Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
201
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e56bcf2facb953034225d30/kenapa-minggu-jadi-hari-paling-dikenang-oleh-milenial-terutama-kelahiran-1990-2000
Awal tahun identik dengan tanggalan baru. Dengan tanggalan itu, sedikit banyak hidup orang ditentukan olehnya. Kenapa demikian? Karena kalender itu jadi acuan setiap orang untuk melakukan aktivitasnya selama satu tahun.
Lapor Hansip
27-02-2020 01:46

Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Awal tahun identik dengan tanggalan baru. Dengan tanggalan itu, sedikit banyak hidup orang ditentukan olehnya. Kenapa demikian? Karena kalender itu jadi acuan setiap orang untuk melakukan aktivitasnya selama satu tahun.


Quote:Mereka, atau mungkin sebagian dari kita, menandai tanggal – tanggal tertentu dalam kalender itu dimana mereka ingin melakukan sesuatu. Contohnya tanggal berapa mereka masuk sekolah, kapan mereka masuk kerja, kapan gajian dan biasanya ini nih yang paling dicari: tanggal berapa mereka libur.

Kalo agan sista lihat kalender, biasanya apa yang gan sis cari pertama kali? Yup bener, hari libur. Karena dengan menemukan hari libur, agan sista bisa merencanakan pelarian dari rutinitas yang melelahkan. Dengan mengetahui kapan libur, maka agan sista bisa merefresh sejenak dari pekerjaan.


Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?

 
Dalam sistem penanggalan Indonesia, setiap tahun selalu ada hari libur nasional seperti hari raya keagamaan dan peringatan momen tertentu. Hari libur ini tidak sama harinya dan selalu berubah setiap tahunnya, kayak hari libur tahun baru 2020 jatuh pada hari rabu, sedangkan tahun baru 2019 kemarin jatuh pada hari selasa. Jadi hari liburnya berubah.

Tapi bagi pelajar dan karyawan, ada satu hari dimana mereka bakal libur terus. Hari apakah itu? Yup bener, hari Minggu. Hari dimana sebagian besar instansi dan sekolah nonaktif. Hari yang dalam kalender selalu berwarna merah. Inilah hari dimana kehidupan melambat dan berhenti sejenak dari rutinitas yang membosankan.

Quote:Minggu adalah satu-satunya tanggal yang selalu berwarna merah. Walau standar kebahagiaan setiap orang berlainan, tapi banyak orang menganggap hari minggu sebagai hari pelepas penat dan penyegar hidup.

Bagaimana tidak gan sis, beragam aktivitas dari senin hingga sabtu membuat tubuh capek dan lelah. Sehingga saat hari minggu tiba, beban tugas dan pekerjaan yang ditanggung selama beberapa hari itu menjadi berkurang. Makanya tidak heran hari minggu selalu ditunggu kehadirannya.

 
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?

 
Masih senin, pikirannya udah pengen cepet-cepet ke minggu lagi. Selasa, rabu, kamis biasanya udah agak terbiasa dengan rutinitas harian. Sedangkan jumat dan sabtu adalah persiapan untuk menyongsong cerahnya hari minggu. Begitulah biasanya siklus yang dialami oleh beberapa orang terutama yang sibuk dalam enam hari dari pagi hingga sore.

Tapi apakah cuma karena itu? Ane pikir tidak juga, karena ada beberapa hal lagi yang bikin banyak orang gak sabar pengen cepet-cepet ke hari minggu, terutama dari kalangan milenial.


Quote:Kalangan milenial yang ane maksud adalah orang – orang yang lahirnya sekitar tahun 1990-an dan 2000-an terutama yang awal milennium. Kebanyakan orang dari generasi ini masih terbayang betapa asyiknya hari Minggu saat mereka masih kecil dulu.


Kadang ane juga inget, dulu masih kecil perasaan bawaannya seneng melulu saat Sabtu sore, kenapa begitu? Karena tahu kalo besok hari Minggu, dan biasanya hari Minggu itu hari yang menyenangkan jika dibanding hari lainnya.

 

Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?

