Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

extreme78Avatar border
TS
extreme78
Patung Gajah Mungkur Lucu di Gresik Jadi Viral, Ini Penampakan Aslinya
Patung Gajah Mungkur Lucu di Gresik Jadi Viral, Ini Penampakan Aslinya

Gresik - Patung Gajah Mungkur menjadi tetenger (landmark) Gresik paling baru. Dari mana kah ikon Gajah Mungkur lucu ini berasal?
Landmark ini mereplika dari sebuah patung yang ada di sebuah rumah bergaya zaman kolonial di Gresik. Warga Gresiknya menyebutnya dengan rumah Gajah Mungkur. Nama ini didapatkan karena sebuah patung gajah yang ada di depan rumah tersebut. Rumah ini berada di Jalan Nyai Ageng Arem-arem

Patung gajah itu menghadap rumah sehingga membelakangi (memungkuri) jalan. Dari situlah nama Gajah Mungkur berasal yang berarti gajah yang membelakangi.

"Ada sejak rumah ini dibangun tahun 1896," ujar salah satu ahli waris rumah Gajah Mungkur, Akhmad Khoiri, kepada detikcom, Senin (10/2/2020).

Khoiri mengatakan rumah dan patung gajah tersebut dibangun oleh buyutnya. Gajah itu sendiri melambangkan kekuatan. Sedangkan makna belakang adalah besar namun tidak ingin menampakkan wajahnya. Yang berarti bahwa buyut Khoiri tidak ingin memamerkan kekayaannya secara berlebih.

Buyut Khoiri dikenal sebagai saudagar kaya raya. Selain membangun rumah Gajah Mungkur yang megah, buyut Khoiri juga membangun sebagian besar rumah yang ada di kawasan Kemasan yang sekarang bernama Jalan Nyai Ageng Arem-arem.

Sebagian warga lain menyebut bahwa patung Gajah Mungkur ini sengaja diletakkan membelakangi jalan karena pemiliknya ingin melihat wajah gajah secara utuh. Penampakan gajah itu memang bisa terlihat dengan jelas bila seseorang duduk di teras rumah.

Patung Gajah Mungkur yang menjadi landmark Gresik yang paling baru viral. Patung tersebut viral karena bentuknya yang aneh dan unik namun lucu. Ada dua patung yang diletakkan di sudut perlimaan Sukorame, Gresik.

https://m.detik.com/news/berita-jawa...mpakan-aslinya


Kog kagak mirip gajah yaaa emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
galuhsuda
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
6
6.4K
53
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.