KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Ternyata Diawal Kemunculannya Mazda Bukan Mobil Gan!

Agan dan Sista ada yang punya atau pernah make mobil Mazda gak? apa alasan kalian memilih mobil mazda sebagai kendaraan kalian? (jawabannya di komentar GanSis)

Kalau Ane sih belum kesampaian untuk beli produknya Mazda GanSis, tapi secara kasat mata desain mazda itu cukup unik dan elegan GanSis (menurut pandangan ya GanSis).

Beberapa produknya yang cukup laris di pasar Indonesia adalah Mazda 2, Mazda CX – 3, dan Mazda CX – 5. Hingga kini Mazda masih tetap eksis di pasar Indonesia GanSis.


Tapi sebelum seeksis sekarang dan menjadi salah satu pabrikan otomotif terbesar di dunia, produk pertama Mazda tu bukan mobil loh GanSis. Dulunya pada tahun 1920, mereka memulai bisnis sebagai pembuat gabus tutup botol wine. Waktu itu namanya masih Tokyo Cork Kogyo. Tujuh tahun berselang, Tokyo Cork Kogyo berganti nama jama Toyo Kogyo dan mulai masuk ke industri peralatan mesin.

Pada tahun 1930, untuk pertama kalinya Toyo Kogyo membuat motor roda dua tak bermesin satu silinder 250 cc. Meski bentukannya mungil, motor buatan Mazda ini pernah mengalahkan motor Inggris, Ariels Motor dalam sebuah balapan. Ini menjadi salah satu pencapaian terbaik yang pernah di raih Mazda dengan produk motornya.

Sayangnya Mazda gak terlalu lama bermain di industri motor, mereka hanya mampu membuat 31 unit motor saat itu. Setelah berkutat di industri kendaraan roda dua, Toyo Kogyo sempat beralih ke kendaraan roda tiga (setengah motor setengah mobil). Kendaraan roda tiga pertama mereka dinamai Mazda – Go Three Wheeler. Ini pertama kalinya nama Mazda terdaftar dalam perusahaan kendaraan.


Ditahun pertama penjualan, Mazda Go berhasil terjual sebanyak 66 unit. Tahun berikutnya Mazda – Go makin dikenal di Jepang dan di ekspor ke Cina.

Pada tahun 1936, Mazda melakukan kampanye uji ketangguhan produknya. Ada 5 Mazda – Go yang dikemudikan dari Kagoshima ke Tokyo selama 25 hari dengan jarak kurang lebih 2.700 km. Bisa dibilang Mazda cukup sukses dengan kendaraan roda tiganya.

Barulah pada tahun 1960, Mazda menghadirkan mobil penumpang pertama mereka, Mazda R360 Coupe. Mazda juga mengeluarkan mobil dengan mesin rotari pertama pada tahun 1967. Mobil tersebut diberi nama Cosmo Sports. Fyi, Mazda merupakan satu – satunya pabrikan otomotif yang menggunakan mesin rotari.  



ewaneyla99
nona212
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.4K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.