Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anus.baswedanAvatar border
TS
anus.baswedan
IQAir: Jakarta Ibukota Terpolusi 2019, Rebut Posisi Beijing


KOMPAS.com - Jakarta dinyatakan sebagai kota terpolusi di dunia berdasarkan data yang dikumpulkan oleh IQAir dalam terbitan 2019 World Air Quality Report.

Data tersebut mengungkap peringkat kota-kota di dunia yang paling tercemar, serta membeberkan perubahan konsentrasi partikulat PM 2.5 di seluruh dunia sepanjang 2019.

Menurut CEO IQAir, Frank Hammes, polusi udara semakin menjadi ancaman terbesar bagi kesehatan manusia. Bahkan 90 persen populasi global saat ini menghirup udara yang tidak aman.

Baca juga:Polusi Udara Lebih Mengancam Dunia Dibanding Corona, Ini Alasannya

Hal ini justru lebih membahayakan dibandingkan dengan virus corona sebagai penyebab Covid-19 yang saat ini sedang ramai dipersoalkan. Untuk diketahui, angka kematian populai akibat polusi udara bisa mencapai 7 juta kematian per tahunnya.

"Sementara coronavirus baru sekarang mendominasi berita utama internasional, polusi udara telah menjadi pembunuh dalam senyap yang menyebabkan hampir 7 juta kematian per tahunnya," kata Frank Hammes, selaku CEO IQAir, dalam keterangan tertulisnya.

Menurut ia, dengan mengumpulkan dan memvisualisaikan data dari ribuan stasiun pemantauan kualitas udara, 2019 World Air Quality Report memberikan konteks baru mengenai ancaman kesehatan lingkungan utama di dunia.

Baca juga:Survei: Pelajar Indonesia Anggap Polusi Isu Global yang Mendesak

Berikut daftar negara dan kota besar yang terancam kesehatan populasinya akibat polusi udara.

1. Jakarta dan Hanoi

Dalam pergeseran industrialisasi bersejarah yang sedang terjadi di kawasan Asia Tenggara, beberapa kota besar disebutkan menjadi hub.

Termasuk Jakarta dan Hanoi, yang mengambil alih posisi Beijing sebagai kota terpolusi di dunia.

Baca juga:Banjir Jakarta Akibat Perubahan Iklim, Ini Upaya yang Bisa Dilakukan

Untuk pertama kalinya dua kota tersebut bergantian berada di peringkat atas ibukota dengan polusi PM 2.5 tertinggi di dunia pada tahun 2019.

Di Indonesia sendiri, 6 wilayah polusi udara tertinggi yaitu Tangerang Selatan, Bekasi, Pekanbaru, Jakarta, Pontianak dan Surabaya.

2. China

Kota-kota di China mengalami penuruan rata-rata hingga 9 persen untuk tingkat PM 2.5 pada tahun 2019. Sebelumnya China juga mengalami penurunan sebesar 12 persen pada tahun 2018.

Namun, 98 persen kota di China telah melampaui standar WHO dan 53 persen kota di sana melebihi standar kualitas udara nasional.

Baca juga:Lawan Virus Corona Wuhan, Pemerintah Beijing Gunakan Obat HIV

Dalam dekade terakhir, konsentrasi PM 2.5 di Beijing beberapa kali melonjak lebih dari setengah standar kualitas udara mereka.

"Namun, tahun ini (2019), Beijing keluar dari peringkat atas 200 kota paling tercemar di dunia," ujar dia.

3. Korea Selatan

Dari data IQAir juga menunjukkan Korea Selatan menjadi negara yang paling tercemar PM 2.5 di antara negara-negara yang bergabung dalam Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) sepanjang tahun 2019.

Baca juga:Kronologi Virus Corona di China, dari Pasar hingga Korea Selatan

Tingkat kulitas udara di kota-kota besar di Korea Selatan relatif stagnan selama beberapa tahun terakhir.

4. India

Rata-rata kota-kota di India melampaui aturan WHO untuk PM2.5 tahunan yakni hingga 500 persen, tetapi polusi udara nasional mereka menurun 20 persen dari tahun 2018 ke tahun 2019.

"Perbaikan ini diyakini sebagian besar disebabkan dari perlambatan ekonomi," kata dia.

5. Asia Selatan

Kota-kota India dan Pakistan kembali mendominasi dunia sebagai kota-kota yang paling tercemar untuk PM 2.5 sepanjang tahun 2019.

Sebanyak 21 kota di India masuk ke dalam 30 besar kota yang paling berpolusi. Sedangkan, lima kota di Pakistan juga termasuk di daftar 30 kota tersebut.

Sumur
https://www.kompas.com/sains/read/20...page=all#page3

Wan anus makin memperparah.. udah pohon ditebangin, rth diubah jadi kuliner sampai Wan masker hapus pelarangan motor di sudirman tamrin
Krlanjutan mrt lrt erp mana bud jembud qmak
baik.yuk
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 4 lainnya memberi reputasi
5
677
6
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.