• Beranda
  • ...
  • Electronics
  • Headphone JBL Synchros E40BT Kalian Mati Sebelah? Ternyata Ini Penyebabnya

iwakendogAvatar border
TS
iwakendog
Headphone JBL Synchros E40BT Kalian Mati Sebelah? Ternyata Ini Penyebabnya

Sumber: techradar.com -  Andrew Hayward 

Halo Gan & Sis, balik lagi sama gw iwakendog. Kali ini gw mau berbagi informasi serta pengalaman gw dalam memperbaiki headphone kesayangan gw yaitu headphone JBL Synchros E40BT. Sekilas tentang Headphone JBL Synchros E40BT.


Sebagai informasi sebelumnya gw beli headphone JBL Synchros E40BT ini sekitar 2 tahun yang lalu namun baru dipake 1 tahun lebih suaranya mati sebelah Gan & Sis. Kesel gak tuh lagi enak-enak nya pake ternyata tiba-tiba gak pernah jatoh ataupun kehujanan headphone kesayangan kalian mati sebelah suaranya. Garansi headphone JBL Synchros E40BT gw kebetulan sudah habis sehingga gak bisa klaim ke service center, dengan kata lain ya mesti keluarin biaya sendiri deh. Btw suara headphone JBL Synchros E40BT suara nya mati yang sebelah kanan.

Sebelumnya gw cari-cari info toko yang bisa atau pernah betulin headphone JBL Synchros E40BT, sekalinya ada yang bisa betulin pas tanya harga estimasinya sekitar 500rban, itupun nanti tergantung masalahnya juga bisa lebih mahal katanya. Berhubung estimasi biayanya mahal, gw pun belum berani bawa ke toko tersebut sebelum punya uang cukup. Mau coba bawa ke toko elektronik biasa tapi takut kenapa-kenapa, ya akhirnya gw masukin lemari aja deh.

Gak kerasa udah lama banget hampir 1 tahun pas pindahan meja kantor eh nemu ini headphone JBL Synchros E40BT ada di loker, gw lupa ternyata punya headphone ini. Berharap tiba-tiba bener sendiri, akhirnya gw coba colokin ke hp atau laptop buat tes suara ternyata masih mati sebelah. Gw coba pake bluetooth pun tetap sama Gan & Sis.

Iseng lah googling eh nemu kasus yang mirip banget di youtube dan dia ngasih tau masalahnya kenapa, serta cara memperbaikinya gimana. Gw tonton lah dari awal sampe akhir tuh video, seperti ini videonya Gan & Sis:

Judul: How to Repair JBL Synchros E40BT, Bluetooth, On-Ear Headphones One Side only working
Sumber: RepairGeekz Computer and Cell Phone Repair



Pemberitahuan:

- Dalam melakukan ini gw sama sekali gak ada pengetahuan tentang ilmu kabel-kabel, elektronik dan sejenisnya. Jadi murni hanya coba-coba aja mengikuti contoh yang ada di youtube. Jangan dijadikan acuan yah.

- Mohon maaf juga gw gak mendokumentasikan via video pas gw benerin headphone Headphone JBL Synchros E40BT ini.

Berbekal rasa penasaran akhirnya gw coba bongkar lah ini headphone JBL Synchros E40BT sendiri. Pertama gw pinjam obeng + kecil ke teman kantor soalnya gw gak punya obeng sekecil ini. Pas gw buka ternyata oh ternyata benar saja pemirsa kabel berwarna merah yang ada didalam headphone JBL Synchros E40BT sebelah kanan gw putus. Sebagai informasi, terdapat dua kabel pas gw buka ada warna hitam dan merah yang menjadi penyambung antara komponen luar (salon kecil) dan komponen dalam gak tau gw namanya apaan. Kabel-kabel yang terdapat pada headphone JBL Synchros E40BT ini pun menurut gw tipis banget Gan & Sis dan emang rentan putus.



Selanjutnya gw coba pinjam solder punya teman juga dan beli timah 1 meter seharga Rp 2,000 di toko bangunan terdekat. Dimulailah proses penyolderan yang membutuhkan waktu hampir setengah jam, maklum lah ya gw baru kali ini nyoba melakukan ini.

{thread_title}


Setelah kabel merah tersambung maka gw coba rangkai kembali baut-baut yang sudah gw lepas sebelumnya. Gw colok lah kabel headphone JBL Synchros E40BT gw ke hp dan gak lupa sebelum mencoba baca doa dulu berharap bener lagi ini barang dan wadidaaaaw suara headphone JBL Synchros E40BT punya gw udah kembali normal Gan & Sis, gw coba via koneksi bluetooth pun normal. Kualitas suara dll gak ada yang kurang sama sekali persis seperti baru lagi.

Makasih banyak buat akun youtube: RepairGeekz Computer and Cell Phone Repair sudah berbagi informasi terkait masalah ini dan sangat bermanfaat banget buat kita yang mau benerin sendiri.

Sekian informasi dan pengalaman tentang cara memperbaiki Headphone JBL Synchros E40BT yang mati sebelah. Apakah kalian punya pengalaman serupa? yuk ceritakan pengalaman kalian disini.


Sumber:
- Youtube: RepairGeekz Computer and Cell Phone Repair
- Toutube: Chris Voss
- Pengalaman Pribadi

Thread Ane lainnya:

- Perjalanan Mudik Lebaran 2019 Bersama Si "Blacky"
- Taman Jajan CBD Bintaro Surga nya Kuliner!
- Serunya Pengalaman Pertama Liburan Di Bali #KASKUStravelstory
- 5 Video Youtube Sabyan Gambus, Tembus Puluhan Juta Views
- Motor Honda PCX 2018 Ane Akhirnya Datang Juga Gan!
- Ramadan Pertama Pak. Tarmo Bareng Istri #CerpenReligi
- 13 Statistik Baru Usai Pertandingan Argentina vs Kroasia Di Piala Dunia 2018
- [Top 5] 5 Persiapan Sebelum Bermain Game PUBG
- Medali Emas Olimpiade Fisika Internasional Untuk Indonesia #IniIndonesiaku
- 3 Cara Hilangkan Lem Super Dari Kulit, No 2 Ampuh!
- Top 5 Easter Egg Game Grand Theft Auto (GTA) 5
- Sisi Lain Ane Sebagai Cowok Pendiam #AslinyaLo
- [Top 5] 5 Game Dengan Gameplay Biasa Aja
- Video SUSUMU Project Terpopuler, No 3 Hot Banget Gan [18+]

Diubah oleh iwakendog 04-02-2020 03:30
NadarNadz
onik
tien212700
tien212700 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
10.4K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Electronics
ElectronicsKASKUS Official
6.3KThread2.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.