albetbengalAvatar border
TS
albetbengal
Parah! Ekonomi Papua Tak Tumbuh, Malah Minus
Jakarta - 
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomiIndonesia sepanjang 2019 5,02%. Angka ini lebih rendah dari tahun sebelumnya sebesar 5,17%.

Hitungan dari pertumbuhan ekonominasional tersebut adalah pertumbuhan ekonomi daerah. Menariknya, ada satu daerah yang justru ekonominya tak tumbuh, bahkan minus. Daerah tersebut ialah Maluku dan Papua.



Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, secara spasial atau wilayah, pertumbuhan ekonomi nasional masih ditopang oleh Pulau Jawa dan Sumatra. Untuk Jawa, DKI Jakarta jadi penyumbang terbesar.

Baca juga: Meleset Lagi! Target Pertumbuhan Ekonomi 5,3% Gagal Tercapai

"Secara spasial, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 strukturnya tidak banyak berubah, sepanjang 2019 provinsi-provinsi di Pulau Jawa dan Sumatra itu memberikan kontribusi terbesar pada Indonesia, di jawa terbesar di Jakarta," kata Suhariyanto di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Sementara untuk wilayah Indonesia Timur, kondisi ekonominya tercatat negatif. Untuk Maluku dan Papua, BPS mencatat mengalami minus hingga 7,44%.

"Maluku dan Papua pertumbuhan ekonominya negatif 7,44%, Maluku sebenarnya masih bagus, Maluku Utara juga, Papua Barat juga, yang menarik ke bawah pertumbuhan ekonomi di Papua, yang kontraksi 15,72%" tuturnya.

https://m.detik.com/finance/berita-e...from=wpm_nhl_7

Waduh bisa minus brayemoticon-Mewek
esaka.kedua
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.