News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
95
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e48432928c991261017e35e/fadli-zon-sebut-isis-bukan-negara-jawaban-guru-besar-ui-ini-menuai-riuh
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh Suara.com - Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana menuai reaksi penonton setelah menyanggah pernyataan anggota DPR Fadli Zon terkait wacana pemulangan WNI eks ISIS. Bermula ketika Fadli Zon menyinggung pernyataan pemerintah, melalui Menkopolhukam Mahfud MD, yang mempertimbangkan untuk mem
Lapor Hansip
16-02-2020 02:14

Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh

icon-verified-thread
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh

Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh

Suara.com - Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana menuai reaksi penonton setelah menyanggah pernyataan anggota DPR Fadli Zon terkait wacana pemulangan WNI eks ISIS.

Bermula ketika Fadli Zon menyinggung pernyataan pemerintah, melalui Menkopolhukam Mahfud MD, yang mempertimbangkan untuk memulangkan anak-anak WNI eks ISIS dengan kondisi tertentu.

Berkaitan dengan pernyataan itu, Fadli Zon menilai pemerintah belum memberikan keputusan final yang detail terkait wacana pemulangan WNI eks ISIS, salah satunya anak-anak dengan kasus tertentu.

"Saya kira pemerintah rasanya belum memberikan keputusan final yang detail, misalnya tadi ada anak-anak. Artinya ada (kemungkinan)," ujar Fadli Zon seperti dikutip Suara.com dari tayangan Mata Najwa bertajuk "Menangkis ISIS" pada Rabu (12/2/2020).

Pernyataan itu ditanggapi juru bicara Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Fadjroel Rachman. Dia mengatakan, yang diperbolehkan untuk dipulangkan adalah anak-anak di bawah 10 tahun, bukan di atas itu.

Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh

"Tidak (keputusan) itu sudah final. (Anak-anak) itu untuk pertimbangan kemanusiaannya, tapi tidak untuk mereka yang di atas itu (di atas usia 10 tahun)," kata Fadjroel Rachman.

Kendati begitu, Fadli Zon menilai hal tersebut masih bisa menjadi peluang untuk mengubah sikap pemerintah. Fadli Zon meminta pemerintah untuk melihat hal tersebut kasus per kasus.

"Hal itu menunjukkan masih ada ruang untuk memberikan masukan-masukan juga kepada pemerintah, bahwa lihat dong gini kasus per kasus," kata Fadli Zon.

Hikmahanto Juwana lantas memberikan argumen terhadap Fadli Zon terkait alasan WNI eks ISIS tidak perlu dipulangkan. Menurut dia, ada pembiaran dari Indonesia jika masih menganggap mereka adalah WNI.

"Kalau kita masih menganggap mereka (eks ISIS) WNI, berarti kita membiarkan warga negara kita di luar negeri untuk menyerang pemerintahan yang sah, yakni Irak dan Suriah. Itu tidak mungkin," ujar Hikmahanto.

Menanggapi itu, Fadli Zon mengatakan bahwa ISIS bukanlah negara, melainkan negara semu yang diklaim oleh sejumlah pelaku terorisme.

"Tidak ada yang namanya negara ISIS, itu tidak ada. Itu kan pseudo-state (negara semu). Tidak ada ISIS itu," tutur Fadli Zon.

Namun, argumen Fadli Zon tersebut ditangkis lagi oleh Hikmahanto Juwana. Dia mengibaratkan keberadaan ISIS dengan Israel dan Palestina di mata beberapa negara, termasuk Indonesia.

"Menurut mereka (Irak dan Suriah), ISIS ada. Israel kita anggap tidak ada, tapi Israel ada. Palestina, Indonesia anggap ada, Amerika anggap tidak ada," ujar Hikmahanto yang disambut riuh tepuk tangan penonton di studio.
sumber

☆☆☆☆☆

Satu Almamater, Universitas Indonesia.
Yang satu, lulusan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Jurusan Studi Rusia. Yang satunya lulusan Fakultas Hukum, Jurusan Hukum Internasional, dan sekarang menjabat sebagai Guru Besar di Universitas Indonesia.

Bisa dibandingkan bagaimana pola pikir keduanya dalam menilai sebuah bentuk negara.

Entah, apa yang melatari Fadli Zon sampai begitu ngotot dan bernafsunya dia membahas dan membela eks WNI anggota ISIS. Sepertinya ini masih ada hubungannya dengan Pilpres 2019, dimana kubu Prabowo memang didukung oleh mereka-mereka yang mengusung isu Khilafah. Dan nampaknya kubu Prabowo menyadari. Tapi kalau Fadli Zon mau bicara hutang budi, seharusnya hal itu sudah selesai. Nyatanya Prabowo kini menjadi Menteri Pertahanan dibawah kendali Presiden Jokowi.

