• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • GanSist Penikmat Drama Series? Kenali Dampak Buruk Binge Watching!

iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
GanSist Penikmat Drama Series? Kenali Dampak Buruk Binge Watching!


Assalamualaikum

Siapa yang masih suka nonton serial secara maraton tanpa jeda? Bahasa kerennya binge watching. Istilah binge watching muncul pada 2013 kala perusahaan layanan media, Netflix, melansir serial House of Cards dengan sistem menonton yang memungkinkan pemirsanya bisa terus menyaksikan episode tanpa harus menekan tombol apapun pada remote atau keyboard.

Para pecinta drakor atau tv series, pasti nggak sadar kalo udah nonton. Rasa penasaran akan kisah selanjutnya yang bikin mata dan pikiran enggan beranjak dari depan layar kaca. Ane banget ini mah, tapi dulu sebelum mengenal dunia literasi. Satu judul drama korea ane lahap dalam waktu dua hari. Ampe lupa segalanya😅. Rasa kepo ama kelanjutannya yang bikin ane ingin cepet-cepet menamatkan serial tersebut.

Nggak semua drama korea ane suka. Liat-liat juga ama pemerannya. Kalo buluk ama tua, ane skip😅. Liat yang bening-bening aja mah ane. Kelebihan drama korea itu, ceritanya nggak bisa ditebak, apalagi pas bagian ending, ngetwist dan bikin melongo biasanya.

Waktu kita nonton satu film series yang kita suka, otak kita tanpa sadar melepas hormon dopamin. Hormon ini yang bikin GanSist bahagia dan nyaman, sehingga tercipta kepuasan. Makanya, nggak heran jika GanSist ketagihan untuk menonton kelanjutan drama series tersebut.

Eits ... ternyata prilaku binge watching ini berdampak buruk, loh. Pertama, jika GanSist terlalu sering di depan layar kaca, maka akan menunjukkan perilaku anti sosial. Tidak peduli dengan orang-orang di sekitarnya. Seng penting fokus ama tontonan.

Resiko kenaikan berat badan. Paling enak ketika menonton tipi ditemani camilan. Tanpa sadar, GanSist nggak tau berapa banyak kalori yang GanSist konsumsi. Ditambah nggak ada gerak alias rebahan, cucok. Jangan heran jika timbangan GanSist menjerit. Resiko lainnya adalah diabetes 2 dan penyakit jantung yang mengintai yang mengintai. Karena itu tadi, tubuh diam selama berjam-jam tanpa bergerak. Maksud gerak di sini itu, bergerak aktip, ya.

Jadi, biar GanSist terhindar dari pengaruh buruk binge watching, ikuti beberapa tips berikut. Pertama, batasi episode yang akan GanSist tonton. Jangan menonton hingga episode akhir, usahakan di tengah episode, karena kalo di akhir rasa keponya tak terbendung nanti, yang ada lanjut dah.


Kedua, cari kesibukan lain selain menonton, misal membaca, olahraga, jalan-jalan, bersih-bersih, atau apapun yang dapat mengalihkan dunia GanSist dari layar kaca.

Ketiga, ganti camilan dengan camilan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran. Kalo doyan, makan lalapan aja sebagai camilan😅. Nontonlah bareng teman, sahabat, dan keluarga. Makin rame makin asik, biar sadar waktu, nggak kebablasan. Nyalakan lampu jika menonton, jangan gelap-gelapan. Selain biar mata tidak mudah lelah, juga supaya bisa melihat jam di dinding, biar tau waktu.

Mencari hiburan nggak ada yang salah, boleh banget malah. Namun, perlu diingat, sesuatu yang berlebihan itu nggak baik.

Ane pamit undur diri, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Maafkan jika ada salah kata. Terima kasih, salam hangat, dan selamat beraktifitas.


Sumber gambar : 1, 2
Referensi : 1, 2, 3
anasabila
sebelahblog
cattleyaonly
cattleyaonly dan 25 lainnya memberi reputasi
26
6.1K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.