• Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • Daftar Universitas Terbaik di Korea Selatan Terbaru Tahun 2020

fiapermAvatar border
TS
fiaperm
Daftar Universitas Terbaik di Korea Selatan Terbaru Tahun 2020



Daftar Universitas Terbaik di Korea Selatan Terbaru Tahun 2020





Annyeonghaseyo Chingudeul


Para sahabat pecinta Korea, tahukah kamu? Apa lagi yang menarik selain menonton drama atau mendengar lagu berbahasa Korea? Jawabannya adalah menjalani dan menikmati kehidupan langsung di Negara Korea. Salah satu cara yang menarik untuk dicoba adalah dengan menjadi mahasiswa di Korea. Mengapa harus Korea? Karena Korea mempunyai universitas yang berkelas dunia, dilengkapi dengan program kuliah yang sangat unggul daripada universitas lain. Bahkan, para alumninya sangat diincar oleh perusahaan-perusahaan ternama.



Selain itu, Korea juga mempunyai budaya yang unik mulai dari boyband/ girlband Korea hingga drama yang sangat populer sampai ke Indonesia, makanan-makanan unik yang sangat khas dari Korea Selatan, sistem transportasi yang sangat maju dan canggih, serta adat tradisi asli Korea yang masih tetap lestari. Apabila kamu mulai tertarik, yuk simak daftar universitas terbaik di Korea Selatan terbaru tahun 2020 di bawah ini.


1. Seoul National University



Seoul National University atau SNU merupakan universitas nasional pertama sekaligus mempunyai peringkat tertinggi di Korea Selatan. SNU mempunyai kampus terbesar di Korea yang terdiri atas 16 kolese, 1 fakultas pascasarjana, dan 10 fakultas profesional. SNU juga menyediakan dukungan karir, bimbingan konseling bantuan keuangan, dan dukungan bahasa untuk para mahasiswa internasional.

Universitas ini punya 2 kampus di Kota Seoul. Satu kampus terletak di Gwanak bagian sisi selatan kota dan satu lagi di pusat kota, tepatnya di distrik Jongno yang menjadi kampus terbesar di ibu kota. Universitas Nasional Seoul mempunyai banyak portofolio yang bermitra dengan kampus internasional berjumlah 273 universitas di 56 negara. Beberapa program keunggulannya ialah teknik kimia, teknik mesin, teknik elektro, teknik dan teknologi, sosial politik, ilmu alam, farmasi, olahraga, dan masih banyak lagi.

2. KAIST



KAIST atau Korea Advanced Institute of Science and Technology adalah Universitas Negeri Penelitian Sains dan Teknik ternama yang pertama di Korea Selatan. KAIST dibangun pada tahun 1966. Universitas yang dibiayai pemerintah ini lebih berfokus pada penelitian dan pengembangan. KAIST melakukan kerjasama dengan banyak institut teknik terkenal di dunia dan punya beberapa kampus lain di luar negeri, termasuk Negara Eropa. Universitas ini menawarkan program kuliah yang diajarkan dengan bahasa pengantar Inggris untuk beberapa jurusan yaitu, Biologi, Kimia, Teknik Biomedis, Neurosains, dan Robotik. KAIST juga menawarkan beasiswa, asuransi kesehatan, dan tempat tinggal untuk mahasiswa internasional.

3. Korea University



Korea University adalah sebuah kampus negeri yang berada di bawah naungan kementerian pendidikan Korea Selatan. Korea University berdiri pada tahun 1905 yang menjadi salah satu universits terbesar dan tertua di Korea Selatan. Universitas ini pun menyediakan beberapa program kuliah dalam bahasa Inggris. Jurusan tersebut ialah Sains, Matematika, dan Seni. Korea University menjalin kerjasama dengan banyak institusi pendidikan terkenal, termasuk Universitas21. Fasilitas beasiswa, tempat tinggal, dan layanan konseling sangat dibuka lebar untuk mahasiswa internasional.

4. Yonsei University



Yonsei University merupakan Universitas Kristen privat yang berada di Seoul. Yonsei University menjadi salah satu dari institusi pendidikan tertua dan terkenal di Korea Selatan. Bahkan, universitas ini memperoleh peringkat 107 dunia dan peringkat 19 di Asia. Yonsei University menyediakan program-program dalam bahasa Inggris untuk perkuliahan tingkat S1 di Underwood International College/ UIC, S2 Graduate School of International Studies/ GSIS dan MBA. Kampus ini juga menyediakan beasiswa, tempat tinggal, dan layanan karir untuk mahasiswa internasional.

5. Hanyang University



Hanyang University merupakan universitas swasta terbesar dan paling komprehensif yang berdiri sejak tahun 1939 di Seoul. Universitas ini mempunyai sejumlah kampus cabang di Ansan. Ia merupakan kampus yang sudah terakreditasi dan diakui oleh Menteri Pendidikan Korea dan juga menerima mahasiswa internasional. Namun, mahasiswa internasional harus mengikuti ujian sebelum masuk. Selain program gelar S1 sampai S3, universitas ini juga menyediakan perkuliahan jarak jauh, program online, dan program pertukaran mahasiswa. Fasilitas beasiswa dan bantuan keuangan pun sangat terbuka bagi mahasiswa internasional.

6. Pusan National University



Pusan National University ialah sebuah universitas negeri yang berada di Busan. Seluruh program kuliah dalam universitas ini sudah terakreditasi dan diakui oleh Menteri Pendidikan Korea. Seperti universitas lain, untuk mahasiswa internasional diwajibkan mengikuti ujian dulu sebelum masuk. Kelebihannya, selain menyediakan fasilitas yang lengkap, kampus ini juga membuka beasiswa dan bantuan keuangan untuk mahasiswa internasional.

7. Ewha Womans University



Ewha Womans University adalah institusi pendidikan modern pertama yang terkenal, terbaik, terbesar, dan dibangun khusus untuk wanita. Universitas ini mempunyai sekitar 20.000 mahasiswi. Deretan program S2 diajarkan dalam bahasa Inggris untuk beberapa jurusan di antaranya, jurusan Kesejahteraan Sosial, Studi Kewanitaan, Ilmu Informasi, Hukum, dan masih banyak lagi. Kampus ini juga menjalin kerjasama dengan banyak institusi pendidikan di dunia sekaligus menyediakan bermacam beasiswa bagi mahasiswi internasional.


Sebagai tambahan informasi, Pemerintah Korea Selatan pada tahun 2015 memiliki program untuk menambah kuota mahasiswa internasional sebanyak 200.000 orang ke Korea sebelum tahun 2023. Sedangkan, untuk saat ini mahasiswa internasional yang ada di Korea hanya berjumlah 105.000 mahasiswa saja, jadi kesempatan untuk berkuliah di Korea masih dan sangat terbuka lebar.



Nah, itulah daftar universitas terbaik di Korea Selatan terbaru tahun 2020. Ternyata, bukan hanya lagu dan dramanya saja yang menarik. Namun di bidang pendidikannya, Korea Selatan juga patut diperhitungkan. Deretan universitasnya sangat cocok menjadi pilihan untuk lanjut menempuh kuliah. Nikmati sensasi langsung sekolah di sana seperti beberapa setting tempat di drama Korea.
Ada yang mau lanjut kuliah di Korea Selatan? Coret-coret di kolom komentar ya.


Penulis: Fia Permatasari
Sumber Referensi:
Referensi 1 | Referensi 2 | Referensi 3
Diubah oleh fiaperm 19-02-2020 01:51
embunsuci
masnukho
swiitdebby
swiitdebby dan 5 lainnya memberi reputasi
6
9.6K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.