Yang jadi sebuah kelucuan, bahwa Prabowo sebagai Menteri Pertahanan pastinya tahu bahaya yang akan terjadi jika eks WNI anggota ISIS dibiarkan masuk ke Indonesia. Apalagi Prabowo tunduk pada keputusan Presiden Jokowi. Lantas kenapa Prabowo membiarkan Fadli Zon yang notabene adalah anak buahnya di Gerindra berbicara tentang eks WNI anggota ISIS, bahkan bernafsu sekali memberi dukungan kepulangan mereka? Untuk hal ini, ada seorang kaskuser di BP ini berpendapat, bahwa Prabowo nampaknya telah belajar dari PKS mengenai permainan politik 2 kaki. Satu mendukung disana, satu mendukung disini. Berusaha agar terlihat satu jalan dengan pemerintah, tapi juga berusaha agar tidak kehilangan dukungan dari konstituennya yang sangat besar dari kalangan agama garis keras.

Benar apa yang dikatakan oleh Guru Besar UI, Hikmahanto Juwana. Jika Indonesia masih menganggap mereka Warga Negara Indonesia, artinya Indonesia membiarkan warganya menyerang negara lain yang sah secara hukum internasional. Ini tidak bisa dibenarkan. Tapi, yang benar tidak selalu dijalankan oleh negara ini, bahkan mungkin juga oleh negara lain.

Buktinya pihak KBRI justru menolong mereka yang bergabung dengan ISIS untuk kembali ke Indonesia. Padahal apapun alasannya, berperang ataupun tidak, mereka tetap sudah menjadi bagian dari ISIS. Berbaiat kepada ISIS dan Abu Bakar Al Baghdadi.

Satu hal lagi, bahwa Bachtiar Nasir, jelas-jelas memberi bantuan logistik kepada FSA, Tentara Pembebasan Suriah, kelompok pemberontak yang melawan pemerintahan Bashar al-Assad, pemerintahan Suriah yang sah. Tapi hingga kini Bachtiar Nasir tidak diadili.

Padahal menurut UU, siapapun yang ikut berperang atau membantu pemberontakan di negara sahabat yang tidak sedang berperang dengan Indonesia otomatis kehilangan kewarganegaraan Indonesia. Dan mereka yang memaksa masuk ke wilayah Indonesia diancam dengan hukuman pidana.

Buktinya Bachtiar Nasir masih bisa minum kencing onta. Iya kan?

Pada dasarnya pemerintah Indonesia memang sulit untuk tegas. Padahal ketegasan adalah modal dasar kuatnya negara ini. Siapapun Presidennya, maka ketegasan itu wajib hukumnya. Tak perlu takut dengan demo-demo. Kalau perlu, yang demo andai seorang tokoh dari mereka ditangkap karena membantu pemberontakan di negara lain, ditangkap juga. Apa dasarnya? Negara menjalankan undang-undang. Dan undang-undang bukanlah sekedar pajangan. Dia berfungsi jika dijalankan. Maka jalankanlah. Kalau pemerintah tidak berani atau setengah hati menjalankan undang-undang, maka jangan heran banyak diantara dari mereka yang ngelunjak, merasa bahwa pemerintah takut pada mereka, sehingga mereka selalu berbuat ulah macam-macam.

Apakah pemerintah berani? Kita tunggu saja.
Diubah oleh i.am.legend.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
loeztsee dan 40 lainnya memberi reputasi
41
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 06:44
nah lho kena deh lo dli
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 06:46
Lulusan studi rusia yang merasa lebih pintar lulusan hukum dalam studi ttg hukum dan negara. Sdh kelihatan siapa yg bodoh dan sok tau.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
l.kripac98 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 06:53
Yang ane liat si FZ ini seperti di program utk selalu bertentangan dgn apapun kebijakan pemerintah.

Kalau berlaku layaknya oposisi emang bagus, sbg penyeimbang, tapi kyk kebablasan karena semuanya di tentang, pdhl gak semuanya harus di tentang. Untuk hal yg menyangkut NKRI ya semua elemen masyarakat harus bersatu.