 

Jadi, lewat thread ini ane mau nuangin cerita kok bisa sih hari minggu selalu ditunggu oleh para milenial. Memangnya ada apa di hari Minggu, kok sampe demikian spesialnya bagi anak – anak jaman dulu.

Tapi sebelum itu, ada baiknya kita perlu tahu kenapa sih hari minggu jadi hari libur di indonesia. Jadi dulunya bangsa Romawi kuno menetapkan hari minggu untuk hari beribadah, dan tradisi itu menurun kepada cucu cicitnya yang banyak tinggal di negara Eropa seperti Jerman, Inggris dan Belanda.


Quote:Nah karena Belanda pernah singgah dan menjajah Indonesia maka sistem penanggalan termasuk hari libur yang jatuh pada hari minggu itu dicopy dan diterapkan di Indonesia. Dari situlah, sistem pendidikan dan pemerintahan Indonesia menetapkan hari minggu sebagai hari libur, bukan selasa, rabu atau pun hari lainnya.


Nah, setelah mengetahui kenapa hari minggu jadi hari wajib libur di negara kita, sekarang lanjut lagi cerita kenapa hari minggu terasa menyenangkan bagi milenial. Setidaknya ada empat hal yang membuatnya berbeda dengan hari yang lain. Yang pertama adalah:

 

Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?

 

TIDAK HARUS BANGUN PAGI DAN PERGI SEKOLAH

Beda dengan sekarang, walau belum semua yang menerapkan tapi sudah banyak sekolah yang menjadwalkan kegiatan dari senin sampai jumat saja, sehingga hari sabtu nya sudah bisa santai.


Quote:Anak – anak yang masa kecilnya dulu sekolah sekitar tahun 1990-2000 awal masih sekolah enam hari gan sis. Karena waktu itu masih belum ada pemangkasan hari aktif sekolah, yang disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti kebijakan pemerintah yang masih nyaman dengan sistem pendidikan lama dan pihak sekolah yang belum terlalu mendapat otonomi seperti sekarang.


Karena sistem pendidikan formal masih enam hari, jadinya setelah bercapek-capek ria dari senin sampai sabtu maka hari minggu menjadi semacam es penghilang lelah. Sabtu sore adalah waktu kegirangan mulai muncul. Sabtu malam pikiran tentang tugas dan pekerjaan rumah agak berkurang.

Lalu minggu paginya adalah hari kebebasan mutlak. Kenapa? Setelah dari senin sampai sabtu harus bangun pagi, mandi, berangkat ke sekolah selama terus menerus, tapi saat hari minggu milenial gak harus melakukan itu semua. Rasanya kayak lepas dari kurungan. Bebas.

Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?

 

ACARA TV YANG MENARIK

Masih berhubungan dengan poin pertama, sistem pendidikan enam hari membuat anak – anak tidak bisa menonton tv saat pagi hari. Satu – satunya hari dimana mereka bisa melihat tv dari pagi sampai siang adalah hari minggu. Sehingga banyak milenial dulu sering menghabiskan waktu minggu dengan menonton tv. Itu seperti pelampiasan setelah lelah belajar selama enam hari terus-terusan.


Quote:Di hari minggu pagi, ada banyak acara tv yang menghibur anak-anak. Acara kartun dan animasi ada di hampir seluruh channel tv waktu itu. Dari cerita robot seperti power rangers, ultraman, kabutaku dan voltron.


Terus dari cerita kartun seperti donal bebek, doraemon, dragon ball, p-man, pokemon, digimon, detective conan, hamtaro dan kobo chan. Bahkan anime seperti b-daman, beyblaade, Tamiya dan crush gear membuat anak-anak ingin beli mainannya.

Acara kartun mulai dari jam 6 pagi sampe siang non stop. Makanya gak jarang kakak, ortu atau saudara yang lebih tua pada ngalah karena saking banyaknya kartun tersebut.

Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?

 

KELUARGA LENGKAP BISA KUMPUL

Ini juga masih ada hubungannya dengan poin di atas. Karena anak – anak sekolah dari senin sampai sabtu, maka orangtua mereka tidak bisa berkumpul saat pagi hari. Mereka baru bisa betemu anaknya lagi setelah anaknya pulang sekolah, yang biasanya siang agak sore baru sampai rumah.


