qoni77Avatar border
TS
qoni77
Kedelai Goreng Bikin Sendiri, Teman Setia Saat Asyik Sendiri dan Gak Sendiri

Suka makan kedelai?


Assalamualaikum, Kaskus Pencinta Snack dan jajanan yang original. Kali ini izinkan Ane buat berbagi cara membuat camilan kedelai yang renyah dan tentu saja enak. Mudah banget kok bikinnya, Gansist. Cekidot!

1. Rendam kedelai sekitar 1/2 jam. Intinya sampai kedelai mengembang ajah.

2. Cuci kedelai dengan air mengalir dan tiriskan. Saran Ane pakai saringan atau pakai bakul tempat nasi dari plastik juga boleh, Gansist.šŸ˜‚

3. Sambil menunggu benar-benar berkurang air dalam tubuh si kedelai, kita panaskan minyak goreng. Pakai minyak goreng yang 2X penyaringan yah, Gansist! Sayangi diri kita sendiri minimal. Biar batuk itu jauh-jauh. Hihi.

4. Ingat untuk menggunakan api yang besar dalam proses penggorengan. Ketika minyak sudah panas masukkan kedelai secara perlahan, hal ini bertujuan agar minyak tidak muncrat-muncrat. Kan sayang kalau kulit yang mulus kena minyak goreng ya?šŸ˜‚

5. Aduk-aduk dalam proses penggorengan ini. Supaya matengnya merata, Gansist. Oh ya, usahakan pula bagian kedelai benar-benar tercelup dan berenang dalam minyak goreng yah!

6. Incip-incip. Rasakan apakah sudah cukup renyah, jangan biarkan kedelai gosong atau terlalu renyah yah! Soale, kedelai itu jenis kacang-kacangan, jenis bahan makanan ini bisa matang sempurna ketika diangkat dari penggorengan lho. Sekilas info ajeh.šŸ˜€

7. Ketika dirasa cukup kadar matangnya, langkah selanjutnya adalah angkat kedelai dari minyak dengan erok-erok. Saran Ane gunakan dua erok-erok untuk mengangkat kedelai dari kubangan minyak goreng ya, Gansist. Hal ini untuk memudahkan proses pengangkatan si kedelai. Kedelai kan butirannya kecil gitu. Biar ga merucut, kalau kata orang Jawa, mah.

8. Setelah kedelai lumayan bebas dari minyak, taburilah royco atau penyedap apa ajah, juga garam halus. Ini dilakukan saat kedelai masih dalam suhu panas ya, Gansist. Hal demikian dapat meratakan rasa pada tiap biji kedelai lho. Biasanya Ane narohnya dalam wadah atau loyang lebar yang dilapisi kertas minyak. Kertas minyak ini bertujuan untuk menyerap minyak dari si kedelai tadi. Berhubung Ane lagi baik, silakan simak gambar cara meletakkan kertas minyak yang benar. Cekidot!

Spoiler for cara meletakkan kertas minyak yang benar :


Kertas minyak diletakkan terbalik. Biasanya kalau kita membungkus kan lapisan plastik tipis yang melingitu selalu di atas kan? Nah, untuk menyerap minyak lebih banyak, meletakkannya terbalik lho.


7. Tara, sajikan dalam wadah atau toples saat nonton tv bersama keluarga. Bisa juga jadikan teman saat baca buku kok, Gansist. Bukankah kita warga negara Indonesia yang suka baca kan? Asyik!


Kedelai adalah makanan dari varietas polong-polongan atau kacang-kacangan. Protein dari kedelai tergolong protein nabati, jadi sangat able di pencernaan manusia lho. Bagi kalian yang sedang menjalai diet sehat, kedelai bisa dijadikan menu yang wajib dimakan, pada saat jam jendela makan lho. Kalian bisa mengolah kedelai dengan dioven atau dipanggang, pun dikukus kok. Mudah bukan?





Penulis : @qoni77
Sumber : Opini pribadi semuanya lho



Ngawi, 26 Februari 2020
Salam Sayang,


Warna_Senja
BumiTimur
nona212
tien212700
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
3.5K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)KASKUS Official
9KThreadā€¢6.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.