• Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • 5 Makanan Korea Selatan yang (Mungkin) Cocok di Lidah Orang Indonesia

hanasoraAvatar border
TS
hanasora
5 Makanan Korea Selatan yang (Mungkin) Cocok di Lidah Orang Indonesia


Source: instagram.com/kimchiresto

1. Ramyeon




Jika Jepang memiliki ramen, Korea Selatan mempunyai ramyeon. Bagi penggemar budaya Korea Selatan tentunya tidak asing dengan nama makanan ini. Ramyeon menjadi salah satu makanan khas Negeri Gingsen yang populer di Indonesia.

Orang Korea Selatan biasanya menikmati ramyeon di panci yang dia gunakan untuk memasak. Mi ini memiliki rasa dominan pedas dan gurih sehingga cocok untuk orang Indonesia yang dikenal suka makanan pedas.

Ramyeon biasa dikonsumsi dengan potongan daging, aneka seafood, sayuran, sosis, telur dan kimchi. Saat ini, di Indonesia telah banyak ramyeon instan yang dijual di pasar atau swalayan. Hayo, siapa nih yang belum pernah coba makan Ramyeon?

2. Bulgogi




Bulgogi merupakan hidangan daging yang populer di Korea Selatan. Masakan ini menggunakan irisan daging sapi berkualitas premium seperti sirloin atau rib eye. Rasa yang didominan pada bulgogi adalah manis dan gurih sehingga sangat nikmati jika disantap dengan semangkuk nasi hangat.

Biasanya, bulgogi dikonsumsi dengan kimchi, saus gochujang, daun selada dan bawang putih. Bumbu yang digunakan untuk memasak bulgogi adalah kecap asin, gula dan rempah-rempah khas Korea. Jika di Jepang, masakan ini mirip dengan yakiniku hanya saja bulgogi memiliki rasa lebih manis.

3. Japchae




Kalau makanan ini tentunya terdengar familiar di telinga kita. Japchae terdengar seperti makanan khas Tionghoa yang populer di Indonesia. Bahan dasar dari Japchae Korea Selatan adalah sohun atau dangmyeon dan dipadukan dengan berbagai sayuran seperti jamur shiitake, bawang bombay, wortel, lalu ditambah dengan daging sapi.

Di Korea Selatan, japchae merupakan lauk pendamping yang biasa disebut bangchan. Makanan ini biasanya dijumpai para acara pesta atau perayaan. Bumbu yang digunakan untuk memasak japchae adalah kecap asin, bawang putih, serta gula pasir.

4. Tteokbokki




Makanan yang ini juga menjadi favorit para pecinta kebudayaan Korea Selatan. Tteokbokki sudah banyak ditemukan di restoran makanan Korea di Indonesia. Nama hidangan yang rasanya pedas manis ini, memiliki arti rice cake. Bahan utama untuk membuatnya memang dari tepung beras yang dimasak dengan bumbu khas Korea, gochujang.

5. Kimchi




Kimchi seolah menjadi makanan wajib bagi penikmat hidangan Negeri Gingseng. Makanan ini terbuat dari sayuran yang difermentasi dimana biasanya berisi sawi putih. Kimchi memiliki cita rasa unik yang pas dipadukan dengan ramyeon, sup, dan bulgogi.

Memiliki aroma yang tajam, kimchi tidak terlalu cocok dengan lidah orang Barat. Namun bagi masyarakat Indonesia yang masakannya selalu kaya dengan rempah, kimchi masih bisa dinikmati sebagai hidangan pelengkap.

Dari lima hidangan di atas, mana yang menjadi favorit Agan dan Sista? 




tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.7K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.