Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dlsn_huffAvatar border
TS
dlsn_huff
LUCU NYA +62 ( SARKASME )
LUCU NYA +62 ( SARKASME )



Siang kakuser .... eh atau kaskuser ? emoticon-Ngakak. Cuman beda 1 huruf tapi arti nya bisa jauh, hahah.

Gak usah banyak cing cong ( karena yang begitu biasa nya tukang jualan di jalan : "Cang cing .... man". Gak lucu lagi yah ? emoticon-Ngacir ), ane langsung mau post tentang 1 hal yang menjadi pengalaman ane mencari kerja.

So guys, I wanna share or tell exactly, about my work finding procces. Gambar gak ada, nanti kalian tinggal liat aja di OLX, lowongan lain nya di lowongan kerja.

Jadi pekerjaan yang ane incer biasa nya gaji rentang di bawah 2 juta. Yahh karena pekerjaan itu emang gak terlalu butuhin banyak syarat ( seharus nya ) dan bukan pekerjaan yang ber jenjang karir.

Jadi semacam pekerjaan yang `ditujukan` kepada orang2 yang masih muda atau baru lulus SMP / SMA yang butuh pengalaman, atau orang2 yang dari luar Jakarta, atau orang2 yang `hopeless`.

Nahh secara logika, kalo di liat dari gaji nya, harus nya calon pegawai gak di kasih persyaratan yang banyak. Lagi kan biasa nya sering di sebut sebagai `pekerja kasar / serabutan` atau `pekerjaan seada nya`.

Tapi guys, di real nya, apa yang tejadi adalah kebalikan nya. Syarat yang berlebihan & kurang jelas nya info tentang pekerjaan nya.

Contoh2 :

1. JAM KERJA YANG GAK TERTERA DI IKLAN NYA.

Ane sering nanya ke pemberi kerja tentang jam kerja. Ada yang akhir nya ngasih tau, tapi sebagian besar gak ngebales.

Ane sih curiga. Ini unsur kesengajaan. Biar nanti nya pegawai yang di terima bisa `diperalat` dengan `alasan` pegawai umur muda musti kerja keras & juga maklum karena berasal dari luar Jakarta, mungkin sebagian orang kampung.

Ujung2 nya jam kerja yang berlebihan & lembur, yang berakibat pegawai kelelahan / jenuh & kecil kemungkinan dapet uang lembur.


2. SYARAT YANG BERLEBIH.

Ane biasa nya nemuin loker di OLX yang syarat nya berlebihan.

Contoh nya pekerjaan office boy atau cleaning service. Syarat nya minimal lulusan SMP. Ada juga sebagian yang musti lulusan SMA.

Apa sih deskripsi atau real nya kerja OB / CS ? Bersih2, rapih2, di suruh ini itu, udah itu aja. Apakah perlu orang yang lulusan SMA sederajat untuk melakukan itu ? Yang gak sekolah pun bisa, asal di training & pegawai nya mau berusaha.

Ada juga jadi waiter tempat makan ( bukan restoran / kafe ) yang syarat nya begitu. Helooo, ijazah itu pendidikan di sekolah, gak terlalu sangkut paut sama kerjaan ngelayanin konsumen, bersih2 rapih2 & bantu masak. Gelo.


3. BATASAN UMUR.

Karena ane tiap hari pantengin tuh situs tentang loker, ane akhir nya ( otomatis ) nunggu rekor batasan umur emoticon-Leh Uga .

Ini batasan umur maksimal, bukan minimal. Awal nya 25 tahun. Trus turun ke 24, dan seterusnya. Sampai akhir nya ane ngeliat loker yang batasan umur maksimal nya 19.

19 tahun !! Muke gile lo kerja tipe begitu maksimal 19 tahun. Kalo gak salah, posisi nya waiter, ce / co.

Yang gw bingung, atas dasar apa nih pemberi kerja sampe batesin umur cuman segitu ? Yahh cuman mereka lah yang tau alesan sebenar nya. Dan kalo ane tebak, bukan alesan yang bagus.

Ada mah kalo kerja tuh batesan umur minimal 18 / 19 tahun, maksimal 45 tahun. Udah gelo nih sebagian warga +62. Hahahah ... paraah.


4. PENAHANAN IJAZAH.

Sekarang gini. Gw tau alesan pemberi kerja nahan ijazah asli karena biar pegawai `gak macem2` seperti langsung brenti kerja padahal baru sebentar kerja di situ.

Naahh .. itu mah hak nya pegawai. Memang, gak bagus juga kalo begitu. Tapi mungkin karena sikon kerja nya yang kurang bagus atau real nya pekerjaan yang `menjerat` pegawai itu sendiri, maka nya pegawai ada yang gak kerasan.

Kalo secara logika, menurut ane, itu nahan ijazah kaya nya melanggar aturan atau perundangan. Karena kan pegawai berhak untuk memutuskan hubungan kerja dan mencari pekerjaan yang bagi mereka, lebih baik.

Cuman emang sih, kalo pekerjaan yang gaji di bawah 2 juta, pegawai tanpa pemberitahuan awal / apa2, langsung brenti aja. Itu juga kurang bagus.

Tapi yah mau gimana lagi. Sikon kerjaan nya begitu, kalo musti nunggu minimal 1 minggu lagi, mereka / pegawai udah keburu `dying`, hahah. Keteken abis mental / tenaga / pikiran.