Quote:Itu pun kalau orangtuanya sudah selesai dengan pekerjaannya. Karena ada sebagian ortu yang juga bekerja dari pagi sampai sore, bahkan sampai lembur sehingga tidak ada waktu lebih untuk bermain bersama anak – anak mereka.


Walau tidak semua kerja di kantor selama enam hari, tapi banyak orangtua memilih hari minggu sebagai hari kumpul keluarga setelah banting tulang mencari nafkah. Dengan adanya hari minggu, anak dan ortu bisa berkumpul bersama di rumah dari pagi sampai malamnya.

Mereka bisa menghabiskan waktu bersama sejak bangun tidur. Biasanya para ortu bermain bersama anak-anaknya di rumah. Atau kalau sempat bisa juga diajak jalan-jalan ke pantai, naik gunung, renang di kolam dan sederet kegiatan menarik lainnya dimana tidak bisa mereka lakukan saat hari kerja dan sekolah.

Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?

 

BISA BERMAIN BERSAMA SAUDARA

Selain berkumpul bersama keluarga dan melakukan berbagai macam kegiatan menyenangkan, hari minggu bisa jadi waktu dimana mempererat keakraban dengan saudara yang jarang ditemui.


Quote:Karena sama-sama sekolah selama senin-sabtu maka tidak ada waktu luang buat berkunjung ke rumah saudara. Apalagi dulu masih belum ada hp, kalau pun ada cuma telepon rumah atau telepon umum. Jadi otomatis waktu yang masih tersisa adalah hari minggu.


Apalagi kalau jaraknya cukup jauh dan memakan waktu berjam-jam, maka hari minggu lah waktu yang paling tepat untuk bertemu kerabat dan orang – orang yang jarang dijumpai.

Selain semakin mengakrabkan hubungan persaudaraan, berkunjung ke rumah orang yang masih ada hubungan darah juga bisa menyenangkan anak – anak karena bisa jalan – jalan, mampir di suatu tempat wisata dan makan – makan bareng. Suasana nyaman kayak gini gak bisa dilakukan selain hari Minggu.

Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?

 

Jadi, itulah beberapa poin yang menyebabkan hari minggu menjadi momen yang berkesan khususnya bagi kalangan milenial. Kalau sekarang, entah bagaimana apakah masih se-menyenangkan dulu, atau berkurang, atau malah mulai terasa biasa saja dan gak ada bedanya dengan senin, kamis, jumat dan hari lainnya.

Apalagi sekarang sudah banyak pergantian. Sistem pendidikan sudah banyak sekolah yang hanya masuk lima hari. Begitu juga dengan instansi lain, sehingga di hari Sabtu pun orang – orang sudah bisa bersantai. Ditambah setiap orang memegang hape, membuat orang semakin jarang mencari hiburan lewat tv. Dengan hape pula mereka bisa bertatap muka dengan keluarga dan saudara yang jaraknya jauh sekalipun.


Quote:Dengan demikian, bisa dibilang bahwa mungkin hari minggu sudah tidak se-sakral dulu lagi. Tapi bagi yang pernah merasakan sepercik keasyikan momen-momen di atas, bisa jadi hari minggu menjadi sepenggal waktu yang tak terlupakan sepanjang hidup mereka.


Thanks for reading gan sis. And keep ngaskus.


Sumber ilustrasi: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8.

 


Diubah oleh telah.ditipu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 12 lainnya memberi reputasi
11
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 10
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 21:36
Quote:Original Posted By luvcuku
lebih indah minggu ya gan drpd senin pagi


Senin pagi suck kwkwkwkkwkwkwkwkw ke sekolah ....
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 21:36
Quote:Original Posted By hasya429
Hahahah asli gaaan, kartun favorit ente apaan gaaan emang???