Seperti kata guru besar UI diatas, bila Indonesia masih mengaku eks ISIS sbg WNI, Suriah dan Irak bisa nuntut sama pemerintah kita, kenapa membiarkan warga negara kita ikut memerangi warga mereka bersama ISIS.
0 0
0
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 07:18
Bachtiar nasir masih ngekos di arab jg ?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 07:26
Mungkin pak fadli mau gabung partai gelora tuh gan wkwk
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 07:44
Intinya negara itu terdiri atas:
1. Wilayah
2. Pemerintah
3. Rakyat
Jika suatu entitas menguasai suatu wilayah dan ada pemerintahan dan rakyat, maka secara de facto entitas itu adalah negara.

Pengakuan dari negara lain yg selama ini digembor gembor tidaklah menjadi faktor utama penentuan status suatu entitas.

Jadi meskipun berbusa busa membela eks WNI tersebut. Tetap saja mereka sudah mengabdi pada negara lain. Sudah mengabdi pada kekuasaan asing. Dimana kekuasaan asing itu pun menyerang kedaulatan negara lain yg diakui oleh Indonesia.

Intinya mereka adalah ISIS eks WNI.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 07:49
Zonki cuma nyari panggung aja biar tetep di lirik publik. Macam lucinta luna lah, biar goblok asal bikin heboh kn muncul terusemoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 07:55
prabowo iya jadi menhan..

tapi ane yakin dia masih dongkol.

emoticon-Ngakak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 07:57
peran ni orang kan gitu, bukan masalah pro si ini si itu, ni orang apapun sikap pemerintah dia bakal ambil pemikiran berlainan (oposisi) yg menurut dia ada di masyarakat..emoticon-Cool
bagusnya suara-suara tersebut nanti keliatan siapa aja yang pro dia, jadi pemerintah gak susah-susah identifikasi yang kemungkinan mengancam pemerintah emoticon-Cool

baiter level nasional dia tuh..
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 07:58
fadli zon mencoba pake teori standar ganda

di gaplok hikmahanto jumawa

beda kelas lah
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 08:00
Gw cukup senang dengan adanya makhluk ini, sering kali memberikan sudut pandang yang berbeda dengan pemerintah.membuat gw merasa lebih pintar dikit
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 08:03
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 08:12
sebagai wakil rakyat gak perlu kerja nyata, yg penting dpt panggung, mau terlihat sangat bodoh pun bakal dijabanin... emoticon-Big Grin
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 08:14
Quote:Original Posted By mister.two
klo prabowo ngga setuju dgn pemulangan anggota isis ke indonesia, kira kira gmn ya tanggapan monyet zonki?


prabowo intoleran
prabowo tidak punya hati
prabowo sadis
emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By pe.rusuh
Sudahlah, mereka masuk dinas tentara asing artinya kewarganegaraannya sudah hilang.

Hitung juga udah berapa lama mereka disana, kalo lebih dari 5 tahun juga otomatis hilang kewarganegaraannya.

emoticon-Ngacir


gak usah hitung hitungan, langsung aja auto non wni

profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 08:39
zong bermain sandiwara intelijen tingkat tinggi..pemerintah tinggal lihat siapa2 yg dibelakang/mendukung omongan zong..trus ditandai...misi zong berhasil dengan pura2 mendukung.. zong gak mungkin betul2 mendukung..bisa ditempeleng wowo..
Diubah oleh gaberoi!
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 08:45
Quote:Original Posted By gaberoi!
zong bermain sandiwara intelijen tingkat tinggi..pemerintah tinggal lihat siapa2 yg dibelakang/mendukung omongan zong..trus ditandai...misi zong berhasil dengan pura2 mendukung.. zong gak mungkin betul2 mendukung..bisa ditempeleng wowo..


Betul jg sih... emoticon-Embarrassment


Secara... BIG BOSS nya,, skr sdh jadi bagian dari pemerintahan... emoticon-Embarrassment
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 08:48
Joss banget jawaban orang berpendidikan mah. Ini mematahkan kelemahan ISIS bukan sebagai negara. Kalo Indonesia nganggap ISIS bukan negara berarti ada WN Indonesia menyerang kedaulatan negara lain. Indonesia jadi terlibat dalam perang tsb.
Diubah oleh proto1
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan servesiwi memberi reputasi
2 0
2
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 08:52
Jelas gerindra mencoba bermain 2 kaki... Kaki yang satu mendekat ke nasionalis, disisi lain tetap memasang zonky di kaki sebelahnya
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 08:53
si zonk yg bacot = auto skip emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Fadli Zon Sebut ISIS Bukan Negara, Jawaban Guru Besar UI Ini Menuai Riuh
16-02-2020 08:53
jangan dibandingkan gumpalan seonggok daging busuk dengan seorang pemikir yg buah pikiran & gagasannya diakui oleh civitas akademika..scr kasat mata udh sangat amat jauh sekali perbedaannya emoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia