singawallahAvatar border
TS
singawallah
Kondisi baik, dua pasien positif Covid-19 bisa pulang setelah dua kali pemeriksaan
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kondisi dua pasien positif virus corona (Covid-19) saat ini dalam keadaan baik.

Baik kasus 1 dan kasus 2 sejak saat masuk dirawat intensif di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso tidak dalam keadaan kritis. Sehingga tidak menggunakan bantuan oksigen.

"Sekarang masih batuk jarang-jarang dan sudah tidak panas," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Kamis (5/3).

Saat ini telah masuk hari ketiga setelah dua pasien dinyatakan positif. Yuri yang menjadi Juru Bicara Pemerintah untuk penanggulangan COVID-19 bilang pemeriksaan akan dilakukan selama lima hari.

Setelah lima hari akan dilakukan uji ulang Covid-19 untuk kedua pasien. Bila hasilnya negatif, akan dilakukan kembali tes kedua setelah dua hari.

"Manakala hasilnya negatif maka kita pulangkan. Ini SOP yang sudah digunakan standar di seluruh dunia," terang Yuri.

Standar tersebut juga diterapkan oleh Jepang dalam menangani Covid-19. Yuri mencontohkan pasien Covid-19 Warga Negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess yang sudah sembuh dinyatakan akan dipulangkan.

Sebelumnya WNI ABK tersebut dikarantina sebelum akhirnya dinyatakan positif. Setelah positif ia menjalani perawatan di rumahsakit dan saat ini dinyatakan negatif setelah dua kali pemeriksaan.

"Hari ini satu pulang, karena sudah dinyatakan dua kali pemeriksaan negatif dan kemudian dipulangkan ke Indonesia atas biaya perusahaan," jelas Yuri.

Setelah ini Indonesia juga telah menerima hasil tes dua orang WNI di Jepang yang dipastikan negatif. Namun, masih menunggu hasil tes kedua dilakukan.

https://m.kontan.co.id/news/kondisi-...tm_medium=text

emoticon-Angkat Beer
nomorelies
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.2K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.