• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Viral di Twitter, Seorang Pria Dikurung Oleh Warga Setelah Pergi Dari Wuhan

malaikatrinduAvatar border
TS
malaikatrindu
Viral di Twitter, Seorang Pria Dikurung Oleh Warga Setelah Pergi Dari Wuhan


Koronavirus kini telah menjadi ancaman serius untuk dunia. Pemberitaannya telah menjadi topik utama di berbagai negara. Virus ini dikabarkan pertama kali oleh Komisi Kesehatan Publik Wuhan yang melaporkan sebuah wabah penyakit mirip pneumonia. Setidaknya ada 27 kasus yang dinyatakan positif. Virus ini muncul sejak bulan Desember, khususnya di sekitar Pasar Makanan Laut Huanan, Wuhan.

Koronavirus merupakan virus yang menyebarkan penyakit pada burung dan mamalia, termasuk manusia. Virus ini diklasifikasikan menjadi 3 golongan, di mana golongan 1 & 2 menginfeksi mamalia mulai dari kelelawar hingga manusia. Sedangkan golongan 3 hanya bisa ditemukan pada spesies burung. Koronavirus menyebabkan berbagai penyakit serius seperti hepatitis, bronkitis, esenfalitis dan gastroenteritis.


Foto: CNN.com


Dunia menjadi panik saat Pemerintah China pada 12 Januari 2020 mengumumkan 26 pria Wuhan meninggal dunia akibat Koronavirus. Esoknya yakni pada tanggal 13 Januari 2020, Thailand menjadi negara pertama di luar negeri yang tercatat terinfeksi virus corona. Tak lama setelah itu, satu-persatu turut menyatakan negaranya positif terjangkit virus ini seperti Jepang (16/01/2020), Korea Selatan & Taiwan (20/01/2020), Amerika Serikat (21/01/2020) dan Malaysia (25/01/2020).

Ketakutan terhadap virus ini ternyata membuat sebagian orang melakukan sebuah tindakan tidak bermoral. Sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @charles984681 memperlihatkan beberapa orang tampak berbondong-bondong menghampiri sebuah pintu sembari membawa kayu panjang. Setelah itu, pria-pria itu segera memaku kayu-kayu tersebut pada pintu agar tidak bisa dibuka. Di dalam ruangan tersebut, terdapat seorang pria yang terinfeksi virus dan orang-orang tersebut tak ingin tertular. Mirisnya, aksi ini tak hanya dilakukan oleh masyarakat setempat saja, pihak keluarga dari pria yang dikurung tersebut pun terlibat dan mendukung penuh tindakan warga.

Netizen mengkritik tajam tindakan tersebut karena dinilai tidak manusiawi. Seharusnya pria malang itu dibawa ke rumah sakit atau layanan medis lain daripada diisolasi seperti itu. Pria yang dikurung tersebut dapat meninggal dunia karena dibiarkan tanpa pertolongan secara medis.

Spoiler for Video warga mengurung seorang pria Wuhan:
{thread_title}


---

Penulis:@malaikatrindu
Referensi: Wikipedia.com, Liputan6.com & Detik.com
Keterangan gambar utama: Dok. Pribadi

Junmai92
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 26 lainnya memberi reputasi
27
8.7K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.