Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 7 Klub Eropa Yang Memenangkan Treble Winner, Barcelona Dua Kali, Madrid Belum Pernah

cintadineAvatar border
TS
cintadine
7 Klub Eropa Yang Memenangkan Treble Winner, Barcelona Dua Kali, Madrid Belum Pernah
Dalam sepakbola Eropa, istilah treble biasanya merujuk pada sebuah klub atau tim yang memenangkan tiga gelar sekaligus dalam satu musim namun dengan catatan tiga gelar tersebut terdiri dari liga domestik, Liga Champions, dan piala domestik tertinggi di negara-negara masing-masing. Dari puluhan sejarahnya, sejauh ini hanya ada tujuh klub Eropa saja yang pernah mencetak treble winner yang artinya prestasi ini sulit untuk didapatkan. Nah, berikut ini adalah deretan klub yang pernah memenangkan treble di Eropa.

1. Barcelona (2009, 2011)

Sejauh ini Barcelona menjadi satu-satunya klub yang mampu meraih treble sebanyak dua kali bahkan saat Real Madrid belum pernah melakukannya sekalipun. Treble pertama Barca adalah pada 2009 saat di era kepelatihan Pep Guardiola. Mereka memenangkan Liga Champions, La Liga, dan Copa Del Rey. Selang enam tahun kemudian di era kepelatihan Luis Enrique, Barca mencatatkan prestasi yang serupa.

2. Bayern Munchen (2013)

Sudah dua kali Bayern Munchen menjadi korban treble tim lain. Pertama pada 1999 saat kalah dari Manchester United dan kedua kalinya pada 2010 ketika ditaklukan oleh Inter Milan. Setelah di musim sebelumnya digagalkan Chelsea, akhirnya Munchen berhasil memenangkan treble pertamanya pada 2013 dengan mengalahkan wakil Jerman di final, Dortmund. Sebelumnya mereka sudah memenangkan Bundesliga dan juga DFB Pokal.

3. Inter Milan (2010)

AC Milan boleh saja berbangga dengan mengoleksi tujuh trofi UCL. Tapi saudara sekotanya, Inter juga patut berbangga karena menjadi klub Italia pertama yang memenangkan treble. Itu terjadi saat masa kejayaan Nerazzuri di era kepelatihan Jose Mourinho pada 2010. Dengan luar biasa Inter menjuarai Liga Champions, Serie A, dan Copa Italia.

4. Manchester United (1999)

Era 1990an Manchester United ada dalam kejayaan dengan generasi emasnya dan juga di era manajer terbaik sepanjang masa, Sir Alex Ferguson. Prestasi yang paling dikenal publik sepakbola dunia tentu saja adalah treble 1999. Kala itu Ryan Giggs dkk memborong tiga gelar bergengsi sekaligus, Liga Champions, Premier League, dan Piala FA. Suatu prestasi yang belum bisa disamai oleh klub Inggris lainnya hingga saat ini.

5. PSV Eindhoven (1988)

Di tahun yang sama saat Belanda menjuarai Piala Eropa, salah satu klub Eredivisie juga menuai kesuksesan di Liga Champions pada 1988. Bukan Ajax, melainkan PSV Eindhoven. Tidak hanya gelar Liga Champions, PSV saat itu juga sukses memenangkan gelar Eredivisie dan Piala KNVB.

6. Ajax (1972)

Sebelum PSV, klub asal Belanda yang mencetak treble terlebih dahulu adalah Ajax di era Johan Cruyff pada 1972. Liga Champions, Eredivisie, dan Piala KNVB saat itu mereka menangkan. Selain itu, era 1970an merupakan masa keemasan sepakbola Belanda walau tak sampai menjuarai Piala Dunia.

7. Celtic (1967)

Tak banyak yang tahu jika Celtic adalah klub Eropa pertama yang memenangkan treble winner. Pada 1967 Celtic menjuarai Liga Champions, Liga Skotlandia, dan Piala Skotlandia. Celtic sekarang memang masih menjadi raja tak tergoyahkan di negaranya sendiri namun tak bisa berbicara banyak di level Eropa.

Treble itu sulit ya gan bagi klub Eropa. Bahkan Madrid yang sudah borong 13 trofi belum pernah sekalipun menang treble emoticon-Ngakak

Referensi:

funsandfacts.com/treble-winner-seven-clubs-history/


kumaniaks
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.7K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.