embunsuciAvatar border
TS
embunsuci
Depresi Karena Skripsi, Hingga Berujung Bu-nuh Diri?



Depresi merupakan peningkatan atau penurunan emosi. Berupa perasaan sedih yang intens, rasa putus asa dan merasa tidak berharga. Depresi bisa berupa gangguan mental, bipolar atau minim sosialisasi.


Hai Hai, Sahabat Kaskus ... Ketemu lagi nih di thread ane yang membahas tentang Setres gegara Skripsi. Jangan stres dulu, ya. Setres memikirkan ane, bolehlah. Hehehe.

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)





Hal pertama yang terpikir saat mendekati semester akhir kuliah adalah Sidang. Sebelum sidang pastinya mikirin tentang Skripsi, judul, dan lain sebagainya. Kira-kira pusing nggak sih?
Sepertinya sebagian orang merasa tertekan dengan kata "Skripsi".

Ibarat mesan ayam krispy, jadi kesebut Ayam Skripsi emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)

Berikut beberapa foto seputar kegiatan skripsi, yuk dilihat ....


Anak Kos Lagi Sibuk Skripsi



Pernah di posisi ini, rasanya tuh otak udah keriting saja minta dibonding. emoticon-Ngakak (S)

Dengan penuh kesabaran dan dukungan teman dan keluarga. Rasa jenuh, setres dan depresi akan mudah dilewati. emoticon-Add Friend (S)


Mahasiswa Bimbingan Skripsi



Hal paling sangat membuat jenuh, lelah dan dag dig dug. Adalah saat berurusan dengan Dosen Pembimbing.

Beruntung kalau dapat dosen yang baik hati, pengertian dan lemah lembut. Nah, giliran killer, seperti Mak Lampir atau Bang Gendu. Waduh! Kacau, Sahabat Kaskus. emoticon-Hammer (S)


Buang Suntuk Cari Suasana Baru Ngerjain Skripsi, Atas Genteng Misalnya



Buang suntuk boleh saja, dengan segala macam gaya. Mau ngerjain skripsi di dalam kamar mandi, taman, atau atas genteng. Akan tetapi hati-hati, ya.


Cemilan Setia Menjadi Teman di Kala Setres



Yup! Cemilan adalah cara ampuh untuk rileks. Ya, walaupun pada akhirnya Skripsi nggak kelar, karena asyik nyemil, setelahnya malah ngantuk emoticon-Cape d... (S)







Selingan Baca Komik



Salah satu teman terbaik sambil ngerjain Tugas Skripsi adalah baca komik. Komik Conan, Hary Potter atau Cinderella bisa menjadi teman terbaik. Saat otak mulai memanas, jalan terbaik adalah berhenti dari aktivitas.


Quote:







Depresi Akibat Skripsi


Perasaan setres, sensitif dan tertekan sering dialami Mahasiswa tingkat akhir. Mengejar target untuk bisa wisuda, akan tetapi membayangkan sulitnya menyelesaikan tugas skripsi. Sering menjadi masalah yang berujung depresi.






Salah satu perbuatan bodoh yang sungguh disesalkan adalah Bu-nuh Diri. Entah apa yang merasuki seseorang untuk nekad melakukan hal itu. Tidak akan ada akhir dari sebuah masalah tanpa penyelesaian. Dan Mati dengan bu-nuh diri bukanlah akhir dari segalanya.

Tercatat 20 orang Mahasiswa yang melakukan aksi bu-nuh diri sejak 2016 hingga 2020 di Indonesia.

Ane nggak bisa kasih daftar dari Universitas mana, ya, Sahabat Kaskus. Bisa klik sumber saja. emoticon-Jempol

Rata-rata mereka bu-nuh diri dengan cara gantung diri. Memakai tali plastik, kabel, sabuk bela diri dan ada pula yang menggorok leher pakai Gerinda pemotong keramik. emoticon-Turut Berduka


Sebagian dari mereka ada juga yang didorong karena putus cinta, calon pasangan yang mendesak menikah, dan ekonomi. Tak jarang mereka membuat status medsos seperti, "Besok adalah hari terakhirku".


Orang-orang seperti ini seharusnya terbuka, dan kita jangan mengabaikan sikap seperti mereka. Terlihat sepele tapi dampaknya luar biasa.


Apa benar seseorang bu-nuh diri karena merasa frustrasi tidak selesai dalam mengerjakan skripsi?

Sepertinya skripsi bukanlah satu alasan seseorang menjadi depresi dan bunuh diri. Pasti ada yang melatarbelakangi seseorang menjadi nekat.


Quote:




Tips Janji Temu Dosen Pembimbing


Quote:



Revisi



Semangat dan terus berusaha. Jangan sekali-kali mengulur waktu, hanya akan menjadikan skripsi terbengkalai dan tidak selesai.


J.K Rowling



J.K Rowling merupakan penulis terkenal yang pernah mencoba bu-nuh diri. Kalau dibandingkan dengan kepahitan hidup yang ia alami. Mungkin tiada disangka masa lalunya sekelam itu, bukan?


Dosen Unsyiah




Panutan selanjutnya seorang Dosen yang memiliki semangat luar biasa. Dalam satu tahun bisa memiliki 44 buku. Bagaimana dengan kita yang hanya satu skripsi? Ayo lah buka mata ke sekitar. Dunia itu sangat luas dan perjalanan masih panjang. Jangan sia-siakan hidup untuk terus merutuk diri dan putus asa.
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia






Hiburlah diri dengan kegiatan menyenangkan di sela menyusun skripsi. Seperti hank out bareng teman. Jelajah alam atau sekedar menikmati kopi sambil santai mendengarkan musik. Tak lupa cemilan ringan pastinya
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak





Relax dan santai dalam menghadapi masalah yang ada. Tuhan tidak akan memberi ujian di luar batas mampu makhlukNya.







Berpikir positif selalu, itu kunci utama dalam kehidupan, ya Sahabat Kaskus.
Kalau sudah positif thingking, pikiran akan jernih dan dengan tenang dapat menyusun skripsi.



Bagaimana Sahabat Kaskus? Punya pengalaman apa nih seputar skripsi? Ane sih Alhamdulillah lancar dan bahagia saja menikmati masa-masa itu.
Yang penting bahagia dan positif thingking saja sih, ya. emoticon-Jempol


Buat adik-adik, kakak dan sekalian yang sedang sibuk menyusun skripsi. Semoga lancar dan dimudahkan, ya. Setelahnya mendapatkan pekerjaan yang menyenangkan. Aamiin. emoticon-Shakehand2



Sekian dulu ya thread dari ane.


Belajar Bersama Bisa dan Terima Kasih

emoticon-Pelukemoticon-Peluk

Sumber :
1, 2, 3
Gambar : Pixabay dan Fb
Diubah oleh embunsuci 29-02-2020 16:19
4iinch
ningka
Jancuk056
Jancuk056 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
5.5K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.