RifanNazhif
TS
RifanNazhif
6 Alasan Kenapa Kamu Lebih Baik Menggunakan Tangan Ketika Makan


Sekadar intermezo, saya teringat suatu kali berbincang dengan teman, “Kau makan memakai apa?” Dia menjawab memakai tangan. Tapi ketika sedang makan, melihatnya memakai sendok, saya langsung protes. Dia membela diri, “Eh, meski memakai sendok, tak mungkin kan aku makan memakai mata! Yang ada tak kenyang-kenyang.”


Yap, diterima akal bila makan itu harus memakai sendok ketika menikmati makanan berkuah tanpa nasi, mie, nasi goreng, sate, dan makanan berkuah lainnya (minus nasi). Tapi untuk sekelas nasi berlauk rendang, tentu akan lebih afdol menggunakan tangan tanpa alat bantu. Mungkin kau akan menyelutuk, “Ih, jijay!” Tapi makan di Sumatera Barat dan Sebagian Jawa, lebih identik bahwa makan itu ya makan minus alat bantu. Bukankah selain nasi rendang dan semacamnya, pecel lele juga tak afdol dinikmati dengan alat bantu? Kamu mungkin akan mengatakan tidak sopan, kampungan. Tapi apakah kamu tahu betapa makan menggunakan tangan itu lebih baik bagi kita?

1. Makan menggunakan tangan  tentu akan menghemat isi kocek untuk membeli peralatan sendok dan garpu. 

2. Kalau kamu makan di tempat pesta, mungkin sering merasa ribet ketika tiba waktu makan. Apalagi kalau lauknya ikan yang banyak durinya. Silap-silap kamu keselek duri. Sendok kan tak mungkin dapat memilah mana duri, mana ikan. Begitu pula kalau lauknya daging alot. Bisa-bisa daging melompat ke wajah. Rasa malunya pasti tak ketulungan. Sebab tak ingin malu, eh tak jarang diam-diam, harus tangan  yang bertugas menyuirnya. Kan tak lucu bila kita makan daging satu kerat besar menggunakan sendok! Rasanya nggak konek, Bos.

Jujur ketika pesta diadakan di luar gadung alias di perkampungan, saya selalu makan menggunakan tangan, sebab sebelum makan bisa dicuci dengan air mineral. Berbeda kalau berbuat begitu di gedung, siap-siap satpam menegur kamu, “Ambal itu susah nyucinya kalau dibecekin, tahu!”  

3. Makan menggunakan tangan akan memperlancar peredaran darah. Apa hubungannya? Ketika mempergunakan sendok-garpu, yang digerakkan itu  sebatas tangan dan alat bantu. Sementara jari-jemari lebih banyak diam. Lain halnya jika memakai tangan, seluruh jemari ikut bekerja untuk mengumpulkan makanan dan memasukkannya ke dalam mulut.

4. Makan dengan tangan itu membuatmu lebih ramping ketimbang makan menggunakan alat bantu. Karena makan dengan tangan itu prosesnya lebih lambat, meski rasa kenyangnya lebih cepat. Sementara ketika makan menggunakan alat bantu, proses makannya lebih cepat, tapi rasa kenyangnya lambat datang. Makan dengan tangan juga mencegah dari penyakit diabetes tipe 2 lho!

5. Makan memakai tangan itu lebih nikmat ketimbang memakai alat bantu, karena tangan lebih bisa menggabungkan  nasi dengan lauk. Selain itu makan dengan tangan adalah cara terbaik agar lebih menghargai  hasil jerih-payah.

Makan dengan tangan,  memang harus duduk manis di depan meja. Berbeda bila makan dengan alat bantu, mau berdiri, duduk, jongkok, terserah. Semua bisa dilakukan.

6. Di dalam tubuh kita banyak bakteri, mulai dari bakteri baik maupun jahat. Nah ketika kita makan memakai tangan, maka kerja bakteri baik akan lebih optimal untuk membantu pencernaan atau lebih cepat membusukkan makanan menjadi nutrisi. Kalau kamu tak percaya, coba ambil dua piring nasi dan lauk-pauknya. Satu piring kamu aduk-aduk memakai sendok-garpu. Satu lainnya aduk-aduk dengan tangan. Yakinlah masa basi makanan yang diaduk memaki kanan akan jauh lebih cepat dibanding menggunakan sendok-garpu.

Tapi saya pikir tak perlu contoh seperti itu. Coba saja ketika makan bersama keluarga, kamu ambil lauk tanpa sendok. Jamin kamu akan diomeli bunda. Tentu bukan lantaran tak sopan saja. Tapi lauknya akan cepat basi, apalagi berkuah santan.

Oke, apakah kamu masih lebih yakin makan menggunakan tangan atau memakai alat bantu?   

Kalau kamu mengatakan lebih yakin memakai alat bantu ketika menyuapi si doi, itu saya akan menyerah. Terbayang gimana belepotannya wajah si doi jika disuapi memakai tangan. Gara-gara itu, kamu bisa diputusin. Hehehe, oke cukup sekian.

-----


 

milktoasthoneypakolihakbarsebelahblog
sebelahblog dan 23 lainnya memberi reputasi
24
8.6K
236
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.