• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Indonesia jadi Negara Maju, Tiga Bersaudara Makan Sabun Cuci untuk Bertahan Hidup!

iissuwandi
TS
iissuwandi
Indonesia jadi Negara Maju, Tiga Bersaudara Makan Sabun Cuci untuk Bertahan Hidup!


Assalamualaikum

Halo Agan dan Sista semoga sehat dan bahagia selalu. Beberapa hari lalu baca berita, katanya negara Indonesia tercinta dikeluarkan dari deretan negara berkembang. Bukan negara berflower lagi kita, Gaes. Presiden Amerika, Donald Trump, Indonesia dimasukkan ke daftar negara maju. Eitts ... jangan senang dulu, Gaes, alasan Donald Trump mengeluarkan kebijakan tersebut adalah untuk mengurangi jumlah negara-negara berkembang mendapatkan hak istimewa.

Ane nggak mau membahas lebih jauh tentang kebijakan pemimpin negeri Paman Sam. Indonesia yang katanya udah naik kelas sebagai negara maju, bukan lagi negara berflower, rakyatnya masih ada yang kesulitan mengisi perut dengan makanan layak konsumsi. Masih ada rakyatnya yang kelaparanšŸ˜­

Di suatu daerah Sumatera Utara, tepatnya di Desa Muara Tais II, Kecamatan Angkola Muara Tais, Kabupaten Tapanuli Selatan, dikisahkan tiga kakak beradik harus menjalani hidup dalam keadaan sangat jauh dari kata layak. Untuk menyambung hidupnya, ketiga bersaudara ini terpaksa memakan sabun cuci setiap harinya. Sang ibu, yang konon katanya sudah berpisah dengan sang ayah, menikah lagi meninggalkan anak-anaknya. Anak-anak ini diasuh oleh sang nenek berusia 80 tahun.

Karena sang nenek yang sudah udzur, dan sang ayah yang kerjanya serabutan, itu pun hanya buruh suruh harian, kadang ada panggilan, seringnya nggak. Plus katanya, si ayah agak-agak kurang akal, terpaksalah si kakak pertama yang berusia 9 tahun menjadi buruh cuci para tetangga. Awalnya sang kakak yang pertama makan sabun cuci ketika ia lapar. Warg sekitar membantu sekedarnya, tapi nggak bisa berharap banyak, karena mereka juga punya tanggungan terhadap keluarganya masing-masing.

Menjadikan sabun sebagai santapan ini sudah berlaku bertahun-tahun. Sang adik yang sering ikut kakaknya bekerja, ikut-ikutan makan sabun cuci untuk mengganjal perutnya setelah melihat apa yang dilakukan kakak pertamanya. Akhirnya, tiga-tiganya memakan sabun cuci untuk mengisi perut, karena memang nggak ada makanan yang bisa dimakan. Adik pertama berumur 7 tahun, sedang adik kedua berumur 4 tahun.

Mirisnya, di depan rumah sang nenek, terpampang dengan gagah sebuah plang bertuliskan POSYANDU. Huwaaaa ... ane nggak bisa mikir lagi. Itu plang apa cuma pajangan. Ini bukan kisah dongeng ataupun kisah fiktip yang dibuat-buat kek sinetron-sinetron. Inilah potret nyata di negara yang baru aja naik kelas menjadi negara maju.

KPAI malah makin absurd dengan statement anehnya yang viral hingga media luar, nggak liat apa ada anak-anak Indonesia yang butuh perhatian dan pertolongan. Ini yang tersorot kamera, yang belum terendus masih banyak pastinya. Anak-anak lain yang harus berjuang hidup di tengah kemelaratan hidup. Berjuang sendiri.

Kisah tersebut di atas sudah ramai di jagad maya sejak tiga hari yang lalu. Setelah mendapat banyak perhatian dari warganet dan menjadi viral, jajaran petugas negara setempat mulai beraksi. Ketiga anak tersebut dilarikan ke puskesmas setempat untuk mendapat perawatan medis. Kondisi ketiganya sudah memprihatikan. Kurang gizi.


Kabar terkini, ketiganya sudah diserahkan oleh orangtuanya ke panti asuhan setempat untuk dirawat dan hidup lebih layak.

Liat berita yang kek gitu, ane amat bersyukur dengan segala nikmat yang ane terima. Moga keadilan sosial bener-bener bisa dirasakan oleh rakyat Indonesia hingga ke daerah-daerah terpencil di seluruh nusantara.

Ane pamit undur diri, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Maafkan jika ada salah kata. Jika berkenan, tinggalkan jejak cendol dan rate-nya. Terima kasih, salam hangat, dan selamat beraktifitas.

Sumber gambar : 1, 2
Referensi : 1, 2, 3

anasabilasebelahblog4iinch
4iinch dan 48 lainnya memberi reputasi
47
19.5K
232
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
922KThreadā€¢80.1KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.