Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Kereta Setan jadi Julukan Mobil Pertama di Indonesia

Mobil pertama di Indonesia adalah Benz Victoria Phaeton. Mobil ini digunakan sebagai kendaraan dinas Raja Kasunanan Surakarta Pakubuwono X. Mobil ini bisa dibilang sebagai kendaraan atau alat transportasi paling mewah kala itu. Karena mewah dan modern, mobil sempat dijuluki sebagai kereta setan.

Kereta Setan jadi Julukan Mobil Pertama di Indonesia

Pada zaman itu kendaraan yang paling populer adalah kendaraan yang ditarik kuda (mungkin kalau zaman sekarang low MPV kali ya...emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka). Nah, karena masyarakat saat itu taunya kereta di tarik kuda, terus ketika muncul kereta yang bisa jalan tanpa harus di tarik kuda, maka menurut mereka itu hal yang unik dan tak lazim. Karena itulah mereka menyebutnya sebagai kereta setan (karana jalan sendiri).

Mobil pertama di Indonesia ini masuk ke tanah air pada tahun 1894. Jadi dulu mobil ini dipesen ama Pakubuwono X dari Prottle & Co (kira – kira waktu itu cara mesennya gimana ya...?. Sebuah perusahaan yang lokasinya di Passer Besar, Surabaya. Mobil ini diimpor dari Eropa dengan harga 10.000 Gulden. Benz Victoria Phaeton mampu menghasilkan tenaga 5 dk dengan mesin satu silinder berkapasitas 3,0 liter.

Pada masanya mobil ini menjadi kendaraan mewah di pulau Jawa. Kendaraan raja ini memiliki atap kanopi bermotif garis – garis hijau kombinasi putih dan juga dilengkapi dengan tirai untuk ngelindungi penumpang dari cahaya matahari.

Ada kabar buruk terkait mobil ini GanSis, mobil super klasik ini sekarang tidak lagi di Indonesia, melainkan ada di Belanda. Tapi sekarang pemerintah lagi ngeusahain biar mobil ini kembali ke Indonesia.



ewaneyla99
nona212
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.8K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread16KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.