Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • Nonton Sambil Belajar, 9 Kartun Asal Korea Selatan Ini Bisa Jadi Inspirasi

bundasholihaahAvatar border
TS
bundasholihaah
Nonton Sambil Belajar, 9 Kartun Asal Korea Selatan Ini Bisa Jadi Inspirasi
Nonton Sambil Belajar, 9 Kartun Asal Korea Selatan Ini Bisa Jadi Inspirasi

Annyong Haseo

Hujan-hujan gini, enaknya makan mie ramyon sambil nonton drama Korea. Setuju, gak, Gan/Sis?

Eh, itu sih kerjaan para jomlo. Kita emak-emak, boro-boro nonton drakor, mau masak mie instan aja kudu nunggu aman dari pantauan anak-anak.

Lain dulu lain sekarang, emak sudah pindah haluan. Yang dulu isi file di laptop penuh drama Korea, sekarang ganti video-video kartun lucu. Yang dulu tontonannya di TV drama Turki, sekarang ganti dong jadi kartun lucu jugak.

Nah, biar gak ngenes amat akibat nggak bisa nonton drakor, emak punya alternatif win win solution biar bisa nobar sama anak. Sekarang, di stasiun televisi swasta kita banyak ditayangkan kartun dari negeri Gingseng itu juga loh. Agan/Sista mungkin belum tahu kalau tayangan di bawah ini berasal dari Korea Selatan.


1. Pororo (tayang di ANTV)

Quote:


Berkisah tentang persahabatan seekor penguin kecil bernama Pororo dan teman-temannya yang tinggal di habitat bersalju. Tak hanya penguin, ada juga beruang kutub besar, burung, rubah, bahkan buaya yang diadopsi dan menjadi sahabat Pororo. Kisah mereka penuh petualangan dan rasa ingin tahu, serta dibumbui konflik persahabatan yang bisa dijadikan pelajaran untuk anak kita.

2. Tayo (tayang di rtv)

Quote:


"Ada Tayo! Ada Tayo!"
"Eh, bukan! Itu Rogi!"

Sering dengar anak-anak beradu gara-gara melihat bus warna-warni? Sebegitunya tontonan ini melekat di pikiran bawah sadar mereka. Selain nilai-nilai yang diajarkan dalam setiap episodenya, anak-anak juga secara tidak langsung diajak untuk mengenal warna, macam-macam kendaraan beserta fungsinya, adab di jalan, dan masih banyak lagi.

3. Rainbow Ruby (tayang di rtv)

Quote:


Ruby adalah gadis kecil yang memiliki imajinasi yang tinggi. Dia selalu hadir ketika kawan-kawannya di desa Pelangi membutuhkannya. Dalam menjalankan misi untuk menolong penduduk desa Pelangi, Ruby akan berubah wujud menjadi dokter, polisi, detektif, petani, atau profesi apa pun yang sesuai dengan masalah yang harus dipecahkan. Anak-anak jadi bisa belajar tentang aneka macam profesi yang semuanya bermanfaat dan amat besar jasanya. Jadi, ketika mereka ditanya, "Cita-citanya mau jadi apa?" mereka memiliki banyak hal untuk diceritakan.

4. Cloud Bread (tayang di rtv)

Quote:


Kisah Hongsi dan Hongbi yang sangat suka makan roti buatan ibu. Bagaimana tidak, setelah memakannya, mereka akan bisa terbang. Bersama roti awan buatan ibu, mereka banyak mendapat pengalaman baru.

5. Bernard Bear (tayang di MNC)

Quote:


Meski tanpa dialog, animasi ini selalu bisa mengundang tawa. Bernard adalah nama seekor beruang kutub yang entah ke mana bulunya, hehe. Dia punya banyak kawan yang lucu dan ceria.

6. Larva (tayang di RCTI)

Quote:

Siapa yang masih geli dengan ulat? Lihat tontonan ini, dan lupakan phobiamu. Cerita tentang dua ulat gemuk dan teman-teman serangga lainnya ini selalu lucu dan bikin geregetan di endingnya.

7. Robocar Poli (tayang di rtv)

Quote:


Poli dan teman-temannya adalah tim penyelamat yang terdiri dari mobil polisi, ambulan, helikopter, dan mobil pemadam kebakaran. Mereka bisa bertransformasi menjadi robot dalam keadaan genting. Kisah mereka banyak mengajarkan tentang pentingnya kerjasama dan jangan bersikap egois.

8. Tobot (tayang di rtv)

Quote:


Kartun kegemaran anak laki-laki ini bercerita tentang anak-anak dan Tobot mereka. Tobot adalah mobil yang bisa berubah menjadi robot, mirip-mirip Transformer, lah. Bersama anak-anak, Tobot-Tobot ini membantu menumpas kejahatan yang mengancam kota Deido.

9. Detective Peet (tayang di rtv)

Quote:


Belajar satwa dan tanaman di hutan dengan cara yang menyenangkan. Tiga detektif hutan yang lucu akan membantumu mengenal aneka macam satwa dan tanaman yang bisa kita temui di hutan.


Nah, sembilan list karkor di atas bisa jadi bahan nobar deh, sama anak-anak. Eh, karkor apaan? Ya, kartun Korea lah emoticon-Ngakak

Selain menghibur, rata-rata kartun animasi dari Korea Selatan yang tayang di stasiun televisi swasta di Indonesia memiliki nilai-nilai yang bisa ditanamkan dalam keseharian anak-anak. Emak juga jadi punya bahan buat menasihati anak-anaknya, tinggal bilang saja, "Eh, tadi Pororo jadi gak ditemenin Crong karena nggak mau minjemin mainan, kan? Enak nggak, kalau nggak punya temen?" misalnya saja gitu. Jadi simpel, kan?

Tapi, tetap usahakan selalu dampingi putra putri kita ketika melihat tayangan apapun itu. Kelihatannya kartun-kartun itu ramah anak dan punya banyak sisi positif, tapi yang namanya anak belum bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Misalnya saja ada adegan kekerasan di tayangan 'Larva', jangan sampai anak-anak menganggap memukul teman demi mendapat apa yang diinginkan adalah benar. Atau menganggap hebat kebiasaan Ruby ketika berbohong kepada ibunya agar tidak ketahuan saat mau pergi ke desa Pelangi. Selain itu, budaya Korea tentu berbeda dengan budaya kita, kan.

Jadi, selamat menikmati nonton bareng bersama anak-anak.

Jangan lupa 🌟🌟🌟🌟🌟, cendol, dan share. Titip salam buat Ananda emoticon-Kiss


Sumber gambar :
1. Pororo
2. Tayo
3. Rainbow Ruby
4. Cloud Bread
5. Bernard Bear
6. Larva
7. Robocar Poli
8. Tobot
9. Detective Peet
Diubah oleh bundasholihaah 11-02-2020 18:43
riwidy
Indriaandrian
sofiayuan
sofiayuan dan 36 lainnya memberi reputasi
37
7.2K
140
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.