Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
Perkembangan Auto Menfess di Indonesia


Kalau kamu mengaku anak Twitter, pasti kamu tahu dong apa itu auto menfess? Akun-akun yang menawarkan jasa ini mungkin sering berkeliaran di linimasa kamu, bahkan bisa jadi salah satu dari kamu adalah penggunanya. Auto menfess berasal dari menfess yang merupakan singkatan dari Mention Confess. Jadi, awal mula istilah menfess muncul di Twitter dari lingkup dunia roleplayerKamu pernah mendengar istilah roleplayer sebelumnya? 

Roleplayer yang dimaksud di sini adalah orang yang memainkan peran sebagai tokoh idola. Satu orang roleplayer bisa berinteraksi dengan roleplayer lain layaknya teman. Para roleplayer biasanya menggunakan menfess untuk mengungkap perasaan pada akun roleplayer lain yang mereka suka. Sistem menfess yang anonim membuat siapa pun tak perlu takut ketahuan identitasnya. Pokoknya menfess cocok banget untuk kamu yang jadi pengagum rahasia deh.

Masa Manual

Sebuah akun jasa menfess dikelola oleh satu orang admin atau bahkan lebih. Dulu menfess masih dikirim manual oleh admin. Belum ada aplikasi yang menyediakan fasilitas bot membuat peran admin menjadi sangat penting. Admin selaku pengelola akun harus tetap online untuk mengunggah tweet menfess yang kamu kirim.

Teknik menggunakan menfess di zaman awal kemunculannya terbilang susah-susah gampang. Biasanya admin akun akan membuka sesi buka-tutup menfess. Karena kamu hanya bisa mengirim saat admin membuka sesi menfess, kamu harus terus online untuk mengecek akun tersebut. Lalu kamu mengirim menfess sesuai format yang diberlakukan oleh admin akun melalui direct messages. Setiap akun menfess memberlakukan aturan yang berbeda-beda. Setelah kamu mengirim tulisan di direct messages, kamu hanya perlu menunggu admin akun untuk mengunggah tweet di timeline.


Aplikasi di ponsel pintar (sumber: pexels.com)


Kegunaan untuk pengguna jasa menfess manual yaitu tulisan yang kamu kirim lewat direct messages akun jasa menfess pasti akan terkirim. Sedangkan kegunaan untuk admin, menfess yang masuk bisa disaring terlebih dahulu. Sebab ada kemungkinan seseorang mengirim tulisan yang memancing keributan atau menyinggung satu pihak tentu. Nah, karena sistemnya manual, admin bisa saja memutuskan untuk tidak mengunggah tulisan kamu bila dianggap memicu keributan.

Namun menfess manual ini juga memiliki kekurangan loh. Kekurangan untuk pengguna jasa menfess manual adalah kamu harus terus online untuk mengecek admin sedang buka sesi menfess atau tidak. Lalu kamu juga harus bersabar, karena tulisan yang sudah kamu kirim di direct messages harus mengantre dengan tulisan orang lain untuk diunggah ke linimasa. Sedangkan kekurangan untuk admin adalah harus menyisihkan waktu untuk membuka sesi menfess setiap harinya. Berarti sebagai admin, kamu harus tahan online berjam-jam agar tulisan yang masuk di direct messages bisa kamu unggah di linimasa. Wah, repot juga yah…

Memasuki Era Bot


Bot IFTTT (sumber: ifttt.com)


Beberapa tahun kemudian, muncul perusahaan yang menyediakan fasilitas bot yang bernama IFTTT (If This Then That). IFTTT merupakan layanan otomatis yang sistemnya menggabungkan beberapa layanan internet menjadi satu. Ada banyak fasilitas yang ditawarkan IFTTT, seperti sinkronisasi kontak di iOS ke Google Spreadsheet, membagikan unggahan blog terbaru ke Facebook, menyimpan attachment Gmail akun ke Dropbox, menghubungkan konten yang diunggah di situs web ke media sosial, dan masih banyak lagi. 

Salah satu kegunaannya yang bisa diaktifkan di Twitter adalah sistem tweet otomatis. Dengan IFTTT kamu bisa memasang bot gratis di Twitter. Mulai dari bot untuk auto-tweet, lalu bot yang terhubung ke situs web, dan bot yang bisa mengunggah auto-tweet dari direct messages ke linimasa kamu. 

