Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Buku
  • Alia Menjadi Gila: Karena Cinta Romantik, Intrik Mistik Atau Dendam Epik?

sofiyuenAvatar border
TS
sofiyuen
Alia Menjadi Gila: Karena Cinta Romantik, Intrik Mistik Atau Dendam Epik?
Review Novel Mande Hanifah by Sofi Yuen

Alia Menjadi Gila: Karena Cinta Romantik, Intrik Mistik Atau Dendam Epik?


"Alia, buka roknya!"

"Lebih tinggi Alia, sampai ke paha!"

Bagaimana jika kata-kata olokan itu dielu-elukan kepada seseorang yang kita sayang? Seseorang yang sudah lama berada di hati dan tidak pernah berubah meski waktu telah mengubahnya.

===========

Halo AganSist. Jumpa lagi dengan ane di thread receh ini. Kali ini ane ingin mereview sebuah novel unik karya Mande Hanifahbertajuk Alia Menjadi Gila.

Alia Menjadi Gila: Karena Cinta Romantik, Intrik Mistik Atau Dendam Epik?


Adalah seorang Alia, gadis cantik putri seorang yang kaya raya. Semua kepopuleran dan daya tarik yang selama ini dimiliki seakan berbalik menjadi sebuah olok-olok baginya. Gila. Ya, siapa pun pasti tercengang mengetahui kenyataan seorang gadis bisa menjadi gila dalam usia yang begitu muda.


Awal cerita dengan pengenalan latar yang detail sehingga kita seakan dibawa menjelajah tempat aslinya, Mande Hanifah mengenalkan seorang Galang yang baru pulang dari perantauan. Bujangan itu menemukan gadis pujaan hatinya telah berubah menjadi sosok tak dikenal. Ketidakwarasan Alia sempat menimbulkan rasa bersalah di hati Galang, hingga bulat tekadnya untuk membantu menyembuhkan Alia.


Alia Menjadi Gila: Karena Cinta Romantik, Intrik Mistik Atau Dendam Epik?

Galang tak sendiri. Ada Arif, sahabat sedari kecil yang ketika SMA pernah memperjuangkan Alia meski dibalas caci maki oleh gadis itu sekeluarga. Berdua mereka bekerja sama untuk memecahkan teka-teki kenapa Alia menderita penyakit itu. Dengan bantuan lambe Tek Simar--pedagang kopi dan sarapan pagi di dekat rumah mereka-- Rahasia demi rahasia akhirnya terkuak perlahan.



Sebagai novel debut dengan waktu pengerjaan yang terbatas, tak berlebihan rasanya jika ane merasa novel ini cukup apik. Setting tempat dan karakter yang hidup membuat seolah-olah adegan demi adegan tercipta jelas di depan mata. Jangan lupakan juga misteri yang terpendam membuat kita penasaran dan menduga-duga. Teka-teki sedari awal hingga semua terkuak cukup menahan napas. Ane sendiri tak bisa menebak ending dan alasan dibalik semua rahasia sampai selesai mengikuti tiap bait katanya.


Alia Menjadi Gila: Karena Cinta Romantik, Intrik Mistik Atau Dendam Epik?

Begitu juga dengan feel yang dibangun oleh sang penulis, berhasil meresap ke dalam hati ane. Sebuah kisah cinta penuh rahasia, diwarnai dengan intrik dan misteri, bagaimana kalut Galang dan Arif ketika mereka mencoba memecahkan kasus ini. Setiap pencarian mereka, selalu menuntun pada hal-hal baru yang tidak bisa ditebak.



Menurut ane, Mande Hanifah cukup berhasil menggambarkan setting sebuah tempat di Alahan Panjang, Sumatera Barat dengan segala kearifan lokalnya. Kehadiran Tek Simar menambah seru di antara ketegangan Galang dan Arif menghadapi Sutan Sulaiman, ayah Alia. Tokoh-tokoh yang dihadirkan pun bukan sekedar tempelan tetapi memiliki hubungan satu sama lain. Pun konflik yang dihadirkan, berhasil mengaduk emosi dan membuat debar penasaran di dada.



Keberhasilan sebuah novel adalah ketika pembaca sulit berhenti dari halaman awal hingga akhir. Menurut ane Alia Menjadi Gila ini memenuhi kriteria tersebut. Bukan hanya tentang misteri, tetapi juga perasaan dua sahabat dan masa lalu yang pedih di antara para tokoh. Bukan hanya sekedar cerita, tapi ada kearifan lokal dan budaya yang diusungnya. Alia Menjadi Gila, ane rekomendasikan untuk AganSista yang hobi membaca cerita bergenre drama-misteri.


emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss


Alia Menjadi Gila: Karena Cinta Romantik, Intrik Mistik Atau Dendam Epik?

Sekian dulu thread ane kali ini. Semoga AganSista berkenan dengan review ini. Mohon maaf atas semua kekurangan dari review sederhana ini. Semoga penulis dan penggemar Alia berkenan. emoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty


Sampai jumpa di thread yang lain, AganSist. 😘😘😘

Teluk Kinari, 29 Februari 2020.

Sumber foto : Facebook Mande Hanifah
Narasi : Opini pribadi.
Diubah oleh sofiyuen 29-02-2020 13:28
tata604
rykenpb
lina.wh
lina.wh dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.2K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
BukuKASKUS Official
7.7KThread4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.