Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

selvinofitasariAvatar border
TS
selvinofitasari
Hati-Hati Makan Di Warung Pecel Lele
Hati_Hati_Makan_diWarung_Pecel_Lele

gambar hanya ilustrasi.

Malam itu saat kami baru saja pulang dari kota Palembang bersama suami, anak dan adik. Kami mampir di sebuah warung makan lesehan pecel lele yang ada di pinggir jalan. Kami memang biasa makan di sana, langganan karena rasa sambalnya enak dan buat nagih di lidah.

Mobil berhenti di pekarangan parkiran yang tidak begitu luas. Kami turun dan langsung masuk untuk memesan makanan. Di antara semua makanan yang di pesan, adikku memesan ikan Nila bakar. Menunggu sekitar 15 menit akhirnya pesanan datang.

Semua makan dengan lahapnya termasuk kedua anakku yang berusia tujuh dan empat tahun. Mereka makan nasi dan lele goreng. Biasa di warung pecel lele terdapat lalapan mantah seperti daun kemangi, irisan timun dan sepotong kobis atau kol. Kami juga memesan es teh dan es jeruk sebagai pelepas dahaga.

Semua selesai makan, tinggal aku dan adikku yang tertinggal. Ku dekati ia bermaksud meminta sambal tapi alangkah terkejutnya aku melihat ada ulat kecil meliuk-liuk di dalam sambal itu. Mungkin sekitar seujung kuku jempol tangan panjangnya. Kurus d an berwarna agak hijau. Aku bergidik melihatnya, karena jujur aku paling phobia ulat.

Reflek aku terpekik, suami yang mendengar langsung mendekat. Di amatinya ulat itu, katanya ini ulat sayur, kayaknya dari daun kemangi, melihat daun kemangi nya yang sedikit berlubang-lubang di beberapa bagian. Adikku muntah-muntah. Suami langsung saja memanggil pelayan, dia minta maaf dan langsung membawa piring sambal ke dapur.

Saat membayar suamiku protes sama si pemilik, tapi cukup mengecewakan karena respon si pemilik cuma tersenyum samar. Padahal suamiku cuma mengingatkan tidak ada salahnya mencuci lalapan itu terlebih dahulu sebelum di hidangkan kepada si pembeli seperti kami.

Sejak dari itu kami tidak pernah mampir ke sana lagi. Mungkin ada beberapa warung pecel lele yang mencuci lalapannya, tapi dengan ramainya pembeli mungkin banyak juga yang langsung memotong dan menghidangkannya tanpa mencucinya terlebih dahulu.

Untuk semua warung pecel lele, tolong lebih di perhatikan lagi kebersihan lalapannya. Tips untuk masyarakat yang suka makan di warung pecel lele, biasanya pihak warung memberikan air kobokan untuk cuci tangan, air itu bisa kita gunakan untuk mencuci lalapan terlebih dahulu sebelum memakainya untuk cuci tangan.
Diubah oleh selvinofitasari 05-03-2020 22:56
nurulnadlifa
NadarNadz
nona212
nona212 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
13K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.8KThread27.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.