Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

Ā© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Liburan Anti Boros. Yuk, Ikuti 5 Cara Cermat Berbelanja Saat Liburan Berikut Ini!

kenzie16465Avatar border
TS
kenzie16465
Liburan Anti Boros. Yuk, Ikuti 5 Cara Cermat Berbelanja Saat Liburan Berikut Ini!

Foto: Pexels/bruce mars







Liburan menjadi salah satu momen yang tepat untuk melepas semua tekanan dari rutinitas sehari-hari. Banyak orang menggunakan momen ini untuk mengurangi rasa stres dengan melakukan aktivitas di luar rutinitas yang menyita waktu.

Momen liburan sering dijadikan ajang untuk melakukan kegiatan yang disukai. Termasuk shopping! Berbelanja membeli suatu barang baik itu kebutuhan primer maupun sekunder. Ketika melakukan traveling, orang sering kali kalap dalam berbelanja. Alih-alih membeli barang seperlunya, melainkan membeli semua barang yang menarik perhatian. Alhasil, kamu menjadi boros saat liburan.

Pertanyaannya, apakah bisa liburan anti boros? Jawabannya, bisa kok. Asalkan kamu mengikuti 5 cara cermat berbelanja saat liburan berikut ini.




1. Buat limit budget pengeluaran untuk liburan


Foto: Lifepal.co.id


Sebelum kamu berangkat traveling atau liburan, pastikan kamu sudah membuat limit badget yang akan kamu gunakan. Misalnya badget untuk penginapan, transportasi, makan, jajan dan oleh-oleh. Cara ini dilakukan untuk menghindari over budget dan merupakan langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum berangkat liburan jika kamu ingin liburan anti boros.




2. Buat daftar barang yang ingin kamu beli


Foto: Smallbusiness.co.uk


Sebelum kamu pergi liburan atau ke tempat perbelanjaan, catat dulu barang apa saja yang ingin kamu beli. Tulis secara detail apa yang kamu cari dan kamu butuhkan. Jangan lupa membawa catatan tersebut saat kamu belanja oleh-oleh. Dengan begini, kamu akan lebih fokus ke barang yang kamu incar, bukan tergoda dengan barang-barang lainnya.




3. Belanja sesuai dengan kebutuhan


Foto: Unsplash/freestocks.org


Jika kamu ingin liburan anti boros, coba mulai sekarang belajar untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Memang sih, semua barang yang kamu lihat di tempat baru akan terlihat lebih bagus. Tapi setelah dipikir-pikir, kamu beneran butuh nggak? Sebelum membeli, lebih baik pikirkan dulu secara matang. Apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau hanya sekedar lapar mata?




4. Beli oleh-oleh sewajarnya saja


Foto: Japantrips.co


Salah satu penyebab pemborosan saat liburan adalah kalap ketika berbelanja oleh-oleh. Rasanya, liburan terasa kurang lengkap jika tidak berbelanja oleh-oleh. Apalagi kamu liburan ke daerah yang terkenal dengan keunikan barang dan kulinernya.

Hemat bukan berarti pelit, ya! Beli oleh-oleh boleh saja, asalkan dengan jumlah sewajarnya. Cukup beli untuk keluarga dekat, sahabat, dan orang-orang terdekatmu. Supaya kamu bisa lebih hemat, belilah oleh-oleh yang bisa dinikmati rame-rame, bukan yang satuan.




5. Jangan lewatkan promo


Foto: Pexels/Artem Beliaikin


Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, banyak aplikasi yang menawarkan promo-promo menarik. Misal, ada diskon jika kamu berbelanja menggunakan dompet digital, atau situs booking hotel dan tiket yang menawarkan berbagai macam promo jika memesan lewat aplikasinya. Nah, promo-promo ini jangan sampai kamu lewatkan jika menginginkan liburan hemat. Tapi ingat, kamu harus cermat menghitung dan memanfaatkan promonya, ya!




Itulah 5 cara yang bisa kamu ikuti jika ingin liburan anti boros. Dengan cara diatas, kamu akan tetap bisa liburan meski dengan budget yang minim. Yuk, liburan!


Spoiler for TS:



šŸ”„ 4 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Penggunaan Smartphone Saat Traveling





šŸ”„ Hobi Traveling? Ini 6 Tips Jitu Agar Traveling di Musim Hujan Tetap Seru Dan Berkesan





šŸ”„ 3 Risiko Liburan Bersama Pasangan Saat Kondisi Tidak Memungkinkan. Apa saja, ya?



anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
937
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThreadā€¢83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.