Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • Waktu Kecil Anak-Anak Korea Mainnya Apa Sih? Yuk Simak 5 Permainan Tradisional Korea

MochiamochiaAvatar border
TS
Mochiamochia
Waktu Kecil Anak-Anak Korea Mainnya Apa Sih? Yuk Simak 5 Permainan Tradisional Korea


Permainan Tradisional Asli Korea Selatan

Agan Sista penasaran ga sih, itu artis-artis K-Pop jago banget dancenya waktu kecil kira-kira suka main apa sih bisa lincah semua. Daripada kita ga habis pikir gimana caranya bisa lincah terus hingga dewasa, yuk simak masa kecilnya orang korea pada main apa ya? Berikut 5 permainan tradisonal Korea Selatan yang biasa jadi permainan seru mereka disaat kecil.

1. Jegichagi


SumberKlik

Permainan ini mirip-mirip sepak takraw gan, hanya yang ditendang bukan bola rotan melainkan jegi yang bentuknya seperti kok bulu tangkis dengan untaian bulu yang terbuat dari bahan plastik warna warni. 

 Sumber : klik

Cara bermainnya Jegi ini ditendang melambung keatas menggunakan telapak kaki bagian dalam. tak hanya anak-anak permainan ini juga masih dimainkan orang dewasa. Makin lama menendang Jegi tanpa jatuh ketanah membuktikan seseorang itu jawara dibidang Jegichagi.

2. Yut Nori


SumberKlik

Yut-nori adalah permainan popular di Korea selama ribuan tahun. Anak-anak di Korea memainkan permainan tradisional ini pada tahun baru Imlek dan bulan purnama pertama. Permainan ini memerlukan 4 buah kayu kecil yang berbentuk balok panjang. Pada kayu itu tertulis huruf Hanja, huruf Korea zaman dulu yang seperti huruf dalam bahasa Mandarin. Kayu-kayu itu dilempar secara bersamaan. Saat jatuh, kayu-kayu itu harus memperlihatkan tulisan Hanja di atasnya.

Selain kayu, permainan ini juga memerlukan sebuah papan yang sudah digambar bulatan-bulatan kecil maupun besar. Jika hanya 3 dari 4 kayu yang setelah dilempar memperlihatkan tulisan Hanja, maka orang yang melempar itu bisa menjalankan pionnya 3 langkah bulatan di papan. Jadi kayu itu seperti dadu pada permainan ular tangga yang kita kenal.

3. Tuho


SumberKlik 

Tuho ada permainan sederhana memasukan anak panah kedalam sebuah kendi. Jarak kendi bisa sekitar 1 meter atau lebih. Jika tidak punya anak panah boleh menggunakan kayu tipis dan panjang. Siapa yang lebih banyak memasukan anak panah kedalam kendi maka dialah pemenangnya. Wah permainan ini benar-benar melatih keakuratan kita ya Gan.

4. Neolttwigi


SumberKlik

Neolttwigi adalah permainan jungkat-jungkit yang berasal dari Korea. Jungkat-jungkit adalah permainan sekaligus olahraga untuk wanita yang biasa dilakukan pada hari-hari libur tradisional seperti Seollal, Dano dan Chuseok. Permainan ini telah dimainkankan sejak zaman kuno sebagai olahraga militer (latihan untuk persiapan perang) dan masih dimainkan sampai saat ini. Beda nya permainan ini disana dilakukan dengan berdiri diatas papan Gan, kalau kita kan mesti duduk yah.

5. Geunetagi


SumberKlik

Geunetagi adalah permainan ayunan sama seperti permainan ayunan dimanapun Gan. Bedanya panjang tali ayunan ini bisa sampai 9 hingga 10 meter. Ketinggian yag sungguh paripurna ya Gan. Geunetagi sendiri biasa dimainkan selama festival Dano pada 5 Mei menurut kalender lunar. Jaman dulu sebelum hari festival Dano, penduduk desa memasang ayunan pada cabang tinggi dari pohon besar, seperti zelkova atau jujube, yang terletak dekat pintu masuk desa. Wajar aja tinggi ya Gan, tali nya dipasang pada batang pohon ternyata.

Wah seru-seru juga ya permainan tradisional di Korea. Rata-rata melatih skil konsentrasi dan keakuratan ya Gan. Wajar aja kalau diajari koreo suatu tarian, mereka cepat hapal dan lincah baget. Ternyata dari kecil udah lincah aja lempar-lempar bola Jegi dengan telapak kaki ya, hehe.
081364246972
piendutt
ganggawf
ganggawf dan 21 lainnya memberi reputasi
22
2.3K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.