Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Madura
  • [COC Regional: Lokasi Wisata] Kampoeng Toron Samalem, Wisata Unik Dan Instagrammable

istijabahAvatar border
TS
MOD
istijabah
[COC Regional: Lokasi Wisata] Kampoeng Toron Samalem, Wisata Unik Dan Instagrammable
Assalamualaikum ….

Gimana kabarnya para kaskuser? Semoga sehat dan sejahtera selalu.


Ah, udah lama gak nulis jadinya agak gimana gitu. Keasyikan dengan kesibukan yang diciptakan sendiri hehehe. Pas mau mulai nulis lagi jadi kaku kayak orang lagi belajar bahasa yang bukan bahasa daerahnya.


Langsung aja, yuk berkenalan dengan salah satu wisata yang ada di pulau Madura yang juga dikenal dengan pulau garam.


Akhir pekan atau libur panjang bagi sebagian orang adalah hari yang sangat dinantikan untuk melepas penat dan bosan dengan aktivitas-aktivitas yang monoton. Baik dengan berkumpul dengan keluarga ataupun menikmati tempat-tempat wisata yang ciamik dan instagenic.


Pariwisata Indonesia semakin hari semakin beragam, pun dengan tempat wisata yang ada di Madura. Belakangan ini tempat wisata di Madura semakin bermunculan dengan desain-desain menarik, mengikuti zaman, tapi tetap menyisipkan adat dan budaya. Seperti tempat wisata yang ada di daerah Pamekasan, yang kini sedang ramai diperbincangkan. Kampoeng Wisata Toron Samalemnamanya.




Indah dan memukau juga unik itulah yang pertama terlihat di Kampoeng Wisata Toron Samalem ini. Tempat wisata ini dulunya adalah bekas penambangan batu kapur. Berkat kreativitas juga jiwa seni warga dusun Kampoeng Wisata Toron Samalem tempat bekas tambang yang sudah tak terpakai ini disulap menjadi tempat wisata yang sangat memukau, tapi tetap mengutamakan kealamiannya.





Kampoeng Wisata Toron Samalem adalah tempat wisata baru yang menawarkan kesejukan alam bebukitan. Bahkan dari atas bisa melihat hamparan laut biru di arah selatan.

Tempat wisata ini memiliki dua lokasi, bagian atas dan bawah, di bagian bawah ini terdapat kolam renang untuk anak-anak. Total luasnya tempat ini kira-kira mencapai 7 hektar.




Kampoeng Wisata Toron Samalem juga menyajikan beberapa rumah-rumahan yang terbuat dari kayu dan beratap rumbia atau alang-alang padi seperti perkampungan yang ada di Papua,  yang semakin menambah keindahan dan kealamian tempat ini. Kita juga bisa berteduh di rumah kayu tersebut untuk sekedar istirahat melepas lelah. Di sana juga ada free WiFi, lho!







Kampoeng Wisata Toron Samalem atau Kampung Turun Semalam (dalam bahasa Indonesia) adalah tempat yang bagus untuk baground berswafoto, terlebih adanya replika bunga sakura yang berjejer di lingkungan tersebut membuat kita seperti berada di Jepang. Instagrammable banget bukan?

Pokoknya pas banget untuk yang suka ber-selfie ria atau bisa juga buat pengambilan foto prewedding.


Di area luar tempat ini pun terdapat penjual makanan dan minuman jadi tidak usah takut kelaparan, ya. Sedangkan di bagian depan (pintu masuk) terdapat gerbang yang terbuat dari batu alami berukuran besar. Musholla dan kamar kecil pun sudah disediakan di sana, jadi tidak perlu khawatir meninggalkan kewajiban lima waktunya.


Menurut cerita yang tersebar, lokasi wisata ini adalah salah satu tempat persemedian Potre Koneng.

Potre Koneng adalah seorang putri cantik dari raja di Sumenep yang menurut cerita dia hidup di abad 13 dan merupakan sosok ibu dari Jokotole.


Tempat wisata ini berada di dusun Kampoeng Toron Samalem, desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura. Letaknya, sekitar 5.5 Km ke bagian utara dari pusat Kota Pamekasan. Untuk sampai ke tempat ini bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Kalau merasa bingung bisa minta petunjuk Google Maps atau bisa juga bertanya pada orang-orang sekitar tempat ini.


Untuk tiket masuk ke tempat ini pun terbilang murah, tidak sampai merogoh kantong terlalu dalam, karena perorang cukup dengan membayar 10 ribu rupiah saja, juga jasa parkir untuk roda dua sebesar 3 ribu dan roda empat sebesar 5 ribu. Setelah itu para pengunjung sudah bisa menikmati keindahan Kampoeng Toron Samalem.


Buka dari jam 07:00 sampai jam 17:00 untuk hari Senin-Sabtu sedangkan untuk hari Minggu sampai jam 18:00.


Namun, saya sarankan jika berkunjung ke sana pakailah Sunblock serta membawa topi yang lebar (topi pantai) karena tempatnya berada di alam terbuka yang sudah pasti sangat terik. Saran lainnya, berkunjunglah di waktu pagi atau sore agar tidak terlalu panas, juga berhati-hatilah jika membawa anak kecil karena tempat ini berada di ketinggian. Tetap utamakan keselamatan juga pengawasan yang ketat untuk anak.


Meski diresmikan pada akhir tahun 2018, tapi sampai saat ini Kampoeng Toron Semalem masih terus dalam perbaikan, untuk menyuguhkan keindahan yang lebih memukau, serta kepuasan untuk para pengunjung. Juga untuk menarik lebih banyak pengunjung baik yang di sekitar Madura ataupun yang di luar daerah.


Menurut bapak Basri sang pengelola, rencana ke depannya di tempat ini juga akan dibangun kolam renang untuk dewasa.

Quote:



Gimana, menarik bukan? Lalu, masih adakah alasan untuk tidak berkunjung ke Madura?


Baiklah, cukup segini dulu perkenalan kita tentang salah satu wisata yang ada di Madura, semoga tulisan ini bermanfaat.

Spoiler for Kampoeng Toron Samalem:



Jika berkenan boleh tekan cendol, rate dan juga sharenya, ya. Terima kasih.

GIF




Referensi: di sini dan di sini

Sumber gambar: di sini dan di sini
laylasyah
bdat
jimy8
jimy8 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.5K
30
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Madura
MaduraKASKUS Official
1.7KThread686Anggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.