Lah yaudah pasti doraemon hehehe
Kartun wajib tonton itu
Kalo ga lest & go
profile-picture
doyantogepasar memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 21:41
Kan libur yeeee kan hahaha.
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 21:43
horeeeee bentar lagi AHAD ....
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 22:02


Quote:Original Posted By arco12
Lah yaudah pasti doraemon hehehe
Kartun wajib tonton itu
Kalo ga lest & go


Wkakakak sama, doraemon favorit semua orang!!!! Lets&go tu yang mana ya gaan kok ane gatau?
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 22:33
jam 8 doraemon
jam 9 sempet sinchan
jam 10 power rangers
ga lama wiro sableng
profile-picture
myomyom memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 22:57
alasannya cuma satu...!
dari umur gua 5~6 tahun sampe hampir 30 tahun, paling suka hari minggu ya karena doraemon, period!!!
emoticon-Malu (S)
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 23:00


Quote:Original Posted By hasya429
Wkakakak sama, doraemon favorit semua orang!!!! Lets&go tu yang mana ya gaan kok ane gatau?


anime tentang balap tamiya om, seru banget itu...
majulah magnum, melesatlah sonic
emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 23:09


Quote:Original Posted By aska1234
jaman sekarang nyalain TV lokal pagi yang ada cuma gosip aja isinya emoticon-No Hope
sampe akhirnya ane pake tv berbayar deh emoticon-Blue Guy Peace


padahal kalo jaman dulu bela belain bangun pagi demi nonton kartun yg bagus di minggu pagi
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 23:10


Quote:Original Posted By lobunta
Dari subuh udah mandi, langsung stand by depan tipi.


i can relate to this wkwkwkw jaman dulu selalu begini sih
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 23:10


Quote:Original Posted By caduceus22
bangun pagi cuman buat maraton nonton kartun dari jam 6 sampe siang , sekarang mana ada emoticon-Hammer2


eh samaan banget gannn ane juga begini jaman duluuu wkwkw
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 23:26
Tapi kadang kerjaan ga kenal hari ya walaupun hari minggu kadang suka dihantui kerjaan emoticon-Frown
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 23:26


Quote:Original Posted By corner30
jadi inget pas dulu sekolah masih dari senin-sabtu. untung sekarang kuliah atau kerjan cuma dari hari senin sampe jumat aja


Dulu ane senin-sabtu cuma pas sd aja sih gann smp sma liburnya sabtu minggu hehehe alhamdulillah
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 23:28


Quote:Original Posted By fedorarivialdo
masa kecil ane suram gan, kadang ane berharap tidak dilahirkan sama sekali,


Yaampun gaan kenapaa...emoticon-Frown semoga sekarang hidup agan bisa lebih berwarna dan jauh dari kesuraman ya emoticon-Smilie?
profile-picture
fedorarivialdo memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 23:28


Quote:Original Posted By luvcuku
dulu bangun pagi di hari minggu cuma mau marathon nonton kartun


Wkwkwk iya bener banget dulu bener2 gonta ganti channel demi bisa nonton semuanya
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 23:29


Quote:Original Posted By n.h3
ane lebih suka hari sabtu gan.. krn bsknya libur..


Iya jugasii benerr kalo minggu udah kebayang2 hari senin gabisa santai2 jd terasa berlalu lebih cepat
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 23:32
jaman sd taun 2000an, senen - sabtu sekolah harus dibangunin pagi, hari minggu libur sekolah auto bangun pagi padahal tdr malem wkwkwk
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 23:35
hari minggu kan hari yg lama ditunggu gan
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
28-02-2020 23:37
Quote:Original Posted By kecombranggg
Iya jugasii benerr kalo minggu udah kebayang2 hari senin gabisa santai2 jd terasa berlalu lebih cepat


Nah itu.. Dan kadang hari sabtu gk smua sekolah/kantor libur.. Jd tempat² hiburan masih cukup senggang di jam pagi-siang.. Nah kalo minggu kan otomatis yg libur banyak.. Jd gk mungkin ada tempat sepi
0 0
0
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
29-02-2020 00:25
karena hanya di hari minggu saya bisa bernyanyi dan ngerap,.wiro wiro sableng sinto sinto gendeng..
profile-picture
profile-picture
myomyom dan clcyep memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 6 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia