bempAvatar border
TS
bemp
10 Jenis Ikan Arwana dari Seluruh Dunia
Ikan arwana adalah jenis ikan yang banyak dicari oleh para pecinta ikan hias. Ini disebabkan karena ikan arwana memiliki warna sisik yang mempesona.

Nama latin dari ikan arwana adalah Scleropages sp, sering juga disebut sebagai ikan naga. Karena sisik-sisik ikan ini menyerupai kulit naga. Berikut ini saya rangkum jenis-jenis ikan arwana dari berbagai dunia.

1. Arwana Merah 

Ikan arwana jenis ini banyak tersebar di berbagai sungai di Kalimantan Barat, terutama di sungai Kapuas dan danau Sentarum yang disebut sebagai habitat dari ikan arwana merah.


Ketika masih muda, warna merah akan nampak pada sirip, bibir dan sungut. Baru setelah dewasa warna merah akan menutupi seluruh tubuhnya.

Arwana merah dikelomopokan menjadi empat jenis/varietes, yaitu Arwana Merah Darah (Blood red), Arwana Merah Orange (Orange Red), Arwana Merah Cabai (Chili Red)dan Arwana Merah Emas (Gold Red).
Ke empat jenis itu lebih sering disebut sebagai Arwana Super Red atau Merah Grade Pertama. Walaupun sebenarnya julukan ini lebih mengarah ke arwana merah darah dan merah cabai.
Sedangkan merah emas dan merah orange sering dianggap sebagai super red namun dengan grade lebih rendah.

2. Arwana Golden/Cross Back/Cross Back Golden



Habitat arwana golden banyak ditemui di beberapa tempat di Malaysia, seperti Trengganu, Perak, Danau Bukit Merah dan Johor.


Untuk arwana jenis ini memiliki banyak sekali julukan. Seperti Malaysia Gold, Golden, Bukit Merah Blue dan Arwana Cross Back. Sesuai namanya, ikan arwana golden memiliki warna emas diseluruh tubuhnya saat dewasa.

Arwana golden dibagi menjadi empat kelompok berasarkan warna dasar sisiknya. Yaitu Purple-Based, Blue-Based, Gold-Based dan Silver-Based.

Ikan arwana golden dengan warna dasar emas memiliki waktu yang lebih cepat untuk mencapai warna emas penuh bila dibandingkan dengan jenis lain.

3. Arwana Golden Red


Arwana golden red merupakan varietes dari ikan Arwana golden. Arwana ini juga disebut sebagai Arwana Golden Indonesia/Indonesia Golden Arwana.

Habitat Arwana Golden Red berada di daerah Pekan Baru, Sumatera. Warna ikan arwana ini berbeda dengan arwana golden, dimana warna emasnya hanya sampai pada baris ke empat sisiknya.

Arwana jenis ini juga mempunyai 3 dasar warna sisik, yaitu emas, biru dan hijau. Arwana ini merupakan jenis yang harganya paling murah di pasaran. Sebagai estimasi, harga Arwana Golden Red dengan panjang 12 cm dihargai 2 juta. Sedangkan Arwana Golden hampir 6x lipatnya dengan ukuran yang sama.

4. Arwana Golden Pino / Arwana Hijau / Green Arwana



Populasinya banyak ditemukan di negara-negara Asia, sperti Indonesia, Thiland, Kamboja, Myanmar dan Malaysia. Keindahan dari jens ikan arwana ini adalah warna hijau sisiknya yang membaluti tubuhnya.

Salah satu ciri Arwana ini dengan jenis lain adalah ukuran kepala dan mulutnya yang lebih besar.

5. Arwana Banjar


Ikan Arwana Banjar berasal dari daerah Pontianak. Di daerah asalnya, ikan ini disebut sebagai ikan siluk sirip merah. Jenis ini di kelompokan ke dalam arwana merah kelas dua.

Meskipun masuk dalam kelas dua, arwana ini tetap memiliki pesonanya sendiri. Warna orange/kuning pada ekor dan siripnya, tetap menarik perhatian para pecinta ikan hias di Indonesia.

Jika dilihat sepintas, ikan Arwana Banjar mirip dengan arwana merah muda. Tak jarang, banyak orang yang terkecoh jika baru pertama kali melihatnya.

6. Arwana Irian /Jardini

Ciri-ciri fisik dari Arwana Irian adalah warna hitam kecokelatan dengan bintik-bintik kuning keemasan pada bagian tengah sisik, kepala (pipi), sirip dan ekornya.

Ada dua jenis Arwana Jardini yaitu Scleropages Jardini yang mempunyai warna dasar gelap dan Scleropages leicharti dengan warna dasar lebih terang.

Habitat asli arwana ini berasal dari Australia, namun sering dijumpai di berbagai perairan di Pulau Irian.

7. Arwana Arapaima Gigas

Ikan arwana Araipama gigas merupakan ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari daerah tropis Amerika Selatan. Panjang arwana ini bisa mencapai 3 meter dengan berat 200 kg.

Namun saat ini sudah sangat jarang ditemukan araipama yang panjangnya lebih dari 2 meter. Hal ini disebabkan penangkapan yang dilakukan oleh penduduk sekitar untuk dikonsumsi.dan diekspor ke negara lain.

Dalam bernafas, ikan ini masuk dalam kategori obligate air breather, yaitu bernafas dengan cara mengambil udara langsung dari atmosfer. Setiap 5-20 menit mereka akan muncul ke permukaan untuk bernafas.

Araipama juga mempunyai lidah panjang (15 cm) saat mereka dewasa. Oleh penduduk setempat, lidah ini dijadikan amplas untuk menghaluskan permukaan kayu.

Ikan ini memiliki kebiasaan menggulung diri membentuk bola dan memasukan tubuhnya ke dalam lubang ketika air disekitar menyusut/kering. Dan akan keluar setelah air kembali naik.

8. Arwana Brazil/Silver

Sesuai namanya arwana ini berasal dari negara Brazil. Namun kamu tidak perlu jauh-jauh kesana karena di Indonesia sudah bisa dibudidayakan dan diperjualbelikan.

Bentuk tubuh dari arwana Brazil sangat berbeda dengan jenis arwana lainnya, di mana ikan ini memiliki tubuh yang panjang, bisa mencapai 50-60 cm. Begitu pula dengan siripnya yang panjangnya mulai dari bagian tengah hingga ujung ekor.

9. Arwana Black Golden

Arwana Black Golden berasal dari negeri Jiran, Malaysia tepatnya di daerah Bukit Merah, Johor, Trengganu dan Perak. Arwana ini termasuk dalam varietes arwana golden.

Sesuai namanya, ikan ini memiliki ciri warna tubuh emas dengan sisik tebal berwarna hitam. Jenis ini harganya lebih mahal dengan jenis lain karena sulit sekali untuk menemukannya.

10. Arwana Afrika


Habitat ikan arwana ini bisa kita temukan di daerah Afrika bagian timur seperti Senegal, Gambia dan Kamerun. Bentuk tubuhnya hampir mirip dengan dengan ikan arwna silver.

Yang membedakan adalah bentuk kepalanya yang lebih kecil dari pada ikan ikan arwana silver.

Spoiler for sumber:



Diubah oleh bemp 30-08-2018 12:10
anasabila
4iinch
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
11.8K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.