Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

evihan92Avatar border
TS
evihan92
Malas Kerja Bakti? Kenali Lima Kebaikan di Dalamnya
Halo, agan sista semuaaa ....



Masih ingat pelajaran tentang gotong royong waktu kecil dulu? Waktu ane kecil, nih, salah satu yang dicontohkan adalah kerja bakti di kampung. Ya, karena zaman ane kanak-kanak dulu, memang masih kental sekali rasa kekeluargaan antar warga kampung, sekalipun mereka sebenarnya bukan keluarga atau kerabat.

Akan tetapi, kondisi sekarang agaknya sudah berubah, ya, gansis. Atau hanya di perumahan tempat ane tinggal saja? Entahlah, yang jelas sekarang jarang terlihat kerja bakti di tempat ane, tidak sesering zaman dulu waktu masih di kampung.

Padahal, ada banyak kebaikan dalam kerja bakti, lho. Apa saja manfaat itu? Yuk, chek it out!

1. Meringankan Beban Kerja

Dalam kerja bakti, kebnyakan yang dikerjakan adalah kepentingan umum, kan, ya. Nah, pastinya cukup banyak juga beban kerjanya. Katakanlah membersihkan selokan sepanjang seratus meter. Kalau dikerjakan oleh dua puluh orang, bukankah jadi ringan, karena setiap orang rata-rata hanya membersihkan lima meter saja?

2. Menghemat Waktu

Misalnya membersihkan selokan sepanjang seratus meter, kalau dikerjakan sendiri bisa butuh waktu seharian, maka ketika dikerjakan bersama-sama pasti akan lebih hemat waktu. Dengan demikian, waktu yang banyak tersisa akan bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan yang lainnya lagi.

3. Dapat Saling Menyempurnakan

Kalau kita bekerja sendiri, tentu hasilnya akan kita anggap sudah maksimal ya gansis. Kan kita sendiri yang ngerjakan, suka-suka kita juga mau jadi apa akhirnya. Yang penting selesai, kadang begitu pikir kita.

Namun, kalau kita kerja bakti, tentu akan bisa saling mengoreksi kalau ada kekeliruan. Atau, paling tidak, menyempurnakan yang sudah benar agar hasilnya maksimal. Dengan demikian, hasil akhirnya pasti akan lebih memuaskan.

4. Memperbaiki Hubungan Sosial

Dalam kehidupan sehari-hari, biasalah terjadi gesekan antar individu. Itu adalah dinamika dalam masyarakat, masih bisa dimaklumi asal tidak berlarut-larut atau jadi baku hantam. Meskipun disadari atau tidak, hal itu menjadikan hubungan kurang harmonis.

Agar bisa mengembalikan keharmonisan hubungan antar tetangga, salah satunya ya dengan kerja bakti itu, gansis.

Karena ketika kerja bakti itu semua orang harus saling bahu-membahu, bekerjasama. Maka yang tadinya agak renggang bisa kembali akrab.

5. Mengasah Kepekaan Sosial

Ketika ada acara kerja bakti, biasanya yang banyak terlibat adalah bapak-bapak. Nah, ini adalah kesempatan untuk menguji, sejauh mana kepekaan kita.

Apakah remaja putranya ikut ngumpul dan bekerja membantu bapak-bapak mereka? Apakah ibu-ibu dan remaja putrinya bersegera menyiapkan minuman dan cemilan untuk pelepas dahaga dan lapar?

Kalau sudah cukup peka, Alhamdulillah. Jangan sampai, ketika bapak-bapak sibuk bekerja bakti, para remaja malah asyik main game, atau ibu-ibunya sibuk nonton drakor, eh 🤭

Jadi, banyak kan manfaat kerja bakti? Yuk, kapan kita jadwalkan kerja bakti di sekitar rumah?

Sumber : opini pribadi
Foto : Kicaunews.com
Diubah oleh evihan92 05-03-2020 06:41
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.