• Beranda
  • ...
  • Sista
  • Love-Bombing: Ketika Pasangan Perhatian Berlebih

w.whiteAvatar border
TS
w.white
Love-Bombing: Ketika Pasangan Perhatian Berlebih

Kekasihmu perhatian dan melayangkan kata-kata indah secara terus-menerus tanpa jeda? Apakah seiring berjalannya hubungan, perilaku kekasih semakin destruktif terhadapmu? Waspada, mungkin saja kamu sudah terkena sasaran love-bombing dari sang pacar. Agar kamu tidak tertipu, mari kita bahas bersama-sama mengenai love-bombing. 
 
Apa itu love-bombing?
 
Love-bombing merupakan istilah yang pertama kali dikenal di Amerika Serikat dan dipopulerkan oleh Jim Jones dan David Koresh, pemimpin sekte yang kontroversial pada tahun 1970-an. Pemimpin sekte tersebut menggunakan love-bombing sebagai salah satu taktik mengontrol para pengikut mereka. Sampai akhirnya, istilah tersebut dikenal luas dan dalam keilmuan psikologi diartikan sebagai ungkapan kasih sayang yang manipulatif dan eksploitatif.
 
Berikut ini beberapa tkamu-tkamu perilaku yang kerap ditunjukkan oleh seorang love-bomber:

Hubungan Kamu dengannya Berjalan Terlalu Cepat



Sikap ini bisa Kamu amati sejak awal pendekatan dengan pasangan. Seorang yang tulus ingin berhubungan jangka panjang seharusnya paham bahwa membangun relasi yang sehat membutuhkan usaha yang seimbang dari kedua belah pihak. Usaha itu termasuk menghargai batasan dan pendapat pasangan, juga bersedia memberi ruang untuk mengembangkan diri masing-masing di luar hubungan.
Berbeda dengan orang yang ngareplove-bomber justru lebih dari sekadar ngarep. Mereka bersikap abusive, melancarkan aksi agar Kamu yang bersikap ngarep dan bergantung padanya. 

Sering Memberikan Pujian dan Hadiah dengan Frekuensi Berlebihan
Seorang love-bomber memberi pujian dan hadiah sebagai cara untuk mendapatkan sesuatu dari pasangan demi kepentingan pribadi. Sebelum hubungan berjalan dalam waktu yang lama pun, love-bomber tidak segan untuk mendeklarasikan bahwa mereka berhak mendapatkan pemuasan dari Kamu baik dari segi finansial, seks, perhatian, maupun demi mendapatkan networking dengan orang-orang penting yang Kamu kenal. Apabila Kamu tidak mampu memenuhi kebutuhan tersebut, mereka akan mengancam untuk meninggalkan Kamu.

Love-Bomber ingin Kamu Berpikir Bahwa Mereka Adalah Pasangan Terbaik yang Pernah Kamu Temukan
Berbagai suntikan perhatian, pujian, hadiah, dan bantuan yang diberikan semata-mata dilakukan oleh love-bomber agar Kamu ketagihan. Seorang love-bomber tidak ingin siapa pun mengalahkan dan melebihi dirinya. Mereka membuat Kamu bergantung penuh padanya sehingga berpikir bahwa di antara orang yang pernah Kamu cintai, hanya merekalah sosok pasangan terbaik.

Saat Kamu Berada dalam Situasi Sulit, Love-Bomber Hadir Seolah Ingin Menjadi Penyelamat



Pasangan yang tulus mengulurkan pertolongan, tidak akan pamrih dan mengungkit-ungkit bantuannya pada Kamu. Sebaliknya, love-bomber memberi bantuan dan bersikap baik didasarkan oleh motif agar Kamu mau menuruti segala permintaannya setelah dibantu olehnya.
Mengapa demikian? Karena ia kurang dapat berempati sehingga tidak mampu mengidentifikasi dan memahami pikiran, perasaan dan kebutuhan orang lain.

Sikapnya Terhadap Kamu Sangat Baik, Tetapi Dia Bisa Memperlakukan Orang lain Secara Tidak Baik
Love-bomber memperlakukan target yang menjadi pasangannya secara manis dan cenderung berlebihan. Mereka mungkin saja rutin menanyakan kabar Kamu via pesan teks, menelepon Kamu setiap jam dan lebih sering mengutarakan perkataan manis daripada meledek. Namun, di luar hubungannya bersama Kamu, love-bomber justru dapat memperlakukan orang lain secara kurang pantas. Mereka cenderung bertindak kasar dan semena-mena terhadap orang-orang yang derajatnya lebih rendah daripada mereka.
 

 
Mau kangen-kangenan bareng si dia, mumpung ada festival yang bisa ngasih kamu tiket gratis. Yuk, ikuti challenge #PakePerasaan di TikTok sekarang dan dapetin 36 TIKET LOVEFEST GRATIS serta hadiah merchandise menarik lainnya! Buat video meme bertema cinta di TikTok-> post dengan hashtag #PakePerasaan-> Repost ke IG kamu dan tag @tiktokofficialindonesia ya! Buruan ikutan sekarang, cek info lengkapnya di aplikasi TikTok!

Diubah oleh w.white 18-02-2020 14:40
ceuhetty
Gimi96
tien212700
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
SistaKASKUS Official
3.9KThread7.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.