• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tak Hanya Mengusir Stres, Ini 5 Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Mental

kenzie16465Avatar border
TS
kenzie16465
Tak Hanya Mengusir Stres, Ini 5 Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Mental

Foto: Idntimes.com







Liburan alias travelingmenjadi salah satu aktivitas paling ampuh untuk menyegarkan pikiran ketika stres dan mengurangi rasa jenuh dari rutinitas sehari-hari. Tak hanya ampuh mengurangi stres, kegiatan traveling juga membawa manfaat untuk kesehatan mental.

Bagi kamu yang sudah menghabiskan berjam-jam seriap hari dalam seminggu untuk bekerja, cobalah memberi kesempatan untuk diri sendiri menikmati liburan sejenak. Berlibur memberikan kesempatan bagi dirimu untuk melakukan sesuatu yang kamu gemari. Selain itu, kegiatan traveling bisa membawa manfaat baik bagi kesehatan mental, lho. Mau tau apa saja itu? Simak ulasan berikut ini!




1. Kegiatan traveling memberikan kepuasan dan rasa bahagia


Foto: Bisniswisata.co.id


Dari kegiatan travelingatau liburan, kamu akan mendapatkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Kamu juga tidak akan dihadapkan pada tekanan rutinitas sehari-hari ketika menikmati waktu liburan. Semua ini membuat kamu mendapatkan kepuasan dan rasa bahagia. Bahkan, tak hanya saat liburan saja. Emosi positif ini dapat bertahan hingga berminggu-minggu kemudian. Alhasil, kesehatan mentalmu akan jauh lebih baik.


2. Membuat kamu lebih bersemangat


Foto: TabloidBintang.com


Kegiatan travelingbisa membuatmu mengalami peningkatan kualitas tidur dan mood. Sehingga kamu akan lebih bersemangat, jarang mengeluh, dan mengalami peningkatan dalam berpikir. Hal positif ini dapat bertahan hingga 5 minggu kemudian. Apalagi jika kamu bisa menghabiskan banyak waktu untuk dirimu sendiri selama liburan.


3. Dengan traveling, kreatifitasmu akan meningkat


Foto: Podia.com


Selama traveling, kamu akan menjumpai banyak sekali hal baru yang belum pernah kamu jumpai, seperti orang-orang baru, budaya yang berbeda, bahasa yang berbeda, hingga makanan yang belum pernah kamu coba. Semua ini akan memberikanmu pengalaman baru sehingga kamu memiliki wawasan yang luas dan beragam. Wawasan luas yang berasal dari pengalaman liburan inilah yang akhirnya akan memunculkan inspirasi-inspirasi baru, sehingga kamu akan menjadi lebih kreatif.


4. Kegiatan travelingmembuatmu lebih produktif


Foto: Yukpiknik.com


Stres dari pekerjaan dan rutinitas sehari-hari dapat menghambat kinerja otak. Akibatnya, kamu akan kesulitan untuk fokus dan produktifitasmu akan menurun. Nah, kegiatan travelingini bisa mengurangi stres yang kamu miliki. Sehingga, kamu akan lebih produktif saat bekerja. Selain itu, traveling juga akan membuatmu lebih kreatif dan tentunya itu akan berdampak baik pada pekerjaanmu.


5. Menurunkan risiko depresi dan gangguan kecemasan


Foto: HotelsCombined.com


Kegiatan travelingmenjauhkanmu dari orang-orang dan aktivitas penyebab stres. Sehingga, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mental, seperti mengurangi risiko depresi dan gangguan kecemasan. Tidak harus berlibur panjang untuk bisa memperoleh manfaat ini. Kamu bisa liburan selama dua hari saja sudah dapat menurunkan hormon stres dan membuat pikiran kembali fresh.




Itulah 5 manfaat liburan bagi kesehatan mental. Ternyata, selain untuk mengurangi stres, liburan juga membawa banyak manfaat, ya? Oleh karena itu, jangan ragu kalau mau liburan, ya! Banyak manfaatnya, lho.
Selamat liburan!


Spoiler for TS:



🔥 4 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Penggunaan Smartphone Saat Traveling





🔥 6 Tips Traveling Setelah New Normal Life Agar Terhindar Dari Penyakit🔥





🔥 3 Risiko Liburan Bersama Pasangan Saat Kondisi Tidak Memungkinkan. Apa saja, ya?



Diubah oleh kenzie16465 28-05-2020 13:07
anasabila
Kaskus Support 15
sebelahblog
sebelahblog dan 27 lainnya memberi reputasi
26
9.7K
167
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread•81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.