LampyridaeAvatar border
TS
Lampyridae
Viral! Tagar #RezimTutupiCorona Trending. Fadli Zon: Ini Skandal Besar


Tagar #RezimTutupiCorona menjadi trending di media sosial Twitter pada Rabu, 4 Maret 2020. Tampaknya, tagar ini ramai ketika Pemerintah Kota Depok sempat diminta tak umumkan dahulu terkait adanya warga yang terjangkit virus Corona Covid-19.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Depok, Hardiono mengaku kaget sudah banyak di media terkait informasi warga Indonesia yang positif kena virus Corona. Padahal, pemerintah pusat sempat minta jangan disampaikan dahulu informasi tersebut.

"Saya dapat pesan dari staf ahli kementerian, dan katanya jangan disampaikan dahulu. Saya dikasih informasi untuk kabar selanjutnya. Ternyata, sekarang di media sudah cukup banyak. Saya tanya, info dari mana, semalam katanya enggak boleh ngomong. Infonya ternyata dari wartawan istana," katanya.

Memang sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung mengumumkan bahwa ada dua warga terjangkit virus corona yang awalnya ditelisik dari pengakuan warga Jepang usai mengunjungi Jakarta dan dinyatakan positif corona setelah dia di Malaysia. Setelah itu, dilakukan penelusuran oleh tim hingga akhirnya ditemukan dan WNI ini positif.

"Ditelusuri dan ketemu. Sudah ditemukan ternyata orang yang telah terkena virus corona ini berhubungan dengan dua orang. Seorang ibu 64 tahun, dan putrinya 31 tahun. Kita cek pada posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya mendapati laporan dari Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," kata Presiden Jokowi.

Dengan begitu, warganet pun meramaikan hashtag #RezimTutupiCorona. Harusnya, pemerintah tidak menutupi informasi terkait wabah virus corona yang sudah masuk ke Indonesia.



"Ternyata upaya menyembunyikan informasi itu memang ada. Ini skandal besar dan membahayakan kehidupan masyarakat. Penanganan amatiran soal virus corona ini menunjukkan sikap tak bertanggung jawab," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon lewat Twitter yang dikutip pada Rabu, 3 Maret 2020.

Selain itu, akun Ayu Basuki @Riz_Ayu_ juga meminta kepada pemerintah tidak menutupi informasi apapun terkait corona.

"Atas nama kemanusiaan. Apabila ada indikasi seseorang terkena virus corona, please jangan tutupi informasi tersebut. Semakin cepat penanganannya, semakin besar kesempatan untuk sembuh. Otak mana otak? #RezimTutupiCorona," tulis akun Ayu Basuki @Riz__Ayu__.

Sedangkan, akun Nalaka Sura BomaHammer @nilotica2 beranggapan bahwa kepanikan akibat informasi yang ditutupi sebelumnya mengakibatkan perilaku rakyat yang berlebihan dalam menyikapi situasi.


"#RezimTutupiCorona. Jika terbuka sejak awal maka kegaduhan yang ditimbulkan akan berkurang," ucapnya.

Jihad Fisabilillah

Diubah oleh kaskus.infoforum 05-03-2020 07:40
aa383
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 33 lainnya memberi reputasi
24
16.3K
181
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.