JokurnihAvatar border
TS
Jokurnih
Macet Udah Gawat Darurat.. Malah Bikin Track Balapan Jalanan




Jakarta - Formula E akan digelar 6 Juni 2020 di Jakarta. Wilayah sekitar Monas akan dibikin sirkuit jalan raya untuk balapan mobil listrik itu. Namun, penggunaan jalan raya untuk sirkuit Formula E disebut berpotensi menambah kemacetan.

Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW) Edison Siahaan menyayangkan penyelenggaraan Formula E di jalan raya. Menurutnya, Formula E yang diselenggarakan di sekitar Monas cenderung menimbulkan kemacetan.
[table][tr][td]Baca juga: Formula E Digelar di Monas, Apa Kabar Macet Jakarta?[/td]
[/tr]
[/table]
"Orang menyeberang jalan saja akan mempengaruhi kecepatan kendaraan di jalan. Apalagi melakukan kegiatan seperti itu. Nggak mungkin tidak mengganggu (kelancaran lalu lintas di sekitar Monas)," kata Edison kepada detikcom melalui sambungan telepon, Senin (17/2/2020).


"Kondisi lalu lintas saat ini yang masuk kategori gawat darurat, ditambah kegiatan-kegiatan seperti itu, paling sekelompok masyarakat saja yang hobi (Formula E-Red) itu," tambahnya.
[table][tr][td]
Sirkuit Formula E di Monas akan menggunakan jalan raya. Foto: ist.

[/td]
[/tr]
[/table]
Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai partner penyelenggara Formula E di Jakarta, memastikan Formula E tidak akan melumpuhkan lalu lintas ibu kota. Meski begitu, Direktur Utama Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto, bilang mungkin ada kemacetan jika ada penutupan jalan, tapi tidak terlalu drastis.
[table][tr][td]Baca juga: Gelar Formula E, Jakarta Dapat Untung Apa?[/td]
[/tr]
[/table]
"Karena acara hari Sabtu jadi mungkin dari segi volume kendaraan juga akan berkurang. Mereka (Formula E) melakukan hal itu karena supaya tidak bentrok dengan Formula 1 dan MotoGP yang menggelar lombanya di hari Minggu. Setahu saya filosofi Formula E itu saat menggunakan track diusahakan tidak menyebabkan kemacetan," ujar Dwi.
Namun, menurut Edison, digelarnya Formula E di kawasan Monas pasti mempengaruhi kelancaran lalu lintas. Dia mencontohkan, jika satu kendaraan memperlambat laju karena ada gelaran Formula E di sekitaran Monas, maka banyak kendaraan lain di belakangnya yang ikut mengerem. Ujung-ujungnya menimbulkan kemacetan lalu lintas.
"Kecuali (Formula E) ini hal yang menjadi penting, urgent. Kita tolerir lah. Kalau nggak digelar (Formula E) itu emang kenapa? Terus masyarakat Ibu Kota (kalau tidak diselenggarakan Formula E) semangat juangnya menurun? Kan tidak juga. Ada peningkatan ekonomi (untuk masyarakat-Red)? Kan tidak juga. Kita sudah kesulitan dengan kemacetan," ujarnya.


Sumber : Detik.com

===========================================================

Yang penting si wan seneng, si wan namanya bisa kekerek, jalan terus mau kontroversial juga.. bukan mentingin yang lebih urgent malah bikin beginian.

Normalisasi sungai yang bisa ngurangin banjir malah ga diprioritasin...

halah wan... wan... !


knoopy
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.7K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.