Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Bisnis
  • Pembudidayaan Tanaman Buah Menggunakan Media Dalam Pot

tanamanmart1Avatar border
TS
tanamanmart1
Pembudidayaan Tanaman Buah Menggunakan Media Dalam Pot
Tanaman buah yang ditanam menggunakan media dalam pot dikenal dengan istilah tabulampot. Metode ini bisa dikatakan cukup praktis untuk memecahkan kendala dan persoalan mengenai penanaman pohon buah-buahan secara efisien serta efektif. Terlepas dari itu pembudidayaan tanaman dari bibit hingga siap panen bisa dikatakan cukup mudah jika mengikuti langkah yang tepat.

Kendala Lahan Untuk Pohon Buah

Tidak menjadi masalah jika kita berkomitmen untuk mendirikan usaha di bidang Agro Bisnis khususnya buah-buahan, karena lahan sudah kita persiapkan dan perhitungkan. Ketersediaan lahan akan menjadi kendala jika dihadapkan pada keterbatasan lahan, misal keinginan untuk menanam tanaman buah sendiri, akan tetapi tidak mempunyai halaman yang luas. Kasus lainnya memiliki halaman tapi beralaskan semen, serta banyak lagi kendala yang tidak memungkinkan untuk menanam sendiri tanaman buah.

Tabulampot Solusi Keterbatasan Lahan memiliki banyak kelebihan

Keterbatasan lahan / tidak memungkinkannya lahan untuk ditanami tanaman buah seringkali menjadi kendala untuk bisa memiliki pohon buah favorit yang kita inginkan. Tabulampot dikembangkan untuk memecahkan masalah utama keterbatasan lahan. Tabulampot sendiri memiliki kelebihan lain jika dibandingkan tanaman buah konvensional diantaranya :
  • Sebagai tanaman hias (Ornamental plant) => memiliki nilai estetika / keindahan yang tinggi, baik dari segi bentuk dan warna akan mempercantik halaman maupun dekorasi interior sebuah gedung dan rumah.
  • Mudah di pindah-pindah (fleksibel) => akar dari tabulampot tidak berada di dalam tanah, melainkan pada media (umumnya pot dan polybag) sehingga untuk memindahkannya hanya perlu mengangkat dan menggesernya saja.
  • Mudah mengatur masa panen dan berbuah => pengaturan ang dimaksud adalah mempercepat tabulampot berbuah, meningkatkan intensitas panen hingga dalam setahun mampu berbuah beberapa kali.


Manfaat Tabulampot
  • Sebagai benteng pertahanan dari polusi udara serta produksi oksigen
  • Menurunkan suhu dan temperatur udara
  • Sebagai sumber pangan dan obat-obatan
  • Rekreasi murah, Obat stress dan depresi


Kriteria dan Jenis Tanaman Buah Dalam Pot
Hingga saat ini secara terus-menerus tabulampot dikembangkan dan di sosialisasikan. Pengembangan dimaksudkan agar semua jenis buah-buahan dapat berbuah dengan baik ketika menggunakan media pot, sama baiknya seperti jika tanaman tersebut di tanam pada tanah. Perkembangaaan yang sudah dicapai saat ini meliputi tiga penggolongan tabulampot secara umum, diantaranya :
  1. Tabulampot mudah berbuah
    kriteria tanaman buah yang mudah berbuah adalah jika intensitas berbuahnya sama atau bahkan melebihi tanaman buah tersebut jika di tanam seperti biasa. Kriteria ini meliputi sawo, belimbing, jeruk, mangga, jambu air, dan jambu biji.
  2. Tabulampot sulit berbuah
    Pada kriteria ini tanaman buah mampu berbuah akan tetapi sangat sulit tidak seperti jika di tanam dalam tanah. Tingkat keberhasilan golongan tabulampot ini tidak semudah kriteria sebelumnya. Contoh tanaman buah yang sulit berbuah dalam pot diantaranya rambutan, lengkeng, manggis, duku dan jambu monyet.
  3. Tabulampot belum bisa berbuah
    Yang termasuk dalam kriteria ini adalah meskipun dapat tumbuh dengan baik dalam pot tetapi masih belum bisa berbuah. Penelitian dan pengembangan terus dilakukan untuk mencari cara agar tabulampot kriteria belum bisa berbuah menjadi mampu berbuah. Contoh yang masih belum bisa berbuah adalah durian dan alpukat dikarenakan akar dari keduanya tidak fleksibel dalam pot.


Langkah penanaman tanaman buah dalam pot

  • Menyiapkan dan memilih bibit tanaman buah
  • Penentuan media tanam
  • Pemilihan pot
  • Penanaman bibit tanaman buah ke dalam pot


Perawatan Tabulampot

Untuk menjaga kesehatan dan kelangsungan hidup tanaman buah yang di tanam dalam pot dibutuhkan perawatan secara konsisten. Perawatan yang dimaksud juga bertujuan menjaga agar tabulampot dapat berbuah lebat. Perawatan tersebut meliputi penyiraman, pemangkasan, pemupukan, pengendalian hama dan penggantian pot, dijelaskan sebagai berikut:
  • Penyiraman dan sinar matahari
  • Pemangkasan batang, daun dan akar
  • Pemupukan Tanaman
  • Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman


Info lengkap
http://tanamanmart.com/tabulampot-ta...buah-dalam-pot
http://tanamanmart.com/
0
1.9K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
69.9KThread11.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.