Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ZenMan1Avatar border
TS
ZenMan1
Pengakuan Sri Mulyani: Corona Lebih Seram dari Krisis 2008
Pengakuan Sri Mulyani: Corona Lebih Seram dari Krisis 2008

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tak ragu menyebut kondisi perekonomian dunia yang tengah menghadapi wabah virus corona memiliki risiko yang lebih besar ketimbang krisis keuangan global 2008.

Berbicara di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Sri Mulyani menjelaskan secara gamblang bagaimana wabah virus corona jauh lebih 'menyeramkan' ketimbang krisis keuangan pada 2008 silam.

"Nature-nya beda dengan 2008. Kalo 2008 kan contagion-nya berasal dari lembaga keuangan terutama dari perbankan, capital market karena ada sentimen tadi yang kemudian pengaruhi stabilitas," kata Sri Mulyani.

"Sekarang mungkin langsung hit pada sektor riil-nya. Karena menyangkut masalah orang yang tidak berani melakukan mobilitas, tidak melalukan kegiatan, itu pengaruhi sektor riil, investasi, manufacturing," tegasnya.

Sri Mulyani tak memungkiri, kekhawatiran dunia terhadap wabah corona lebih rumit ketimbang krisis keuangan global 12 tahun yang lalu. Pasalnya, persoalan yang dihadapi saat ini dengan 2008 pun berbeda.

"Jadi ini yang menjadi risikonya ke masalah sektor riil langsung, kemungkinan terjadinya unemployment adalah berasal dari perusahaan yang tidak mendapatkan aktivitas yang cukup. Mulai airlines, hotel, dan sekarang industri manufaktur karena disrupsi dari barang2 supply chain," jelasnya.

Maka dari itu, pemerintah pun saat ini tengah merancang berbagai strategi untuk memitigasi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya, adalah pemberian insentif atau relaksasi untuk memacu industri dalam negeri tumbuh.

"Entah melalui berbagai relaksasi dan juga dari sisi demand side, supaya masyarakat jangan merasa ketakutan yang membuat mereka tidak melakukan kegiatan apa-apa," kata Sri Mulyani.

"Tapi kan risiko penyakit ini kan harus dibobot bener ya. Jadi kita juga dalam rekomendasinya tergantung dari nature spreadnya itu," tegas eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ri-krisis-2008
ronny398
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.1K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.