Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Bisnis
  • Apa yang bisa dipelajari dari Revina VT menguak tuntas Kasus Pelecehan Selebgram.

lynna123Avatar border
TS
lynna123
Apa yang bisa dipelajari dari Revina VT menguak tuntas Kasus Pelecehan Selebgram.
 Baru kemarin kasus Reinhard membuat Netizen Indonesia huru-hara, saat ini netizen dihadapi dengan investigasi Revina VT, seorang selebgram yang menguak identitas Dedy Susanto, self-proclaimed psikolog. Awal mula kasus ini berasal dari kekepoan Revina atas asal usul Dedy yang random untuk seorang Psikolog, lalu kasus ini bermuara menjadi banyaknya wanita yang melapor via DM ke Revina, bahwa mereka menjadi korban pelecehan. 

Seluruh Post dan Story Profil Instagram Revina VT didedikasikan untuk menguak Dedy Susanto. Post yang mendapat most engagement (likes and comments) dari profil Revina yaitu kumpulan foto yang berisi curhatan korban pelecehan Dedy. 

Apa yang bisa dipelajari dari Revina VT menguak tuntas Kasus Pelecehan Selebgram.

Photo 1: menunjukkan Top Post dari profil Instagram Revina VT. Post no.1 kumpulan cerita para korban. Data diolah dari Analisa.io

Apa yang bisa dipelajari dari Revina VT menguak tuntas Kasus Pelecehan Selebgram.

Photo 2: Menunjukkan waktu dan tanggal dimana profil Revina meraih banyak engagement. Waktu ini terjadi saat postingan korban pelecehan diunggah Revina VT. Data diolah dari Analisa.io


Banyaknya engagement Revina VT karena kasus penipuan Dedy Susanto, menandakan bahwa kasus ini sudah merugikan banyak orang dan publik menutut Dedy dihukum. Lalu, apa saja hikmah yang bisa diambil dari kasus ini?


 1.   Awareness netizen Indonesia tentang pelecehan meningkat

Kasus Reynhard di Inggris dan Dedy saat ini, membuat tingkat kepedulian netizen Indonesia tentang pelecehan meningkat. Hampir semua orang bersatu untuk menyerukan hukuman kepada pelaku, hingga beberapa Profil Instagram membuka platform khusus pengaduan pelecehan seksual secara independen.

 2.   Profil  verified tidak menjamin status seseorang

Meskipun seseorang telah memiliki status ‘verified’ di profilnya, hal itu tidak akan menjamin jati diri seseorang. Selain itu, menambahkan tanda ‘verified’ di sebuah profil cukup mudah dan tidak perlu menjadi seseorang yang terkenal.
Pelajaran untuk netizen yaitu jangan mudah mempercayai profil seseorang yang telah verified dan tidak lupa  melacak track record nya untuk berjaga-jaga. 


 3.   Minimnya awareness netizen tentang ilmu Psikologi 

Apa yang dilakukan Dedy menandakan ilmu Psikologi di Indonesia masih dianggap sebelah mata. Banyak orang mengandalkan internet untuk self-diagnose apa yang dialaminya. Di sisi lain, Dedy memanfaatkan ketidaktahuan orang terhadap ilmu kompleks ini.
Banyaknya korban Dedy yang berjatuhan merupakan salah satu contoh akibat ketidaktahuan netizen Indonesia. Semoga di lain kesempatan, netizen tidak ragu untuk langsung berkonsultasi dengan pakarnya. 


 4.   Perlu seseorang yang kuat untuk melawan yang kuat

Masih banyak orang yang tidak berani mengakui kasus pelecehan yang terjadi di dirinya, apalagi pelakunya seseorang yang terkenal. Untuk menangani kasus ini, memang membutuhkan orang yang sama kuatnya dan memiliki banyak power dan followers untuk membawa ke ranah hukum.
Melihat apa yang dihadapi Revina saat ini, seorang selebgram harusnya bisa bertugas untuk memberikan ‘ruang’ bagi orang yang membutuhkan. Kekuatan seorang Selebgram sama besar pengaruhnya dengan orang-orang penting lainnya. Tidak hanya engagement saja yang bertambah, kepercayaan public juga menguat terhadap status ‘selebgram’ yang masih sering dianggap sebelah mata.

Semoga kasus Revina VT melawan Dedy Susanto bisa menimbulkan lebih banyak awareness untuk saling membantu korban pelecehan, saling mengedukasi tentang ilmu supaya tidak banyak orang yang tertipu, dan lebih berhati-hati untuk memercayai seseorang dari social media meskipun Profil Sosial Medianya telah verified sekalipun.


Mengakhiri artikel ini, untuk mengetahui perkembangan seberapa banyak orang yang mengawal kasus ini, anda bisa mengetik nama Instagram Profil RevinaVT, Dedy Susanto, dan segelintir orang yang berada di kasus ini via Analisa.io

Analisa.io adalah Instagram Analytic Tools yang berfungsi merekam Engagement Rate sebuah profil Instagram.  Data dari Analisa.io menampilkan seberapa banyak users yang menyukai atau memberi komentar ke post di dalam Profil Instagram dan dikelompokan dari segi umur, jenis kelamin, domisili, dan keaslian profil yang menjadi followers dari sebuah akun.
 
KlikAnalisa.io untuk mencoba menganalisa akun anda secara gratis












Diubah oleh lynna123 17-02-2020 11:19
bukan.bomat
bukan.bomat memberi reputasi
1
2.5K
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
70KThread11.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.