kalau masih tetep dispute gimana?

emoticon-Angkat Beer


Udh ad Pkb msih ad perselisihan, mngkin prselisihan msalah bru x gan, yg blom msuk di Pkb..
0 0
0
Ratusan Karyawan AICE di-PHK
06-03-2020 15:41
bagi yg merasa tidak puas, harusnya dilanjutkan ke pengadilan.
0 0
0
Halaman 3 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia