Aboeyy
TS
Aboeyy
Aneh Tapi Nyata, Mobil Terbakar Gegara Buka Pintu Saat Ngisi BBM



Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) adalah tempat yang rawan dan rentan terhadap kebakaran. Sebab di sana terdapat berbagai jenis bahan bakar cair yang mudah terbakar.

Karena itu, pada setiap SPBU biasanya ada peringatan dan larangan menggunakan HP, kamera, menghidupkan mesin / kontak, merokok, dan sebagainya saat pengisian bahan bakar, atau saat berada di areal SPBU. Selain itu, SPBU juga selalu menyediakan alat pemadam api atau Fire Extinguisher.

Meski kasus kebakaran akibat HP sangat langka terjadi, bahkan ada yang membantah hal tersebut, pihak SPBU tetap waspada dan hati-hati dengan mengantisipasi kemungkinan terkecil sekalipun.

Misalnya, Federal Communications Commission (FCC) mengatakan penggunaan HP aman-aman saja di SPBU, dan tak ada bukti bahwa sinyal HP dapat memicu kebakaran.

Namun FCC tidak membantah kemungkinan terjadinya hal itu, jika terjadi percikan api dari baterai ponsel yang menyambar uap gas dari BBM. Kemungkinan hal ini pun sangat kecil terjadi.

Lalu, bagaimana mungkin dapat terjadi, hanya gegara membuka pintu mobil saat pengisian bahan bakar, bisa terjadi kebakaran?

Seperti yamg diperlihatkan dalam sebuah video yang diupload oleh akun Youtube Magnum Force, sebuah mobil Pick Up terbakar. Api tiba-tiba saja menyala dari ujung selang pengisi BBM, terus menyambar ke bagian pintu mobil dan dispenser SPBU.



Meski tak ada korban jiwa dan kerusakan parah dari kebakaran yang tidak dijelaskan waktu dan tempatnya ini, karena kesigapan petugas memadamkan api, namun banyak pihak yang heran dan merasa aneh.

Dari mana datangnya api tersebut? Tuh di sana saat itu tak ada yang menggunakan HP, menghidupkan mesin, merokok dan sebagainya.

Kalau menurut situs Cartoq, penyebab kebakaran itu adalah listrik statis yang tercipta dari mobil itu sendiri, misalnya karena panas akibat gesekan ban dan aspal ketika mobil berjalan.

Bisa juga listrik statis dari tubuh sang pengemudi yang tercipta ketika mobil melaju. Karena itu, ketika pengemudi membuka pintu dan kakinya menjuntai (tidak menyentuh tanah), maka listrik statis dalam tubuhnya itu langsung menyambar uap gas BBM, sehingga terjadi kebakaran.

Andai dia langsung turun dan menginjak tanah, maka listrik statis di tubuhnya itu akan netral.

Atas dasar ini, maka menurut Cartoq, seharusnya pengemudi tidak membuka pintu mobil, atau langsung turun menginjak tanah saat pengisian bahan bakar.

Kalau menurut Ane nih, penyebabnya bukan listrik statis seperti yabg dijelaskan Cartoq tersebut, melainkan karena kunci kontak mobil masin on, meski mesin mati. Sehingga ada aliran listrik dari aki mobil yang mungkin korslet di badan mobil, lalu menimbulkan percikan api.

Listrik statis itu setahu Ane sangat rendah voltasenya, sehingga agak mustahil bisa menimbulkan percikan api, dan menyambar gas BBM yang posisinya lebih dari 1 meter dari tubuh yang menjadi sumber listrik statis tersebut.

Karena itu, menurut Ane perlu penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan penyebab kebakaran tersebut. Atau perlu diadakan eksprimen tentang kemungkinan listrik statis bisa menyebabkan kebakaran.

Lalu bagaimana pendapat GanSis semua? Silakan tinggalkan komentar di bawah ini.(*)
***
Ref 1, Ref 2.
Diubah oleh Aboeyy 24-02-2020 08:50
anasabilasebelahblog4iinch
4iinch dan 22 lainnya memberi reputasi
21
11.6K
92
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.