• Beranda
  • ...
  • MotoGP
  • Kenapa Kawasaki Gak Ikut MotoGP? Jadi Ternyata Ini Alasannya

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Kenapa Kawasaki Gak Ikut MotoGP? Jadi Ternyata Ini Alasannya


Dari deretan lineup pabrikan di dalam MotoGP, jika kalian perhatikan hanya ada satu pabrikan ternama yang gak ikut balapan bergengsi ini. Yap, sosok tersebut adalah Kawasaki.

Diantara pabrikan Jepang lainnya, Kawasaki merupakan pabrikan yang masih absen mengikuti ajang balap MotoGP…padahal secara histori, geng ijo ini sering memproduksi motor-motor super bahkan namanya sudah dikenal banyak bikers diluar sana.

Sebenarnya Kawasaki dulu sempat pernah ikut MotoGP, musim terakhir Kawasaki tercatat pada tahun 2008 dan terakhir menurunkan motor di kejuaraan pada 2009 lewat Hayate Team bersama Marco Melandri.
Artinya sudah terhitung selama 11 tahun Kawasaki masih absen mengikuti ajang balap bergengnsi ini, bahkan sampai sekarang pihaknya masih belum ada kabar atau niatan untuk kembali ke dunia MotoGP bersama dengan rival-rival pabrikan Jepang lainnya.



Namun memang sepertinya garis Takdir Kawasaki bukan ada di MotoGP, hal ini dilayangkan oleh Kawasaki Racing Team Director yang juga insinyur senior Kawasaki, Ichiro Yoda.

“Beberapa orang bilang begitu. Tapi MotoGP bukanlah cara yang tepat bagi kami,” tutur Yoda.

Menurutnya mengikuti ajang MotoGP itu sangat rumit dan banyak terkait soal regulasi, Kawasaki lebih baik memilih jalan lain dengan mengikuti ajang WSBK.
“Anda harus memikirkan apa yang dibutuhkan MotoGP, ke mana arah teknologi menuju, dan apa yang memotivasi Anda. Usai mempertimbangkan semua, MotoGP bukan pilihan,” ujarnya.

Selain itu Kawasaki juga terbuka soal masalah dirinya absen di MotoGP karena salah satu factor yakni soal finansial. Mengikuti ajang MotoGP itu banyak menghabiskan uang, sebab ketika ikut mereka harus dituntut untuk meriset kembali motor baru yang tentu tidak membutuhkan dana sedikit.



Mereka tidak ingin turun ke MotoGP hanya finish sebagai penggembira saja, sekali turun target mereka tentu sangat besar.

“MotoGP terlalu mahal untuk Kawasaki. Ini adalah keputusan dari bagian finansial kami. MotoGP butuh dana setidaknya 10 kali lipat dibanding WorldSBK. Untuk MotoGP, Anda butuh 60-70 juta euro per tahun, sementara Honda saja menghabiskan 100 juta euro,” ujar Ichiro Yoda.

Untuk WSBK mereka hanya menggunakan basis motor yang sudah ada, tinggal sedikit penyesuaian dan turun ke lintasan.

“Sebagai tambahan, kami tak bisa meyakinkan manajemen tertinggi Kawasaki jika kami hanya bisa finis kelima di MotoGP. Anda pasti menginginkan kemenangan, tak peduli di kategori apa. Itulah alasan WorldSBK jauh lebih masuk akal bagi Kawasaki, jika dilihat dari segi finansial,” tutup Yoda.

Referensi : aripistop.com(3/2/2020).

tata604
nona212
tien212700
tien212700 dan 40 lainnya memberi reputasi
41
22.9K
185
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
MotoGP
MotoGPKASKUS Official
1.5KThread2.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.