5. PENGALAMAN.

Ini juga lucu. Biasa nya, kerjaan yang begitu, sebagian nuntut pengalaman. Gpp lah kalo posisi koki / supervisor / design grafis.

Nah masa butuh pengalaman banget kah atau utamakah, kalo posisi nya sebagai OB / CS / waiter / jaga stand ??

Emang deskripsi kerja mereka begitu berat nya sampe harus ada pengalaman ? Real nya kerjaan mereka yah gak gitu berat, malah tergolong agak sedikit ringan.

Tuh banyak ane liat kalo kerjaan jaga stand makanan / minuman / toko yang main HP. Keliatan kan gak berat kerjaan mereka. Dan apa guna nya masa training ? Mau nya pegawai langsung harus bisa 100 % gitu ? Cmiwiiiiw ... . Hahah.


6. STATUS TINGGAL.

Sebagian loker yang ane liat, ada unsur pemaksaan kepada calon pegawai agar harus tinggal di tempat yang di tentukan.

Yah karena kerjaaan nya membutuhkan waktu yang gak tentu dan atau rada lama.

Contoh pekerjaan kaya gitu : Katering atau berhubungan dengan makanan, bekerja di rumah biasa, di tempat usaha yang jam kerja nya selesai jam 9 malem lebih.

Mungkin sebagian orang bilang itu hal wajar. Tapi ane bilang sih lebih memberatkan pegawai. Memang untung nya sih dapet tinggal / makan gratis.

Pasti nya ada yang suka dengan kebijakan seperti itu, tapi pasti ada yang enggak.

Ane gambarin pekerjaan sebagai ART yang gak harus nginep :
Kerja nya dari jam 8 pagi sampe jam 4 / 5 sore, pulang pergi. Desk job nya bersih2 rapih2, nyuci nyetrika, masak dikit, jaga anak bos sampe sore.

Itu sebenar nya udah cukup untuk ngebantu rumah tangga orang. Yahh terlalu males banget nih bos nya kalo semua nya yang ngerjain ART nya. Tapi fakta / real nya, emang sebagian orang begitu, lol.

Jadi itu lah contoh2 lucu nya syarat / desk job untuk kerjaan dengan gaji di bawah 2 juta, di Jakarta khusus nya.



Ane dapet kabar atau denger2, kalo di negara bagus, atau minimal agak bagus, kerjaan kaya begitu, deskripsi syarat nya begini nih :

1. Data diri asli.
2. Jaminan kesehatan.

Paling syarat tambahan ( gak mutlak harus ) :

1. Surat rekomendasi dari tempat kerja yang sebelum nya.
2. Pengalaman. Tapi tetep musti di training juga.
3. Sertifikat2 ketrampilan sebagai dasar rekomendasi.

Dan juga ada tambahan seperti penyesuaian jam kerja. Dan kerjaan begitu, sebagian ada yang pake upah per jam loh. Jadi jelas jam kerja & kesesuaian gaji & desk jobnya.


Kalo ane sih mau bilang, kerjaan tuh untuk manusia nya, bukan demi hal lain, tetep inti nya buat manusia nya. Maka nya, jangan ITEM PUTIH tuh pikiran, jangan males mikir. Jangan lupa juga istilah "gak gitu juga kaleee". Berwarna lah pikiran nya.

Kalo pemberi kerja gak mau pegawai nya keluar masuk, coba owner nya pikir apa yang nyebabin pegawai begitu. Belom tentu pegawai nya yang jelek. Cari solusi yang sama2 enak walaupun hampir pasti gak 100 % enak.

Contoh : Drpd 1 pegawai kerja 12 - 15 jam dan libur cuman 2 kali sebulan & gaji nya 2 jt, coba bikin sistem gaji per jam kerja dan ada shift2an. Biar bisa kasih kerja ke 2 - 3 orang, gaji 1,2 juta dan tentu nya gak beratin pegawai. Yah kalo pegawai nya udah di kasih sesuatu yang bagus tapi masih macem2, pecat aja.

Kalo pegawai nya puas tapi masih kurang pemasukan, kan itu urusan pegawai. Dia bisa cari pekerjaan tambahan, salah satu nya jadi driver ojol.

Memang, kemungkinan besar pemasukan owner berkurang, tapi gak banyak, anggep aja sedekah. Atau hitung2an dulu, jangan males mikir.

Jangan mentang2 kalian yang punya duit, kalian seenak nya netapin syarat & desk job & jam kerja nya. Istilah nya "gw yang ngasih kerja, gw yang berkuasa, suka2 gw".

Coba pikir, kira2 Dia juga begitu gak ke kalian, Dia kasih syarat ke kalian harus hidup baik / suci karena udah di kasih hidup ? Pemberi kerja punya kesadaran gak ?


Kalo kalian niat bantu orang, mudah2an orang juga bales yang sama. What you do, what you will get, as simple as that. Realita nya mungkin gak 100 % bener, tapi hasil yang kalian dapet, akan sesuai dari yang kalian jalanin, di kemudian hari.



--- No peace .... just po(s)t emoticon-Leh Uga ---



CAAAOO emoticon-Traveller
Diubah oleh dlsn_huff 05-03-2020 14:00
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
641
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.