Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Atasi Gejala Bad Mood, Lakukan 11 Cara Ini! Pasti Ampuh!

frzkangrnAvatar border
TS
frzkangrn
Atasi Gejala Bad Mood, Lakukan 11 Cara Ini! Pasti Ampuh!


Assalamualaikum semuanya!
Suasana hati setiap orang memang bisa berubah-ubah setiap hari. Kemarin doi sifatnya baiiiikk banget padaku, tapi sekarang dia jadi cuek dan aku nggak tau salahku apa. Kemarin dia beliin aku ea krim, kebab, pizza, dan pelukan yang hangat. Tapi sekarang dia diem aja dan kalau nggak diajak ngomong dia nggak akan ngomong. emoticon-Najis (S)

Dan yang lebih parahnya lagi nih gan, si doi cuek bebek, mungkin mulutnya lagi terkutuk jadi batu ya? Bisanya cuma jawab iya, nggak, nggak tau, oke, terserah, bodoamat! Kan kesel! emoticon-Cape d... (S)

Perubahan emosi yang tidak menyenangkan sering dikenal dengan sebutan bad mood. Ketika kita bersama orang yang sedang begitu tentunya kita nggak nyaman dan bakal canggung ya kan? Takut ngomong ini lalu salah, diem-dieman juga nggak enak, so? emoticon-Bingung (S)

Sebuah studi dari University of Warwick menyimpulkan bahwa perasaan gembira atau sedih ternyata memiliki kecenderungan untuk menyebar ke seluruh lingkungan sosial.

Jadi, supaya tidak mempengaruhi mood orang di sekitar kita jadi ikut jelek kuy 11 cara Ran yang ampuh ini bakal menghilangkan bad mood yang bisa kalian coba:

1. MAKAN ES KRIM


Ternyata selain enak dan menyegarkan, es krim juga berguna untuk membangkitkan mood. Jika mengonsumsinya di keadaan yang sudah positif, mood pasti akan jadi lebih senang dan bahagia. “Saat makan es krim, ada bagian dalam otak yang merangsang emosi positif.

2. MAKAN COKELAT


Beragam jenis cokelat seperti bittersweet chocolate, dark chocolate, white chocolate, dan milk chocolate mengandung theobramine dan phenylethylamine. Theobramine dan phenylethylamine mempunyai peran yang penting dalam mengatur perasaan senang pada seseorang. Perasaan senang ditimbulkan karena serotonin yang meningkat dalam otak kita yang biasanya disebut sebagai hormon kebahagiaan.

Hormon kebahagiaan juga dipengaruhi oleh dopamin, oksitosin, dan endorfin. Proses bahagia atau sedihnya perasaan kita akan diatur oleh hormon-hormon tersebut. Saat mengonsumsi cokelat, hormon kebahagiaan akan dipicu oleh cokelat untuk dilepaskan dalam tubuh kita.

Endorfin memiliki fungsi menjadikan kita nyaman dan menghilangkan stres. Perasaan menyenangkan dihasilkan oleh hormon dopamin sebagai respons atas mengonsumsi cokelat. Oksitosin berfungsi untuk membangkitkan kepercayaan dan membangun hubungan yang sehat.

3. TIDUR


Faktor terpenting agar bisa bangun tidur dengan mood cerah adalah memenuhi kecukupan tidur. Dengan tidur yang cukup, otak bisa beristirahat dengan optimal, sehingga saat bangun pagi tubuh terasa segar dan bugar.

4. MENDENGARKAN MUSIK


Beragam jenis musik dapat meninggalkan kesan dan pengaruh yang berbeda pada pendengarnya. Musik dapat membuat seseorang merasa santai, sedih, menangis, dan tertawa. Bahkan musik diperkirakan bagus untuk kesehatan jantung. Meski tidak dapat memperbaiki masalah jantung secara menyeluruh, setidaknya musik dapat membantu dalam menghilangkan stres, dan sedikit mempermudah masa penyembuhan setelah proses operasi jantung.

Nada dan ritme musik dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, denyut jantung, dapat meningkatkan kemampuan mengingat, belajar, dan berpikir. Musik juga berpengaruh pada suasana hati atau mood seseorang dan dapat memberi efek relaksasi. Oleh karena itu, musik terapi atau terapi musik biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan dan yang berkaitan dengan emosional.

5. JALAN-JALAN


Pergi liburan memang menjadi salah satu alternatif yang bagus untuk menghilangkan stres. Namun, liburan tentunya bukan jadi satu-satunya cara. Dengan melakukan berbagai aktivitas sederhana, beban pikiran pun dapat hilang secara perlahan.

