Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 10 Manfaat Lumut Bagi Dunia Medis Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

naftalena007Avatar border
TS
naftalena007
10 Manfaat Lumut Bagi Dunia Medis Yang Mungkin Belum Anda Ketahui
10 Manfaat Lumut Bagi Dunia Medis Yang Mungkin Belum Anda Ketahui
link

10 Manfaat Lumut Bagi Dunia Medis Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Haloo agan-agan dan sista semuanya, ada ilmu baru nih yang mau ane share ke kalian semua yakni mengenai manfaat lumut bagi kehidupan manusia. Ternyata lumut memiliki segudang manfaat lo gan, yuk kita simak bersama sama.

Eeiitss sebelum kalian menyimak ilmu yang mau saya bagikan jangan lupa menyediakan secangkir kopi di meja anda, karena kopi mengandung senyawa yang bernama kafein yang dapat membuat tubuh menjadi fit dan ber energi sehingga kalian tidak mudah capek dan mengantuk.

Berikut Ini Manfaat Lumut yang Jarang Diketahui Orang

1. Sebagai obat bius
rhodobryum giganteum adalah jenis lumut yang bisa digunakan sebagai obat bius gan, jika kalian sedang tersesat di hutan dan mengalami luka yang parah sedangkan tidak ada obat bius, kalian bisa menggunakan lumut jenis rhodobryum giganteum sebagai obat bius.

Berikut ini adalah penampakan wujut dari lumut rhodobryum giganteum yang bisa kalian gunakan sebagai bius alami.

Spoiler for lumut untuk obat bius:


2. Obat darah tinggi
Jenis lumut yang digunakan sebagai obat hipertensi yakni Lumut hati atau bahasa keren nya Marchantiophyta (Hepaticophyta). Lumut hati bisa kita jumpai di bebatuan, tanah, atau daerah yang lembab gan.

Berikut ini adalah wujud dari lumut hati atau Marchantiophyta (Hepaticophyta) yang bisa digunakan sebagai obat darah tinggi.

Spoiler for lumut hati:


3. Penawar Bisa Ular
Ternyata lumut juga dapat digunakan sebagai penawar bisa ular loh gan, akan tetapi tidak semua jenis lumut dapat digunakan sebagai penawar racun ular. Jenis lumut yang dapat digunakan sebagai penawar bisa ular adalah marchantia polymorpha.

Marchantia polymorpha merupakan tanaman sederhana yang unik loh gan karena marchantia polymorpha tidak memiliki akar layaknya lumut lainnya, di daerah agan dan sista ada nggak lumut jenis ini? Berikut wujud dari lumut marchantia polymorpha.

Spoiler for lumut penawar bisa ular:


4. Obat luka Bakar
Lumut ternyata dapat digunakan sebagai obat luka bakar loh gan, jenis lumut yang digunakan sebagai obat luka bakar yaitu lumut canocphalum.

5. Penyakit Jantung
cratoneuron adalah jenis lumut yang dapat digunakan sebagai obat penyakit jantung, lumut yang satu ini nih gan dapat menormalkan detak jantung loh, sehingga bagi agan yang memiliki penyakit jantung bisa normal dan sembuh kembali

Berikut ini adalah wujud dari lumut cratoneuron yang perlu anda ketahui

Spoiler for obat jantung:


6. Obat antiseptik
Obat anti septi biasanya terdapat pada tanaman daun sirih, kayu putih dan daun jambu biji, akan tetapi ada juga loh jenis lumut yang mengandung antiseptik, jenis lumut tersebut yakni frullania tamaricis.


Frullania tamaricis merupakan jenis lumut yang berwana gelap sampai kehitaman dan menempel pada kayu ataupun batu yang lembab.

Berikut ini adalah wujud dari lumut frullania tamaricis yang dapat kita gunakan sebagai obat antiseptik.

Spoiler for lumut frullania tamaricis:


7. Penyakit kulit
Lumut ternyata sudah digunakanan oleh nenek moyang kita terdahulu untuk mengobati penyakit kulit gan, hal tersebut sudah dilakukan pertama kali oleh bangsa china untuk mengatasi penyakit kulit. Ingat gan penyakit kulit ya bukan penyakit corona hehehe

8. Bahan pembuatan pembalut
Pasti kalian penasaran kan kok bisa lumut bisa digunakan sebagai bahan pembuatan pembalut.

spagnhum merupakan jenis lumut yang dapat digunakan untuk membuat pembalut karena sifat nya yang mirip dengan spons yaitu dapat menyerap air dengan baik. Berikut ini adalah wujud dari lumut spagnhum.

Spoiler for lumut pembalut:


9. Menyuburkan rambut
Lumut jenis fissidens japonicum dapat digunakan untuk menyuburkan rambut gan, berikut ini penampakan lumut fissidens japonicum 

Spoiler for lumut untuk menyuburkan rambut:


10. Obat hepatitis
marchantia polymorpha jenis lumut yang dapat digunakan untuk mebgobati hepatitis, berikut ini adalah bentuk dari lumut marchantia polymorpha.

Spoiler for lumut penyembuh hepatitis:


Nah itu tadi beberapa jenis lumut yang dapat kalian gunakan untuk menyembuhkan penyakit, kalian pernah berjumpa dengan wujud lumut yang nomer berapa gan??

SUMBER : 12 3 4 5 6 7
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3.1K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.