carilinkAvatar border
TS
carilink
7 Alasan MediaTek Gak Laku Dibandingkan Snapdragon di Indonesia!
Alasan MediaTek Gak Laku Dibandingkan Qualcomm di Indonesia?

MediaTek adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam produksi semikonduktor asal Taiwan. Perusahaan ini didirikan pada 1997 dan terus berkembang hingga saat ini.

Salah satu produk terkenalnya di dunia adalah prosesor HP Android yang memiliki harga terjangkau. MediaTek selalu bersaing dengan Qualcomm Snapdragon.

Salah satu produksi terbaru MediaTek adalah Helio G90 dan G90T untuk smartphone gaming. Prosesor ini dikatakan akan bersaing dengan Snapdragon 730.

1. Pemasaran MediaTek Kurang Baik

          Alasan pertama adalah persoalan manajemen pemasaran dari MediaTek yang kurang baik di Indonesia. Walaupun, produk yang dimiliki oleh MediaTek sudah cocok dengan pasar di Indonesia, namun pemasarannya kurang agresif. Hal ini pun disebutkan oleh seorang pengamat teknologi, Lucky Sebastian. Ian menganggap bahwa MediaTek masih kalah dengan Qualcomm Snapdragon dari segi sosialisasi.

2. Kecepatan Prosesor Lebih Lambat

           Selanjutnya adalah kecepatan yang lebih lambat dari prosesor Qualcomm Snapdragon. Contohnya seperti Helio G90 yang tetap kalah dengan Snapdragon 730 dari sekor keseluruhan. MediaTek pernah membuat sebuah prosesor deca core untuk varian Helio X, namun tetap saja tiap corenya memiliki kecepatan yang kalah dengan Snapdragon. Walau begitu, kekurangan MediaTek bisa dimaklumi karena harganya yang terjangkau.

3. Prosesor Tidak Stabil
    
         Selanjutnya adalah prosesor yang tidak stabil dan menyebabkan berbagai masalah pada smartphonenya. Hal itu juga disebabkan dengan kuran baiknya pengendalian prosesor akan ROM smartphone. Prosesor MediaTek ini juga kurang stabil dan konsisten dalam proses data sehingga akan menemukan sejumlah masalah seperti aplikasi yang tertutup tiba-tiba pada HP.

4. GPU MediaTek Kalah Saing

         Salah satu yang penting untuk diperhatikan pada prosesor adalah GPU-nya. Tak seperti PC yang memiliki GPU terpisah, prosesor HP akan selalu membawa GPU-nya sendiri. Salah satu pengorbanan MediaTek untuk menekan harga prosesornya adalah menggunakan GPU yang "Lemah". Hal ini menyebabkan kinerja proseso rendering gambar yang lambat. Hal ini pun berdampak pada kinerja prosesor dalam menjelankan game berat.

5. Efisiensi Pemakaian Baterai Buruk

         Baterai adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam HP. Semakin awet pemakaian baterai pada HP, maka akan semakin baik. MediaTek ini selalu memiliki masalah dalam efisiensi penggunaan baterai. Terkadang, ada HP yang tidak cocok dengan prosesor MediaTek sehingga menyebabkan bros baterai. Tak hanya itu, pemakaian baterai yang terlalu berlebihan oleh prosesor MediaTek mebuat HP menjadi cepat panas.


6. Masalah Dalam Multitasking

        Pengendalian prosesor akan aktivitas multitasking HP saat ini seharusnya dapat mengendalikan multitasking yang lebih lancar. Namun, MediaTek terkadang mengalami masalah saat memproses aplikasi secara multitasking. HP sobat akan terasa lebih lambat dalam berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

7. Helio SoC Adalah Produk Baru

         Qualcomm Snapdragon SoC memulai seri pertamnya pada 2007, sedangkan MediaTek baru memiliki prosesor SoC-nya pada 2009. Hal ini tentu memengaruhi MediaTek yang lebih mengenal Qualcomm Snapdragon karena keberadaannya yang lebih lama dan sudah dipercaya. 

https://cari-linkmu.blogspot.com/201...andingkan.html

0
1.9K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.