Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Cara Ngerawat Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

Selain cara berkendara, yang menjadi faktor peforma mobil tetap oke adalah perawatan secara berkala. Perawatan berkala juga akan membuat mesin menjadi lebih awet. Kalau mesin dan peforma oke, otomatis jika mobil mau dijual, harganya juga akan tinggi. Agan dan Sista setuju dengan pernyataan diatas? emoticon-Bingung

Berarti harus sering – sering ke bengkel donk Gan buat perawatan mobil?

Gak juga sih GanSis, kalian juga bisa kok ngecek sendiri kondisi mobil di rumah. Kalau emang ada masalah serius, baru ke bengkel jadi solusinya.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa Agan dan Sista cek di rumah tanpa harus membawa mobil ke bengkel:

Cek volume oli mesin

Cara Ngerawat Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

Pengecekan volume oli mesin bisa dilakukan dengan cara melihat ketinggian di antara batas minimum dan maksimum pada dipstik oli. Dari sini kalian akan bisa mengetahui kondisi oli di mesin mobil kalian. Jangan sampai kekurangan oli GanSis, soalnya nanti akan berpengaruh ke pada peforma mesin dan apes – apesnya bisa bikin mesin jadi rusak.

Periksa power steering

Untuk kendaraan yang menggunakan power steering hidraulik, bisa ngecek minyak power steering dengan cara melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungan minya power steering. O iyah GanSis, selalu pastikan roda depan mobil berada dalam posisi lurus, pada saat sebelum mematikan mesin. Ini bertujuan supaya kinerja power steering tetap optimal. Sama satu lagi GanSis, gunakan minyak power steering yang direkomendasikan.

Cek Pengereman

Kalau untuk pengereman, yang musti di cek adalah kondisi minyak rem GanSis. Pastikan ketinggiannya ada pada batas maksimum. Apabila posisi minyak rem ada dibawah batas minimum dan lampu indikator rem nyala, maka segeralah untuk menghubungi bengkel (kalau bisa bengkel resmi GanSis).

Cek kondisi aki

Buat pengguna aki basah, cek ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara lower level dan upper level. Agar aki tetap berfungsi dengan optimal, isilah air aki secara berkala. 

Periksa ketinggian air radiator coolant

Cara Ngerawat Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

Pastikan air radiator mobil Agan dan Sista berada pada batas ketinggian maksimum. Soalnya apabila air radiator kurang, maka akan membuat mobil cepat overheat. FYI, jangan gunakan air tanah untuk radiator GanSis, soalnya air tanah punya pH cukup tinggi dan gak baik untuk mesin nantinya. Kalau mau aman sih gunakan radiator coolant aja GanSis.



ewaneyla99
nona212
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread16.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.