News
Batal
KATEGORI
link has been copied
177
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e42d170a2d195047943bb3d/300-hari-di-suriah-cerita-febri-ramdani-ditipu-khalifah-isis
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS Suara.com - Ingin menikmati hidup di surga dunia sembari meretas jalan ilahiah, membuat banyak orang Indonesia pergi ke Suriah saat kekhalifahan ISIS didgaya. Namun, tak sedikit yang kecewa dan merasa terperdaya. FEBRI Ramdani berdebat cukup sengit dengan keluarganya, soal rencana kepindahan mereka ke Suriah, yang oleh ayahnya selalu di
Lapor Hansip
11-02-2020 23:08

300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS

300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS

300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS

Suara.com - Ingin menikmati hidup di surga dunia sembari meretas jalan ilahiah, membuat banyak orang Indonesia pergi ke Suriah saat kekhalifahan ISIS didgaya. Namun, tak sedikit yang kecewa dan merasa terperdaya.

FEBRI Ramdani berdebat cukup sengit dengan keluarganya, soal rencana kepindahan mereka ke Suriah, yang oleh ayahnya selalu disebut sebagai negeri Syam.

Kondisi perekonomian keluarga sedang sulit-sulitnya pada tahun 2015. Pergi ke Suriah, bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah yang dipimpin Khalifah Abu Bakr Al Baghdadi, dianggap sebagai satu-satunya jalan keluar dari kemelaratan.

Apalagi, ISIS menawarkan beragam fasilitas hidup yang menggiurkan: pendidikan gratis, kesehatan gratis, makan berkecukupan.

Namun, Febri kukuh tak mau pergi. Baginya, lebih baik hujan batu di negeri sendiri ketimbang hujan emas di negeri orang.

Akhirnya, Febri berpisah jalan. Sebanyak 26 anggota keluarganya, termasuk ayah dan ibu, berangkat ke Suriah. Sementara dirinya tetap di Indonesia, sebatang kara.

Febri berusaha bertahan hidup di Indonesia meski sendirian. Ia mengatur siasat, agar tercukupkan semua kebutuhan hidup, Febri berhemat. Soal tempat tinggal, ia memutuskan tinggal di indekos.

Ditinggal pergi oleh keluarga tempatnya tumbuh kembang sejak lahir, membuat Febri depresi. Ia lantas berupaya menggali informasi mengenai ISIS.

Febri berselancar di dunia maya, mengunjungi laman-laman daring pro-ISIS yang di dalamnya terdapat banyak informasi menggiurkan.

Lelaki itu terkesima, karena ISIS menawarkan pendidikan gratis, kesehatan gratis, rumah layak bebas kredit, dan sebagainya.

Satu janji yang menyentuh pikiran Febri adalah, sang khalifah membebaskan setiap pengikutnya untuk menentukan profesi atau pendidikan yang hendak dilakoni di Suriah—tak harus berperang.

Semuanya tampak sesuai dengan syariat Islam yang dipahami oleh Febri. Karenanya, tanggal 26 September 2016, Febri angkat kaki dari Tanah Air, menyusul keluarganya.

"Awalnya saya tak setuju, ragu, apa benar ISIS di Suriah menjalakna syariat Islam. Semua keluargaku pergi karena ekonomi kami lagi di bawah. Mereka meninggalkan saya,” kata Febri.

Febri kekinian menuliskan perjalanan hidupnya dan diterbitkan menjadi buku berjudul “300 Hari di Bumi Syam: Catatan Perjalanan Mantan Pengikut ISIS”. Buku itu didiskusikan olehnya di Aula Gedung IASTH, Kampung Universitas Indonesia, Salemba, Selasa (11/2/2020).

Menembus Barikade

Tak mudah menembus masuk Suriah ketika perang antara ISIS dan pasukan koalisi internasional tengah berkecamuk.

Dua bulan sebelum tahun 2016 berakhir, Febri dibantu salah satu kerabat pergi ke Suriah.

Kerabatnya itu pula, yang setahun sebelumnya, membantu keluarga Febri menyeberang ke Suriah, ikut ISIS.

Febri harus menempuh jalan memutar. Lebih dulu, kerabatnya memberangkatkan Febri ke Istanbul, Turki.

Selama di Istanbul, Febri menggunakan visa turis. Lima hari dia di kota penuh kenangan era peralihan tersebut, sebelum berangkat ke perbatasan Turki – Suriah.

Kerabatnya meminta Febri menunggu di salah satu titik kota Istanbul yang akan memberangkatnnya ke perbatasan memakai bus.