Pengoperasiannya juga mudah, kamu hanya perlu mendaftar untuk membuat akun IFTTT, lalu kamu bisa bebas memilih jenis bot yang akan kamu pasang di akun Twitter kamu. Munculnya jenis bot-bot seperti ini membuat beberapa akun menfess manual merubah sistemnya menjadi otomatis. Peraturan-peraturan yang dulu digunakan saat menggunakan menfess manual pun mulai mengalami perubahan. Format tulisan yang dikirim melalui direct messages juga berubah. Semua tergantung peraturan dan ketentuan yang admin terapkan di tiap akun menfess.


Jadi Lebih Praktis dengan Bot


Dengan auto menfess, kamu akan lebih mudah untuk mengirim menfess. Kamu tidak perlu lagi berlama-lama online hanya untuk menunggu admin membuka sesi. Bila akun tersebut sudah memasang bot, maka kamu akan dengan bebas mengirim menfess 24 jam! Sedangkan untuk admin, kamu tidak perlu lagi mengunggah tweet menfess secara manual yang tentunya menguras tenaga. Eh, tapi tunggu dulu. Sistem otomatis ini juga memiliki kekurangan.

Meningkatnya pengguna jasa auto menfess terkadang malah membuat bot jadi eror. Selain itu akun jasa menfess juga lebih rentan terkena limit, yaitu tidak bisa mengunggah tweet untuk beberapa saat karena dianggap spam. Bila akun jasa menfess error atau limit, maka kamu tidak bisa mengirim pesan untuk sementara waktu. Lalu kekurangan lainnya juga akan dialami oleh admin akun. Menfess yang sudah otomatis ini jadi tidak tersaring lagi. Dahulu admin yang mengunggah tweet ke timeline, sekarang malah bot. Bot belum bisa menyaring mana tweet yang aman dan mana tweet yang tidak aman.


Biol.be


Bot biol.be (sumber: biol.be)


Selain IFTTT, ada juga aplikasi yang memiliki fasilitas untuk tweet otomatis, yaitu Biol.be. Cara kerjanya hampir sama dengan IFTTT, tapi Biol.be menggunakan sistem berbayar. Saat ini aplikasi Biol.be lebih sering digunakan oleh admin akun menfess dibanding IFTTT. Soal masa peralihan dari manual ke otomatis ini, sebenarnya juga menyebabkan alih fungsi. Bila dulu menfess lebih sering digunakan untuk mengungkapkan isi hati para pengagum rahasia, sekarang menfess beralih fungsi untuk tempat sharing dan diskusi. Banyaknya followers suatu akun jasa menfess, maka semakin banyak engagements. Ini berguna banget untuk kamu yang butuh penjelasan tentang hal-hal yang tidak bisa kamu dapatkan penjelasannya di situs web manapun.

Contoh simpelnya bila kamu sedang bingung memilih pakaian untuk pergi ke suatu acara, kamu tinggal memotret pakaian, lalu kirim ke akun jasa menfess. Bila tulisan kamu sudah terunggah, dalam beberapa detik kamu sudah bisa mendapat jawaban atau saran dari banyak orang. Efisien banget kan?

Saat ini akun jasa auto menfess sudah sangat beragam. Bahkan mulai merambah ke dunia real life, yaitu sebutan untuk kehidupan nyata alias di luar dunia roleplaying. Segmentasinya juga udah luas banget. Ada akun menfess khusus penggemar idol atau artis, kecantikan, fashion, jual beli barang, game, pecinta Wattpad, pecinta Webtoon, pecinta hewan, dan masih banyak lagi. Kamu tinggal memilih akun menfess yang sesuai dengan topik yang akan kamu tanyakan atau diskusikan.

Sekarang kamu jadi tahu sejarah auto menfess beserta kelebihan dan kekurangannya kan? Untuk itu bijaklah dalam menggunakan jasanya. Bila kamu melanggar ketentuan yang diterapkan admin, bisa-bisa akun kamu diblokir. Intinya, jangan sampai kamu merugikan orang lain, karena jasa ini digunakan untuk kepentingan bersama. 


Baca Juga Artikel Lainnya:



5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID



ayooiss
tata604
lina.wh
lina.wh dan 15 lainnya memberi reputasi
16
9.8K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.5KThread11.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.