• Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • Di Indonesia Anak Disuruh Belajar Hingga Stres, Di Korea Selatan Justru Kebalikannya

Riyan1971Avatar border
TS
Riyan1971
Di Indonesia Anak Disuruh Belajar Hingga Stres, Di Korea Selatan Justru Kebalikannya

Pendidikan merupakan menjadi masalah penting di negri ini. Banyak orang tua yang menginginkan anaknya menjadi orang yang pitar. Sehingga mereka memaksa anak-anaknya untuk ambil les setelah pulang sekolah. Padahal anak tersebut sudah hampir seharian belajar di sekolah, belum PR dan tugas yang harus mereka kerjakan ketika sampai di rumah. Jadi wajar anak-anak Indonesia banyak yang memilih tidur atau main game ketika sampai rumah.


www.wowtribunnews.com

Berbeda dengan Indonesia, Korea Selatan justru melarang anak-anak sekolahan untuk belajar ketika sudah pulang sekolah. Hal ini diimbau oleh pemerintahnya dengan harapan anak-anak tidak stres. Bahkan ada program khusus yang dilakukan pemerintah dengan pihak kemanan untuk mensweeping anak-anak yang masih belajar diatas jam 10 malam. Mantap.


www.idntimes.com

Memang terdengar aneh bagi kita, tapi budaya giat membaca dan giat belajar memang sudah menjadi kebiasaan bagi warga Korea Selatan. Orang tua mereka memang sudah menanamkan kebiasaan belajar sejak mereka kecil. Bahkan mereka rela tidak pulang ke rumah dan memilih tinggal di sekolah agar tidak kena sweeping di rumah. Hal ini diketahui ketika dilakukan sweeping di sekolahan, terkadang ditemukan beberapa siswa yang masih ada di sana.


www.bombastis.com

Terbukti, apa yang mereka lakukan itu berhasil mengalahkan anak-anak sekolah di Amerika Serikat dalam pendidikan. Dan itu merupakan salah satu alasan kenapa Korea Selatan bisa menjadi negara maju seperti sekarang. Walau begitu tidak semua anak-anak di Korea Selatan memiliki kebiasaan giat belajar. Ada juga anak-anak yang tidur ketika gurunya menerangkan. 


www.merdeka.com

Sungguh berbanding terbalik bukan antara budaya belajar kita dengan budaya belajar anak-anak Korea Selatan. Wajar bila kita masih sangat tertinggal dalam pembangunan dan pendidikan. Dan jangan berharap bisa menjadi negara maju kalau disuruh belajarpun susah. Dan wajar kalau kita kalah dalam persaingan sumber daya manusia dengan Korea Selatan.

Tapi bukan berarti kita harus meniru Korea Selatan, kita bisa juga meniru negara-negara maju lainnya yang mampu memberikan pendidikan kepada anak-anak tanpa harus membuat mereka stres. 

Sebenarnya selain takut para anak-anak stres, pemerintah Korea Selatan juga takut pertumbuhan ekonomi akan stagnan bila anak-anak hanya menyukai pelajaran saja.

Jadi bisa disimpulkan, bahwa rajin belajar itu bisa bagus bisa juga engga hehe.

Source: TIME dan opini penulis 
kudanil.la
dalledalminto
dalledalminto dan kudanil.la memberi reputasi
2
1.7K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.