“Busnya cukup besar, berkapasitas 50 orang. Kami dibawa ke perbatasan lewat jalan setapak,” kata Febri.

Sesampainya di perbatasan, Febri menyerahkan KTP dan Paspor Indonesia kepada ISIS. Febri dan lainnya lantas disuruh lari, masuk ke wilayah Suriah.

Salah Kelompok

FEBRI yang lugu tak mengenal sekat-sekat organisasi yang bertikai di Suriah, meski sama-sama berpredikat teroris.

Akibatnya, Febri justru ditangkap dan menjadi tahanan. Ia mengira memasuki kawasan ISIS, ternyata kamp milik Jabhat Al Nusra yang berafiliasi dengan Al Qaeda.

"Saya ditangkap selama sebulan, saya tak tahu. Kami bernegosiasi, dan akhirnya dibebaskan setelah mengaku sebagai relawan kemanusiaan.”

Hancurnya Impian

TIDAK ada impian indah Febri yang tersisa saat benar-benar masuk ke wilayah ISIS di Suriah.

Tak ada pendidikan gratis. Kesehatan cuma-cuma, ternyata hanya bualan. Di Suriah, hanya ada kota yang sudah hancur lebur akibat perang.

"Saat saya masuk sudah berbeda, sudah ada bendera-benderanya. Tapi kok beda sama yang dipropagandakan. Kok hancur semua.”

Satu-satunya impian yang tersisa bagi Febri adalah bertemu dengan keluarga besarnya. Sudah setahun tak bertemu, maka rindu harus terbayar lunas.

Di Suriah, Febri bertemu salah satu WNI yang juga menjadi pengikut ISIS. WNI itu mengakui mengetahui keluarga Febri dan akhirnya mempertemukan mereka.

"Akhirnya saya bertemu keluarga dan alhamdulillah ibu masih hidup. Memang ada beberapa yang sudah meninggal.”

Pertemuan mereka berlangsung singkat. Febri hanya diberikan waktu dua hari untuk temu kangen bersama keluarga yang sudah tak lagi lengkap.

Selanjutnya, Febri diharuskan mengikuti wajib militer oleh ISIS. Tak ada pendidikan gratis, apalagi kebebasan memilih profesi seperti dijanjikan sang khalifah.

“Aku baru tahu, keluargaku marah saat melihatku di Suriah. Mereka berharap aku tak menyusul mereka. Sebab, mereka juga ingin kembali ke Indonesia.”

Segala kebusukan ISIS akhirnya diketahui Febri, bukan dari siapa-siapa, tapi justru dari keluarganya sendiri yang dulu meninggalkannya demi ke Suriah.

"Mereka bilang kenapa kamu ke sini. Kami sudah mau pulang ke Indonesia. Kami enggak dapat apa yang dijanjikan ISIS, kami justru diancam. Mereka jelaskan keburukan ISIS. Saya kaget.”

Febri dan keluarganya berembuk, mencari jalan untuk kembali ke Indonesia. Ia lantas mendapat pertolongan dari penduduk lokal agar bisa keluar dari wilayah ISIS.

Penduduk lokal meminta Febri lebih dulu menyerahkan diri ke Pasukan Demokratik Suriah. Sesudahnya, ia dan keluarga dipenjara selama 2 bulan agar bisa mendapat perlindungan KBRI.

"Usai 2 bulan dipenjara, kami dipertemukan dengan KBRI. Kami dijemput di perbatasan Irak – Suriah, di sana ada Kemenlu dan Dubes RI. Kami dibawa untuk proses pemulangan.”
sumber

☆☆☆☆☆

Hanya 1 kata yang pantas disematkan pada orang ini : Goblok.

Sejak awal semua pemuja Khilafah adalah orang-orang tolol. Mereka tak pernah sadar hanya diperdaya oleh cerita masa lalu. Cerita tentang kuda dan pedang.

Indonesia bukan negara yang membatasi orang beragama. Indonesia juga bukan negara yang begitu ketat membatasi internet. Seharusnya semua penggila ISIS bisa mencari informasi yang benar bukan hanya dari 1 kubu, apalagi kubu yang hanya dilandasi oleh kesamaan iman. Sebab kubu yang seperti itu justru hanya menyajikan propaganda busuk atas nama agama. Padahal yang diperangi ISIS adalah mereka juga yang mempunyai agama yang sama. Mereka membakar hidup-hidup sesama muslim. Mereka memberondongkan senjata otomatis ke orang-orang yang juga muslim. Mereka memperkosa wanita-wanita yang juga muslim. Mereka menghukum penggal dari kalangan muslim. Satu yang melatari tindakan mereka : Berbeda pilihan. Bukan karena agama.