Apabila stres sudah melanda, Anda bisa melakukan salah satu dari aktivitas sederhana tersebut. Dengan demikian, tidak ada lagi yang namanya stres meskipun beban hidup bertambah.

6. MANJAKAN DIRI


Sempatkan untuk sendiri, manjakan jiwa dan pikiran kita dengan rekreasi sendiri, misalnya melihat keindahan alam sambil bertafakur. Mengisolasi diri dari keramaian sosial perlu kita lakukan dalam keadaan tertentu yang membutuhkan kita untuk sendiri dan tenang. Shalat yang khusyuk di tempat yang sunyi bisa merefleksikan jiwa kita pada ketenangan, menumbuhkan koneksi spiritual yang positif, konsentrasi dan kepasrahan hati yang akan menimbulkan energi positif bagi persaan dan pikiran kita. Dengan melibatkan Tuhan dalam kesendirian dan segala kegiatan kita, tidak hanya mood yang meningkat, tetapi motivasi, spirit, sikap dan perilaku kita pun bisa meningkat menjadi lebih baik. Insya Allah.

7. HINDARI TEMAN YANG MEMPUNYAI SIFAT MOODSWING


Saat kamu badmood, jangan sampai dekat-dekat dengan teman yang sifatnya moodswing juga! Karena suasana selalu menarik mood kita, jika kamu memasang wajah cemberut ke teman yang mudah moodswing, maka dia pasti akan membalasnya dengan ekspresi sama. Dekatlah dengan orang-orang yang ceria dan humoris. Karena suasana juga dapat menentukan mood kita.

8. TERSENYUM


Senyum tulus dan tertawa bahagia. Tersenyum membuat kita merasa rileks dan positif bahkan terlihat cantik, dan tertawa bisa melepaskan beban yang menekan. Perasaan ini dapat mengubah suasana hati kita menjadi lebih nyaman, dan good mood akan kembali menyapa kita.

9. COBALAH TERTAWA


"Ha!" Awalnya paksa dirimu untuk tertawa, setelah itu nantinya kamu akan bisa tertawa alami dengan sendirinya. Tertawa bisa merilekskan otot-otot tubuh, menghilangkan stres, meningkatkan mood, dan mengurangi hormon stres. Sekarang kalau kamu bad mood, coba deh tonton sesuatu yang bisa bikin kamu tertawa, bad mood yang kamu rasa pasti bakal hilang dalam sekejap.

10. BERSYUKUR


Pepatah bilang bahwa jangan bahagia dulu baru bersyukur, tapi bersyukurlah maka kamu akan bahagia. Yap, pepatah itu benar, girls. Kamu gak perlu fokus dengan hal-hal yang belum kamu punya, tapi cobalah untuk fokus mensyukuri apa yang kamu punya. Jika kamu merasa bad mood, tulislah daftar apa yang harus kamu syukuri, dari mulai hal kecil hingga hal besar, misalnya:
aku hari ini masih bisa makan makanan enak, itu berarti kehidupanku layak”
“aku masih bisa buka social media, berarti aku masih punya waktu luang untuk bersantai”
”aku memiliki pekerjaan yang baik, berarti aku adalah orang yang mampu,” dll


11. BERBUAT KEBAIKAN


Salah satu contoh berbuat baik adalah bisa membuat orang lain tersenyum. Jika kita melihat senyum mereka secara langsung, kita pun bisa ikut bahagia.

Teori kunci mengenai bagaimana kita memahami orang lain dalam ilmu saraf menyatakan bahwa melihat orang lain menunjukkan emosinya, mengaktifkan area yang sama di otak seolah-olah kita merasakannya juga.

Kalian mungkin pernah ikut tertawa hanya karena orang-orang di sekitar Anda melakukan hal tersebut.

Kini kamu sudah tahu kan cara mengusir bad mood dalam waktu singkat? Yuk, dicoba. Kalau mood sudah membaik, kamu pastinya akan terasa lebih nyaman dan bahagia lagi.
Semoga 11 cara tadi bisa lebih cepat membantu kalian mengatasi bad mood, ya! Selamat mencoba...

Sumber gambar 1 Sumber gambar 2 Sumber gambar 3 Sumber gambar 4 Sumber gambar 5 Sumber gambar 6 Sumber gambar 7 Sumber gambar 8 Sumber gambar 9 Sumber gambar 10 Sumber gambar 11 Referensi Sumber gambar judul
Diubah oleh frzkangrn 04-03-2020 18:31
0
728
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.