Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dikasptrAvatar border
TS
dikasptr
MODUS PENIPUAN BERKEDOK LOWONGAN KERJA
Cerita ini diambil dari pengalaman pribadi
Mohon maaf jika tulisannya masih acak acakan, ane masih newbie gan hehe.

Langsung aja keceritanya.

Jumat pagi hari, ane berangkat ke alamat :
Jl. Ciledug Raya Kantor *8A RT**/RW11, Cipulir, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, 12*30

Sesampainya saya disana, saya disambut dengan security yang menjaga didepan kantor, lalu diantarnya saya kedalam, sesampai didalam saya langsung mengeluarkan berkas lamaran yang dipinta receptionist, seperti biasa setelah memberikan berkas lalu saya disuru nunggu untuk dipanggil. Sampailah dimana nama saya dipanggil lalu disuru naik ke lantai 2 untuk melanjutkan interview, sesampainya dipantai 2 saya bertemu lagi dengan security, lalu security bertanya

Security : Ada perlu apa dek
Ane : Saya disuru ke lantai 2 pak untuk interview
Security : Oh amplopnya mana?
Ane : Amplop apa ya pak? Maksudnya berkas lamaran saya?
Security : Iya amplopnya mana
Ane : Loh tadi amplop saya sudah diambil sama ibu yang dibawah pak

Setelah terjadi percakapan, security itu memanggil salah satu rekannya yang dibawah dan menanyakan terkait saya, lalu saya disuruh turun kembali, setelah sampai bawah, rekan security itu bertanya kepada receptionist siapa giliran yang akan interview, lalu receptionist itu meyakinkan rekannya klo saya selanjutnya. Setelah itu saya disuru naik kembali dengan diantar rekan security yang diatas, lalu dia bicara ke security yang diatas "Iya ini yang ada keperluan interview". Dan security yang diatas atau dilantai 2 ini meminta maaf lalu saya disuruh masuk kedalam ruangan.

Saya masuk dan didalam ruangan itu ada 3 ibu ibu dan saya di interview dengan salah satunya. Saat interview saya ditanya "Kamu melamar dibagian apa?" Lalu saya jawab "di bagian Administrasi". Setelah itu dijelaskan job desk admin dikantor tsb, juga dijelaskan terkait gaji dan tunjangannya. Dan setelah menjelaskan hal itu, ada hal yang janggal untuk saya, ibu yang interview saya menanyakan "kira kira kapan siap untuk bekerja" lalu saya jawab "Secepatnya bu". Nah anehnya disini saya hari senin sudah disuru kerja, tanpa di test terlebih dahulu, padahal kita semua sama-sama tau pekerjaan admin meski sepele tapi membutuhkan skill atau keahlian untuk mengoprasikan aplikasi, minim minim menguasai Ms Excel.

Saya hanya diam dengan hal ini, pikir saya yaa.. enak lah klo gitu gaperlu test test langsung disuru kerja. TAPI setelahnya saya mendapatkan informasi yang kurang enak di telinga, si ibu ini memberitahukan saya bahwasanya pelamar wajib membayar 750 ribu rupiah sebagai jaminan dan akan dikembalikan usai habis kontrak, dan hari senin datang sampai kantor 7:30 untuk briefing dan harus membawa uangnya. Saya hanya terdiam, saya ingin menolak ada rasa tidak enak bukan takut, lalu ibu itu bertanya, "bagaimana, Bisa hari senin memenuhi syaratnya?" Saya bermaksud ingin menolak jadi saya menyanggupinya meskipun nanti senin saya tidak akan datang, setelah saya menyanggupinya, ibu itu bilang lagi kesaya "jadi hari ini kamu bayar dulu uang mukanya, nanti hari senin kamu bisa bayar sisanya" dan saya bilang "hari ini tidak ada bu, apa gabisa hari senin aja?" Ibu nya bilang "50 ribu ada? Atau klo gak ada 20 ribu dulu gpp" saya bilang "Saya kesini bawa uang 30 ribu bu, 10 ribu sudah saya pakai untuk sarapan, klo 20 ribu ini saya pake nanti saya pulang gak ada bensin". Lalu ibu itu mulai emosi dan bilang "Iya kalo kamu mau kerja disini ikutin aja prosedurnya", karena si ibu itu menunjukan emosinya meskipun tidak tinggi suaranya, akhirnya saya tegas dan memilih untuk tidak melanjutkan, saya bilang "Maaf bu saya tidak bisa" dan ibu itu hanya diam dengan wajah yang menahan kesal, juga gak bilang apa apa lagi, tidak mempersilahkan saya untuk keluar, akhirnya saya bilang "baik terima kasih bu".

Setelah itu saya pergi keluar dan melewati security yang berjaga, security² itu sangat memperhatikan saya, dan setelah saya sampai dimotor ditanyakan, "Kapan disuru balik lagi mas" saya bilang "Hari senin" security itu hanya mengangguk lalu saya tinggal pergi.


#Modus penipuan ini sudah sering terjadi, teman dari orang terdekat saya pernah jadi korban, kejadiannya sama seperti yang saya alami, bedanya dia bayar dan setelah bayar lalu datang ketempat itu untuk melanjutkan prosesnya, dia gak bisa ketemu dengan orang yang sudah janjian dengannya, dengan alasan orang tsb sudah tidak ada disitu lagi.


AMBIL PELAJARANNYA GAN, sebisa mungkin hindari lowongan kerja yang meminta uang jaminan tanpa alasan yang jelas, tetap waspada dan berpikiran terbuka saat mencari kerja, sekalipun kita membutuhkan pekerjaan tapi jangan mudah dipengaruhi dan ditipuemoticon-Hansip
Diubah oleh dikasptr 31-01-2020 07:24
0
1.7K
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lowongan Kerja
Lowongan Kerja
KASKUS Official
159.5KThread13KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.