Jadi, ketololan mana lagi yang akan disembunyikan oleh mereka yang katanya mencari ridho Allah dan memilih jalan jihad?

Kalau hanya mau merasakan ditipu oleh saudara seiman, tak usah jauh-jauh ke Suriah. Disini banyak. Bahkan tak perlu mengorbankan nyawa. Hanya otak yang perlu digadai.

Disini banyak MLM yang mengusung kata Syariah.
Disini banyak agen travel yang mengusung kata Surga.
Disini banyak partai yang katanya partai agama.
Disini banyak tokoh politik yang mulutnya sampai berbusa menjual agama.
Bahkan disini banyak pemuka agama yang mencari orang-orang dungu untuk ikut demo atas nama agama dan ummat.

Dengan berbekal sertifikat berbau surga, maka sahlah seseorang memegang kunci surga. Katanyaaa....

Jadi untuk apa ke Suriah?

Lalu sekarang, nikmat mana lagi yang akan kalian dustakan wahai manusia-manusia bodoh? Ketika KBRI masih mau menolong kalian untuk kembali ke Indonesia, maka bertobatlah. Jangan justru jadi virus merusak disini. Hargai nyawa kalian yang masih diampuni oleh Indonesia.

Lihat mereka yang sekarang tak lagi dipedulikan Indonesia. Meratap dan menjual derita dengan harapan bisa kembali ke Indonesia.

Tak ada kata maaf bagimu Alfredo. Tak ada juga kata maaf bagimu Esmeralda. Menangislah kalian seperti film telenovela.

Ayo Rosalinda. Biarkan mereka tergoreng panasnya gurun. Kita disini bisa jalan-jalan menikmati indahnya Nusantara. Kita susul Marimar dan Alfonso di Mall.
Diubah oleh i.am.legend.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 59 lainnya memberi reputasi
58
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 8
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
11-02-2020 23:10
Subanballoh, Padahal Kalo ISIS-nya menang dan berhasil menguasai Suriah-Iraq pasti pada ga mau pulang tuh kadrun, udah pasti bahagia dan diangkat jadi PNS/karyawan BUMN ISIS, berhubung ISIS nya kalah, terpaksa minta pulang dengan bertaqiyah utk menyelamatkan nyawa bekerja sebagai PNS atau karyawan BUMN di negara Thogut yg tidak barokah dan dilaknat Alloh emoticon-Nyepi

.300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
Diubah oleh MahoImperator
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SpiritOfZoro dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
11-02-2020 23:15
TS sendiri kehilangan teman baik semenjak nama ISIS menyeruak kepermukaan. Hingga kini hilang tak berbekas.

Dia kader partai yang suka jual nama Palestina.
Dia berprofesi sebagai praktisi hukum.

Terakhir sikapnya berubah dan selalu bicara tentang Khilafah.

Mungkin dia juga pergi kesana.
Mungkin juga sudah mati disana.

Alhamdulillah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 41 lainnya memberi reputasi
42 0
42
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
11-02-2020 23:20
kualat... meninggalkan ibu pertiwi
sana ratapi kegoblokan ente...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
11-02-2020 23:20
mana nih antek2 isis dimari. tolol kalian semua.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
auradew dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
11-02-2020 23:22
Preeeettt
profile-picture
profile-picture
samsol... dan capcayseafood1 memberi reputasi
2 0
2
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
11-02-2020 23:22
Ane juga bingung. Selama ini beragama di indonesia masih aman aman saja. Walaupun ada kelompok kelompok minoritas yang ditekan. Terus kenapa harus pindah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
11-02-2020 23:26
Si febri dan family bisa pulang yach ?
profile-picture
profile-picture
samsol... dan capcayseafood1 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
11-02-2020 23:28
Penipu ulung kalau nipu tidak tanggung2... Itu udah hukumnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
11-02-2020 23:33
Kalo menurut ane
Kisah begini yg perlu diangkat ke TV

Tapi konten yg disajikan harus menjelekkan ISIS
Biar yg masih kekeh dan bebal itu minimal di gaplok lah sama saudaranya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
11-02-2020 23:38
Quote:Original Posted By i.am.legend.
TS sendiri kehilangan teman baik semenjak nama ISIS menyeruak kepermukaan. Hingga kini hilang tak berbekas.

Dia kader partai yang suka jual nama Palestina.
Dia berprofesi sebagai praktisi hukum.

Terakhir sikapnya berubah dan selalu bicara tentang Khilafah.

Mungkin dia juga pergi kesana.
Mungkin juga sudah mati disana.

Alhamdulillah.


Bergelar syuhada..di gangbang uncle sam, mother rusky, uwa Hizbullah dan Iron Dome Wahyudi emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SpiritOfZoro dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
11-02-2020 23:41
Quote:Original Posted By imba.ruiner
Kalo menurut ane
Kisah begini yg perlu diangkat ke TV

Tapi konten yg disajikan harus menjelekkan ISIS
Biar yg masih kekeh dan bebal itu minimal di gaplok lah sama saudaranya


kalau ada konten yg disiarkan di tipi yg menyanjung isis dan gerombolan teroris lain..

tembak mati lah.. dari yg nyiarin, yg ngevideoin, dir stasiun tipinya, yg ngisi suara dan semua yg terlibat di sono!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
11-02-2020 23:44
taek tsnya..kwkwk

tapi dilema emg negara, mereka kan juga mau ksna belum tentu mau jihad, bisa aja di indo susah dan merka mau perbaikin nasib..bisa aja dikibulin or ikut ikutan..

Tapi emang kebiasan kita dan sudah budaya dr ego kedaerahan. Apa yg udah negara berikan ke pd saya dan bukan apa yg sudah saya berikan kpd negara.

Liat aja noh adceh yg mau nagih emas monas dan utang indonesia
Papuwa yg nagih hasil dr emas papuwa ke indoneia.
Natuna yg nolak warga evakuasi
Dst dst

Harus tegas sih initinya..apapun itu tolak mereka. Msh byk rakyat indo yg masih harus siperhatikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
11-02-2020 23:45
Mengharukan ....sedih....kaya gimana gtu
profile-picture
profile-picture
samsol... dan capcayseafood1 memberi reputasi
2 0
2
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
12-02-2020 00:01
"Apalagi, ISIS menawarkan beragam fasilitas hidup yang menggiurkan: pendidikan gratis, kesehatan gratis, makan berkecukupan."

sama persis kayak pengusung Kilafah disini yang dijanjiin cuman janji-janji manis dan janji surga targetnya orang-orang bodoh yang sudah kehilangan akal sehat emoticon-Najis (S) emoticon-Najis (S) emoticon-Betty (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
12-02-2020 00:02
orang bodoh hanya akan diperdaya yg lebih pintaremoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Riotz27 dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
12-02-2020 00:06
Baca dari awal..sdh bener nih orang g ikut keluarganya..lha dalah pertengahan berita dia nyusul kesana...guoblog e ga ketulungan emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
auradew dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
12-02-2020 00:10
jadi kalo ada kilapak lg, ikut lagi dong
kan menunggu kilapak yg dijanji2kan ?
profile-picture
profile-picture
samsol... dan capcayseafood1 memberi reputasi
2 0
2
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
12-02-2020 00:14
percaya ame bualan crita si febri taik asuuww??
gw mah kagak


setelah setaun nyusul kluarganya
selama setaun, ape kagak pernah berkomunikasi??

Dua bulan sebelum tahun 2016 berakhir, Febri dibantu salah satu kerabat pergi ke Suriah.
Kerabatnya itu pula, yang setahun sebelumnya, membantu keluarga Febri menyeberang ke Suriah, ikut ISIS.


org yg sama yg masukin kluarga si febri dan si febri ke suriah
pengertian sbg kerabat ini apa?
si kerabat itu masak kagak tau soal kondisi suriah??
harusnya si febri goblok nanyain soal kondisi suriah sebelum masuk ke suriah

setelah ditangkap dan dilepas al qaeda, harusnya dah menyadari gmana kondisi sebenarnya
lah ini Selanjutnya, Febri diharuskan mengikuti wajib militer oleh ISIS.
setelah ketemu kluarga malah ikut isis

jadi bullshiiiiiiiiiitttttttttttttt crita si febri taik ledig itu emoticon-Big Grin

harus dipantau si febri taik ledig asu ini, soalnya dah ikut wajib militer ala isis
dah pure sbg kombatan isis
harus dikategorikan dicurigai sbg sel pasif kayak virus
Diubah oleh tukangbecak1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 30 lainnya memberi reputasi
31 0
31
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
12-02-2020 00:15
Ayo lah tambah lagi fitnahan nya biar greget

0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
300 Hari di Suriah, Cerita Febri Ramdani Ditipu Khalifah ISIS
12-02-2020 00:28
Nah khilafuck lovers di Indonesia semoga bisa belajar dari kisah orang goblog 1 ini. Ga ada simpati gw sama orang mabok agama.
0 0
0
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
benarkah-tuhan-itu-ada
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia